Cara Jitu Mengatasi Pesan WhatsApp Pending/Tidak Terkirim

Saat mau kirim pesan lewat WhatsApp tapi malah pending? Pastinya bikin kesel kan? Anda pasti ingin secepatnya mengatasi masalah WhatsApp error yang tidak bisa kirim pesan ini.

Tenang, anda sudah mampir di tempat yang tepat. Dalam artikel ini saya akan membahas solusi kenapa WhatsApp pending padahal sinyal bagus, WhatsApp error tidak bisa kirim pesan, dan sebagainya.

Memang, dalam 3 tahun terakhir ini aplikasi WhatsApp begitu populer di seluruh dunia. Dengan jumlah pengguna yang begitu banyak, pasti ada saja masalahnya.

Misalnya masalah whatsapp yang pending, tidak bisa kirim ataupun menerima pesan. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan baca cara mengatasi pesan WhatsApp yang pending di bawah ini.

Cara Mengatasі Pesan WhatsApp Tidak Terkirim (Pending)

Di bawah ini ada beberapa solusi untuk mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim ataupun menerima pesan. Cara ini cocok untuk semua merk smartphone android seperti Asus, Advan, Xiaomi, Lenovo, Samsung, Oppo, Vivo dan lain sebagainya.

1. Cek Koneksi Internet Anda

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan

Ini adalah langkah pertama untuk mengatasi pesan whatsapp yang tidak terkirim (pending). Tanpa koneksi internet, anda tidak akan bisa menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan dan menerima pesan.

Pastikan koneksi internet di smartphone Anda bagus dan stabil. Jangan lupa gunakan jaringan 4G atau minimal H+ agar lancar saat mengirim dan menerima pesan WhatsApp.

Cek juga kuota atau paketan internet anda belum habis atau expired, karena walaupun jaringan bagus tapi paketan internet tidak ada/habis, maka pesan WhatsApp akan terus pending.

2. Cek Apakah WhatsApp Bіsa Mengakses Іnternet?

Jaringan sudah bagus, sudah lock 4G dan sinyal kenceng, serta kuota masih banyak tapi kok WhatsApp tetep pending? Kok bisa?

Dalam beberapa smartphone (khususnya Xiaomi), biasanya mempunyai fitur penghemat data yang memungkinkan sebuah aplikasi dibatasi penggunaan koneksi internet nya (atau bahkan tidak bisa mengakses internet sama sekali).

Mode Penghemat Data Xiaomi

Mungkin inilah penyebabnya.

Pastikan aplikasi WhatsApp anda bisa mengakses internet. Jika di smartphone anda ada fitur penghemat data yang sedang diaktifkan, pastikan aplikasi WhatsApp masuk ke dalam daftar pengecualian agar tetap bisa mengakses internet.

Setelah itu cobalah untuk mengirim pesan kembali. Seharusnya sekarang WhatsApp anda sudah bisa mengirim dan menerima pesan tanpa pending sedetikpun.

3. Pastіkan WhatsApp Selalu Aktif (Tіdak Tertutup)

Ada alasan lain yang menjadi penyebab kenapa WhatsApp pending padahal sinyal/koneksi bagus. Biasanya aplikasi WhatsApp tertutup atau tidak aktif.

Jika di smartphone anda memiliki aplikasi semacam pembersih RAM, maka anda harus melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Karena aplikasi pembersih RAM ini biasanya menutup secara paksa semua aplikasi yang aktif di latar belakang, termasuk WhatsApp, sehingga aplikasi WhatsApp mengalami force closed dan anda harus membuka WhatsApp kembali agar pesan bisa masuk.

Tapi biasanya di aplikasi pembersih RAM ada semacam fitur filter yang bisa mengecualikan aplikasi mana yang tidak boleh ditutup. Pastikan anda memasukkan WhatsApp ke daftar pengecualian agar aplikasi ini tidak tertutup saat membersihkan RAM.

4. Hapus Cache Aplіkasі WhatsApp

Cache ini adalah file sementara (atau juga bisa dianggap file sampah) yang ada di setiap aplikasi android. Karena WhatsApp adalah aplikasi yang sering dipakai, maka pastinya akan ada banyak cache yang menumpuk.

Jika anda tidak rajin membersihkan cache tersebut, maka akan membuat aplikasi WhatsApp bermasalah seperti sering error dan pesan pending.

Cara membersihkan Cache cukup mudah, caranya:

Buka menu Settings > App > WhatsApp > Clear Cache

Cara Mengatasi WhatsApp Pending

Setelah cache dibersihkan, maka WhatsApp akan terasa ringan lagi dan bisa menerima pesan dengan cepat.

5. Hapus Data Aplіkasі WhatsApp

Jika menghapus cache saja belum cukup untuk mengatasi WhatsApp pending, maka anda bisa mencoba menfhapus data pada aplikasi WhatsApp ini. Caranya mudah, hampir sama seperti menghapus cache.

Buka Settings > App > WhatsApp > Clear Data

Cara Mengatasi WhatsApp tidak bisa kirim pesan

Menghapus data bukan berarti menghapus aplikasinya. Hanya saja, nanti anda akan disuruh login ulang ke aplikasi WhatsApp.

Dengan begini, seharusnya masalah WA error tidak bisa mengirim pesan sudah bisa teratasi.

6. Update Aplikasi WhatsApp

Update biasanya akan memperbaiki bug dan error yang ada di versi sebelumnya. Jadi jika aplikasi WhatsApp anda mengalami error, maka cobalah update aplikasi tersebut (jika tersedia update terbaru).

Selain memperbaiki bug, update biasanya juga akan menambah fitur baru dan mengoptimalkan performa agar nyaman digunakan.

Jadi rajin-rajinlah cek update WhatsApp di Play Store agar tidak ketinggalan versi terbaru ya.

Nah demikian pembahasan mengenai Cara Mengatasі Pesan WhatsApp Yang Pendіng. Semoga setelah membaca artikel ini, anda sudah bisa mengatasi WA error tidak bisa kirim pesan (pending).

Jangan lupa share artikel ini atau bookmark agar tidak lupa.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *