Cara Mengatasi Tombol Kembali Tidak Berfungsi di HP Xiaomi

Bagaimana cara mengatasi tombol back HP Xiaomi yang tidak berfungsi? Apakah ada cara untuk memperbaiki tombol kembali yang rusak di Xiaomi tanpa harus pergi ke tukang servis? Pertanyaan seperti ini sering ditanyakan pada grup dan forum Xiaomi.

Jika kamu sedang mencari solusi atas masalah tersebut, maka kamu sudah datang ke tempat yang tepat. Karena dalam artikel ini, AndroDot.net akan berbagi cara mengatasi tombol back yang tidak berfungsi di HP Xiaomi.

Silahkan simak terus artikel ini sampai selesai agar tidak ada langkah-langkah yang terlewatkan.

Tak bisa dipungkiri bahwa kerusakan tombol back atau tombol kembali pada ponsel Xiaomi kesayangan memang hal yang menyebalkan. Jika tombol kembali rusak maka akan sulit saat beraktivitas dengan smartphone.

Untuk memperbaiki tombol kembali yang rusak di HP Xiaomi, ada 2 metode yang bisa kamu coba.

Yang pertama yaitu membawa HP ke tempat servis untuk memperbaiki tombol back dari sisi hardware. Metode pertama ini disarankan untuk kamu yang mau keluar duit.

Tapi bagi kamu yang berdompet tipis, tenang saja, jangan khawatir karena masih ada cara kedua untuk mengatasi tombol kembali Xiaomi yang tidak berfungsi saat dipencet.

Solusinya yaitu menginstall aplikasi pihak ketiga yang akan berperan sebagai tombol back virtual.

Cara yang kedua ini sangat mudah dan tentunya gratis, karena yang perlu kamu lakukan hanyalah menginstall aplikasi dari Google Play Store.

Silahkan simak tutorialnya di bawah ini.

Catatan: Cara memperbaiki tombol kembali yang tidak berfungsi ini bisa diterapkan pada semua tipe HP Xiaomi, mulai dari model jadul seperti Redmi 2, Redmi Note 3, Redmi 4, Redmi Note 5 sampai model terbaru seperti Redmi 8, Redmi 9, Redmi 10, POCO M3, POCO X3 Pro dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Tombol Back Xiaomi yg Tidak Berfungsi

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, solusi untuk mengatasi tombol back Xiaomi yang tidak berfungsi yakni dengan menginstall aplikasi pihak ketiga.

Nama aplikasi ini adalah Navigation Bar – Assistive Touch Bar buatan developer Assistive Touch Team.

Seperti nama nya, aplikasi ini berperan sebagai tombol navigasi virtual berupa tombol back, home dan recent. Aplikasi ini bisa menggantikan tombol kembali yang rusak di ponsel Xiaomi.

Aplikasi ini memiliki review yang cukup baik, yakni rating 4.4 dari 92k review, dengan total 5 juta download. Selain itu, aplikasi ini cukup ringan karena hanya berukuran 7.5 MB.

Silahkan simak tutorial di bawah ini untuk melihat panduan instalasi dan setting nya.

Cara Memperbaiki Tombol Back Xiaomi Rusak dengan Aplikasi

• Langkah pertama, silahkan buka Google Playstore dan ketik “Navigation Bar” di pencarian. Atau kamu bisa langsung klik link ini: Navigation Bar – Assistive Touch Bar.

cara mengatasi tombol back tidak berfungsi xiaomi

• Selanjurnya unduh dan install aplikasi tersebut. Setelah terinstall, silahkan buka aplikasi Navigation Bar – Assistive Touch Bar.

• Aplikasi ini membutuhkan beberapa izin/permission, maka izinkan saja jika muncul notif app permission.

• Setelah mengaktifkan izin aplikasi, maka kamu akan dialihkan ke menu utama aplikasi seperti di bawah ini.

cara mengatasi tombol kembali xiaomi tidak berfungsi

• Pastikan menu Enable aktif seperti gambar di atas, dan kamu akan mendapati tombol virtual back, home dan recent pada layar ponsel.

• Selanjutnya kamu bisa mengatur Auto Hide dan Position. Atur Auto Hide ke Disable agar tombol kembali, home dan recent selalu muncul.

cara memperbaiki tombol kembali rusak di hp xiaomi

• Kamu juga bisa mengatur posisi tombol virtualnya di menu Position. Karena saya lebih enak ada di posisi bawah, jadi saya memilih Bottom.

• Sampai disini, setting sudah selesai dan aplikasi sudah bisa digunakan. Sekarang aktivitas ber-ponsel kamu sudah tidak terganggu lagi dengan tombol kembali yang rusak.

Catatan: Pada beberapa smartphone, aplikasi Navigation Bar tidak bisa digunakan jika belum mengaktifkan “Accessibility” pada aplikasi Navigation Bar.

Untuk mengatasinya cukup mudah, kamu tinggal pencet tombol virtual back, home atau button. Setelah itu kamu akan dialihkan ke menu pengaturan Accessibility dan selanjutnya aktifkan Accessibility pada aplikasi Navigation Bar.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi tombol kembali HP Xiaomi yang tidak berfungsi saat ditekan, semoga tutorial di atas bisa menjadi solusi saat tombol back fisik pada smartphone Xiaomi rusak.

Jika masih ada yang bingung dan belum jelas, silahkan bebas bertanya di kolom komentar.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.