Cara Mengatasi Agar Baterai HP Xiaomi Awet dan Tidak Cepat Lowbat

Baterai adalah komponen ponsel yang harus dirawat dengan baik. Sebab, jika sekali rusak Anda harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli baterai yang baru. Nah, dalam artikel berikut ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara menghemat baterai HP Xiaomi, serta tips-tips agar baterai HP Xiaomi awet dan tidak cepat rusak.

Cara Menghemat Baterai Xiaomi, Agar Awet & Tidak Cepat Habis

Silakan disimak, ini penjelasannya.

1. Matikan Ponsel Saat Baterai Di-Charge

Cara agar baterai xiaomi tidak cepat habis

Penyebab baterai HP Xiaomi cepat rusak adalah kebiasaan mengoperasikan HP saat baterai sedang di-charge. Karena ini menyebabkan suhu baterai berlebih (overheat).

Jika dilakukan terus menerus, komponen di dalam baterai akan melemah sehingga rawan terjadi kerusakan.

Maka dari itu, saat baterai serang dicas, silahkan didiamkan saja atau kalau perlu matikan saja ponsel nya. Biarkan hingga daya baterai terisi penuh, baru HP dihidupkan kembali. Cara ini lebih aman serta bisa membuat baterai lebih awet dan tahan lama.

2. Aktifkan Fitur Sleep Display

Layar hidup dalam waktu lama juga penyebab baterai Xiaomi cepat lowbat. Karena untuk layar display, penyerapan daya baterai lebih banyak sehingga kerja komponen di dalamnya lebih keras.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Sleep Display. Karena dengan aplikasi ini layar bisa mati di jam-jam tertentu. Sehingga, daya tidak terlalu terkuras dan baterai juga lebih hemat.

Anda bisa mengaktifkan fitur ini di menu Pengaturan > Kunci layar & sidik jari > Tidur. Lalu atur waktu berapa lama layar akan hidup saat layar tidak disentuh.

cara menghemat baterai hp xiaomi

3. Rutin Melakukan Cleaner File

Cara menghemat baterai HP Xiaomi yang ketiga adalah melakukan cleaner file dengan rutin. Ini untuk mencegah terjadinya penumpukan cache dan file junk (file sampah) di dalam perangkat.

Karena jika sampah file ini terlalu banyak, maka kapasitas memori internal akan jadi sempit dan loading HP menjadi berat. Kemungkinan daya baterai yang diambil juga lebih besar.

Maka dari itu, unduh aplikasi CCleaner di Google Play. Karena aplikasi ini memiliki kemampuan menghapus file dengan cepat.

cara mengatasi baterai xiaomi lowbat

4. Pakai Baterai Xiaomi Yang Asli/Original

Baterai non orisinal harganya memang lebih murah. Tetapi dari segi kualitas masih kalah dengan baterai ori. Maka dari itu, jika ingin memiliki baterai HP Xiaomi yang awet, gunakan yang asli bukan yang palsu.

Sekalipun harganya mahal, masa pakai baterai lebih lama. Bahkan terkadang pihak penyedia memberikan garansi untuk baterai jenis ini. Jadi, buang kebiasaan menggunakan baterai tidak original.

5. Jangan Charge Baterai Melewati Batas Penuh

Cara menghemat baterai di HP Xiaomi selanjutnya adalah Jangan charge baterai melewati batas waktu. Charge baterai ponsel dalam waktu lama masih menjadi kebiasaan banyak orang.

Padahal ini sangat tidak bagus karena bisa meningkatkan suhu panas pada baterai.

Waktu charge yang ideal adalah selama 2-3 jam saja. Atau ketika sudah muncul notifikasi pengisian daya mencapai 100%.

Jika baterai sudah sampai di batas ini segera cabut charger. Jangan tunggu baterai panas baru proses charge dihentikan.

Tapi jika anda menggunakan Hp Xiaomi keluaran terbaru, anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah dilengkapi dengan fitur auto-cut jika baterai penuh. Tips nomor 5 ini hanya berlaku untuk HP Xiaomi jadul yang belum ada fitur auto-cut ya.

6. Jangan Charge HP Saat Daya Habis (0%)

Jika Anda terbiasa charge HP ketika dayanya 0%, maka hentikanlah kebiasaan tersebut. Karena ini salah satu penyebab baterai Xiaomi cepat rusak. Sebab, komponen di dalamnya dipaksa menyedot daya listrik dari charger dengan ekstra. Ini yang membuat komponen cepat aus bahkan korslet.

Yang paling parah nanti baterai HP tidak bisa dicas, kan malah tambah repot..

Maka dari itu, silakan charge HP saat dayanya masih ada. Minimal notifikasinya berada di bawah 10% dan maksimal 5%. Lebih rendah dari itu sudah tidak dianjurkan untuk melakukan charge.

7. Jangan Mengoperasikan HP Saat Di-Charge

Apapun alasannya menggunakan HP saat di-charge sangat tidak dianjurkan bahkan berbahaya. Karena perangkat bisa meledak atau muncul out strum akibat terjadi korsleting listrik di dalam komponen.

Maka dari itu, demi keselamatan dan juga perangkat biar awet lebih baik matikan ponsel ketika sedang di-charge. Hidupkan kembali ketika notifikasinya sudah 100%.

Jika ke-7 cara merawat baterai HP Xiaomi di atas diterapkan dengan benar, maka tentu baterai Xiaomi akan lebih tahan lama dan tidak cepat lowbat, sehingga bisa digunakan untuk waktu yang lama. Maka dari itu, terapkan sekarang juga cara-caranya.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa dishare ya. Tidak ada ruginya lho men-share ilmu, agar orang lain juga bisa mendapat manfaatnya. Baca juga tips menarik lainnya seperti cara mengatasi hp Asus yang cepat panas ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *