Ini 3 Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi Agar Aman, Gampang Banget!

Sebagaimana umumnya smartphone, cara mengunci aplikasi di hp Xiaomi juga sering dibutuhkan para pengguna. Hal ini berkaitan dengan privasi pemilik ponsel.

Dia ingin menjaga kerahasiaan file tertentu ataupun aplikasi tertentu dalam ponsel. Penguncian aplikasi biasanya bertujuan agar aplikasi tertentu tidak diakses orang lain.

Misalnya, WhatsApp agar pesan yang masuk tidak dibaca sembarang orang. Atau mengunci aplikasi Browser seperti Chrome agar orang lain tidak tau riwayat browsing anda.

Dan lain sebagainya..

Selain soal privasi, kadang mengunci aplikasi di HP Xiaomi adalah cara yang diterapkan agar anak-anak tidak mengakses aplikasi penting kita. Bisa juga bertujuan untuk mengontrol aktifitas anak dengan smartphone.

Baca Juga:

  1. Cara Cek Status UBL Xiaomi, Sudah UBL atau Belum?
  2. Cara Menghilangkan Iklan di Xiaomi Secara Permanen (100% Tested)
  3. Cara Bypass Akun Mi Cloud Yang Terkunci via PC

Cara mengunci aplikasi di Hp Xiaomi berikut ini bisa Anda terapkan untuk mengunci aplikasi di Xiaomi Redmi 4x, Mi 1A, Note 5A, Redmi 5 Plus, Mi A2 Lite, Redmi 3, Redmi Note 7 dan semua tipe HP Xiaomi yang menggunakan MIUI 8 ke atas.

Cara Mengunci/Lock Aplikasi di HP Xiaomi (Semua Tipe)

Dalam artikel ini saya akan membahas beberapa metode untuk lock aplikasi di Xiaomi, yaitu melalui menu pengaturan bawaan, dan melalui aplikasi. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya. Pastikan simak dengan seksama agar tidak ada langkah yang terlewatkan.

1. Mengunci Menggunakan Pengaturan Bawaan Ponsel

Cara paling dasar untuk mengunci aplikasi sebenarnya sudah ada dalam pengaturan Hp Xiaomi. Hanya saja hasilnya akan sangat mencolok.

Artinya orang yang ingin mengakses aplikasi di ponsel Anda akan langsung tahu bahwa aplikasi tersebut dikunci. Namun demikian cara ini adalah yang paling mudah dan tidak membebani ponsel dengan aplikasi tambahan.

Berikut ini langkahnya.

  • Bukalah menu “Pengaturan/Setting” di ponsel.
  • Gulir ke bawah sampai pada bagian “Setelan Aplikasi”. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan, kemudian pilih “Kunci Aplikasi“.

cara mengunci aplikasi di hp xiaomi

  • Setelah itu Anda diminta untuk memasukkan kunci pola. Ulangi kunci pola untuk verifikasi.
  • Selanjutnya Anda diminta untuk menentukan aplikasi mana yang ingin dikunci.

cara lock aplikasi di xiaomi

  • Setelah ketemu aplikasi yang ingin di kunci, geser ke kanan tombol yang tersedia sampai aktif menjadi warna biru. Aplikasi yang dikunci akan muncul di bagian teratas. Anda bisa unlock aplikasi tersebut kapan saja.

Selesai! Dengan begini, aplikasi tersebut sekarang sudah berhasil dilock, dan jika anda ingin membukanya, maka anda harus memasukkan kunci pola.

Cara ini hanya bisa diterapkan pada MIUI 8 ke atas. Untuk versi MIUI di bawahnya, anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang juga akan saya bahas di bawah ini.

2. Lock Aplikasi di Xiaomi Dengan Aplikasi AppLock

Cara mengunci aplikasi di Xiaomi selanjutnya adalah menggunakan aplikasi AppLock. Keistimewaan dari aplikasi ini, terdapat beberapa fitur untuk memanipulasi aplikasi seperti menampilkan pesan error palsu, atau menggati icon aplikasi.

Sehingga pada beberapa keadaan, tidak akan ada rasa tidak enak atau sungkan.

  • Awali dengan download AppLock di Google Play Store.
  • Instal, lalu buka aplikasinya.
  • Saat pertama kali membuka aplikasi ini, pilih tombol “Start” untuk melanjutkan. Lalu anda akan disuguhkan dengan daftar aplikasi seperti di bawah ini. Silahkan pilih aplikasi apa saja yang ingin dikunci.

cara mengunci aplikasi di xiaomi redmi 4x

  • Kemudian pilih “LOCK” untuk melanjutkan. Setelah itu anda akan disuruh untuk membuat kode pola. Anda bisa mengubahnya ke kode PIN dengan mengklik pilihan “Change To PIN Code” di bagian atas.
  • Selanjutnya anda akan disuruh membuat pertanyaan keamanan dan jawabannya. Dengan mengatur pertanyaan keamanan, anda bisa mereset kode pola atau kode PIN jika suatu saat lupa.

cara mengunci aplikasi di xiaomi redmi 5 plus

  • Lalu terakhir, aplikasi AppLock memerlukan permission/izin, klik “ENABLE” dan anda akan diarahkan ke menu pengaturan untuk mengaktifkan izin aplikasi.

Dengan begini, seharusnya aplikasi anda sudah terkunci dan akan aman dari jangkauan tangan jahil.

cara mengunci aplikasi di xiaomi note 5a

Aplikasi AppLock ini dibekali dengan berbagai macam fitur. Di bagian bawah, ada menu “Advanced“, disini ada beberapa macam fitur seperti Fake Icon untuk mengganti icon aplikasi..

..atau Disguise Lock untuk menampilkan pesan error palsu. Ada juga fitur Break-in Alerts yang berfungsi untuk memotret foto selfie jika ada yang salah salam memasukkan kode pola atau kode PIN.

3. Kunci Aplikasi Dengan Menggunakan Aplikasi 360 Security

Cara mengunci aplikasi di HP Xiaomi yang terakhir adalah mengggunakan aplikasi 360 Security. Aplikasi ini multifungsi.

Selain untuk mengunci aplikasi, juga berfungsi sebagai anti virus, mempercepat performa HP Xiaomi, shortcut, maupun sebagai anti maling. Tapi dalam artikel ini, saya akan memanfaatkan aplikasi 360 Security untuk mengunci aplikasi di ponsel Xiaomi.

Langkah-langkahnya sebagai berikut..

  • Download dan instal aplikasi 360 Security di Play Store.
  • Buka aplikasi, scroll ke bawah sampai anda menemukan opsi “AppLock“. Klik saja.

cara mengunci aplikasi di hp android

  • Akan muncul pilihan aplikasi yang akan dikunci. Tandai aplikasi yg ingin Anda kunci, lalu klik ‘Lock’.

cara mengunci aplikasi di xiaomi Mi A1

  • Selanjutnya Anda akan diminta membuat kode pola atau kode PIN. Setelah itu muncul notifikasi langkah terakhir untuk mengaktifkan permission/izin aplikasi,  langsung saja klik ‘Confirm’. Lalu anda akan diarahkan ke menu pengaturan.

cara mengunci aplikasi di xiaomi redmi note 7

  • Klik pada ‘360 Security’ lalu nyalakan ‘Permit drawing over other apps’ menjadi ‘On’.

Selesai. Dengan begini, aplikasi anda sudah aman. Saat ingin membuka aplikasi yang dikunci, anda harus memasukkan kode pola atau kode PIN yang sudah di buat pada tahap awal, jadi jangan sampai melupakannya ya.

Jika tutorial dilakukan dengan baik, kerahasiaan data-data penting terjamin dan anda tidak akan perlu khawatir lagi jika ponsel dipinjam teman, karena aplikasi penting sudah dikunci dengan aman. Karena yang bisa membuka, melihat dan bekerja dengannya hanya Anda sendiri.

Demikian cara lock aplikasi di hp Xiaomi baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Bagaimana? Mengunci aplikasi di HP Xiaomi itu tidak sulit kan? Menurut anda, mana yang paling mudah? Beri tahu saya di komentar ya.

Jika menurut anda artikel ini berguna, jangan lupa share ke teman atau kerabat anda, agar aplikasi penting mereka aman dari tangan jahil. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *