Cara Mengubah Video Youtube ke MP3 di HP Android, Gampang Banget!

Ada kalanya kita ingin menyimpan video dari YouTube bukan dalam bentuk video, tapi justru dalam bentuk suara saja, alias MP3. Video yang biasa ingin disimpan dalam bentuk MP3 ini misalnya kompilasi lagu, musik instrumen, ataupun video debat dan diskusi.

Hal itu bisa dengan mudah dilakukan jika menggunakan PC. Nah, bagaimana cara mengubah video YouTube menjadi MP3 di android?

Keberadaan android memang sudah bukan barang mewah. Karena hampir tiap orang punya gadget ini. Sehingga berbagai hal yang semula harus dilakukan menggunakan PC, ingin dilakukan menggunakan smartphone android. Sampai soal menyimpan video ke bentuk MP3.

Nah, berikut ini beberapa cara mengkonversi video YouTube menjadi MP3 hanya menggunakan HP android.

Cara Mengubah Video Youtube ke MP3 di HP Android

Dalam artikel ini, saya akan berbagi 2 cara mengkonversi video youtube ke mp3. Cara yang pertama yaitu melalui website, dan yang kedua melalui aplikasi konverter video ke mp3.

Kita mulai dari cara yang pertama dulu ya.

1. Cara Mengubah Video Youtube ke MP3 Tanpa Aplikasi

  • Pertama, silahkan cari video youtube yang ingin diubah menjadi mp3. Salin URL video nya.
  • Selanjutnya buka website https://ytmp3.cc
  • Kemudian masukkan URL video tadi di kolom yang sudah tersedia.

 

cara mengunduh video youtube ke mp3

  • Jangan lupa pilih “MP3“.
  • Terakhir, klik “Convert” dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

cara mengubah youtube ke mp3 online

  • Jika sudah, maka akan muncul tombol download dan file sudah siap diunduh. Disini ada 2 opsi, yaitu download file secara langsung atau menyimpannya ke Dropbox. Anda bisa memilih salah satu.

 

Kalau saya pribadi lebih suka menyimpannya di Dropbox terlebih dahulu, lalu mengunduhnya lewat Dropbox karena download lewat Dropbox lebih cepat.

Bagaimana? Sangat mudah kan? Anda hanya butuh URL video Youtube saja agar bisa mengubahnya menjadi file mp3. Tidak hanya mengubah video youtube ke mp3, situs tersebut juga bisa digunakan untuk download video youtube di hp android, anda hanya perlu memilih format “MP4” saja jika ingin mengunduhnya sebagai video.

Sayangnya, cara yang pertama ini tidak bisa mengkonversi video yang ada di memori ponsel. Tapi jangan khawatir bro, karena di cara kedua di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengubah video youtube yang ada di memori Hp menjadi file mp3.

2. Cara Mengubah Video Youtube ke MP3 Dengan Aplikasi

aplikasi youtube converter ke mp3

  • Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi tersebut. Tampilannya seperti ini..

cara mengubah video youtube ke mp3 di android

  • Kemudian langsung saja pilih “Video to Audio“. Pada saat pertama kali mau convert, aplikasi ini akan meminta izin akses file pada perangkat. Pilih “ALLOW” untuk melanjutkan.
  • Setelah itu carilah file video youtube yang ingin diubah ke format mp3.

cara mengubah video ke mp3 di android

  • Selanjutnya akan muncul tampilan menu convert video. Karena disini kita ingin mengubahnya menjadi mp3, maka format yang harus dipilih adalah “MP3“.
  • Untuk Bitrate bisa diabaikan saja, atau pilih sesuai selera.
  • Terakhir, tap “CONVERT” untuk mengubah video youtube menjadi Mp3 di Android.
  • Proses convert akan berjalan, lama atau tidaknya tergantung durasi atau besarnya file video. Jadi tunggu saja.

cara mengubah video youtube menjadi mp3

  • Jika terlalu lama, tekan saja tombol “Background Convert“, ini akan menutup aplikasi tetapi proses convert tetap berjalan, jadi anda bisa melakukan hal lain selagi proses convert video ke mp3 sedang berlangsung.

Jika sudah selesai, anda bisa mengecek hasil konversi video ke mp3 nya pada menu “Output Folder“.

Kekurangan aplikasi ini mungkin hanya terlalu banyak iklannya saja (iklan bisa dihilangkan dengan membeli versi PRO). Tapi jika mengesampingkan hal tersebut, menurut saya aplikasi ini sudah cukup bagus, apalagi aplikasi besutan InShot Inc. ini tidak hanya memiliki fitur konversi video ke mp3, tapi juga fitur lain seperti Audio cutter, Audio merger, video cutter, dll.

Nah demikianlah tutorial dalam mengubah video youtube menjadi mp3 di hp android. Anda bisa bebas memilih cara manapun yang dirasa paling mudah. Cara yang pertama maupun yang kedua sama-sama bisa menghasilkan kualitas mp3 yang bagus.

Akhir kata, sekian artikel ini dan semoga cara mengubah video youtube ke mp3 di atas bisa bermanfaat. Silahkan bertanya di komentar jika ada kendala.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *