Inilah 5 Cara Merawat Baterai HP Agar Awet & Tahan Lama

Androdot.net – Baterai merupakan komponen penting pada smartphone. Untuk itulah, anda sebagai pengguna smartphone juga harus mengetahui bagaimana cara menjaga dan merawat baterai HP agar tidak mudah drop, bocor, serta awet dan tahan dalam jangka panjang.

Artikel ini akan menjelaskan tentang tips-tips yang bisa anda lakukan untuk merawat baterai ponsel Android. Pastikan simak sampai selesai untuk mengetahui nya.

Seperti yang kita tahu, bahwa baterai yang gampang drop dan cepat habis akan mempengaruhi aktivitas ber-ponsel anda. Seiring lamanya pemakaian dan bertambahnya usia ponsel, maka tak dapat dipungkiri bila umur baterai juga terpengaruh.

Tapi tenang saja, ada 5 tips dan cara ampuh untuk mencegah baterai HP Android cepat habis dan ngedrop, biar awet dan tahan lama. Simak cara nya berikut ini.

Cara Merawat Baterai HP Android Agar Tidak Cepat Habis

Cara merawat baterai hp android agar awet

Image by Mahesh Patel from Pixabay

Tips yang saya bagikan di bawah ini cukup terdengar sederhana, walaupun begitu cukup ampuh dalam merawat baterai ponsel Android agar awet.

Oh ya, tips-tips merawat baterai di bawah ini bisa diterapkan pada semua ponsel Android, seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Infinix, Advan, Sony, POCO, Realme dan lain sebagainya.

1. Jangan Gunakan HP Sambil Dicas

Cara agar baterai HP android tidak bocor

Credit: JESHOOTS-com on Pixabay

Menggunakan ponsel sambil dicas merupakan salah satu sebab kenapa baterai HP cepat tua dan sering ngedrop. Apalagi jika digunakan untuk main game sampai suhu ponsel jadi panas, udah gitu ditambah sambil dicas.

Ya udah deh, umur baterai anda dijamin tak akan awet dan dalam jangka lama akan menyebabkan baterai mudah drop dan cepat habis di masa depan.

Selain itu, ngecas HP sambil main game juga beresiko HP meledak, seperti insiden di Ciamis dimana seorang bocah tewas karena hp meledak saat dipakai sambil ngecas.

Maka dari itu, saran saya sebaiknya ketika ponsel sedang dicas, jangan dipakai dulu. Tunggu sampai ngecas nya penuh, atau bila memang keburu mau dipakai, setidaknya cabut kabel charger terlebih dahulu.

2. Pastikan Gunakan Charger Bawaan (Original)

Cara agar baterai HP tidak bocor

Penggunaan charger abal-abal akan menyebabkan banyak masalah, terutama ketidakcocokan. Memakai charger bawaan atau charger asli (original) merupakan sebuah keharusan bila anda ingin menjaga keawetan baterai ponsel kesayangan.

Setiap vendor smartphone pasti menyertakan charger bawaan dalam dusbok. Jadi pastikan pakai charger tersebut untuk mengecas, bukan yang lain.

Jika charger bawaan rusak, maka beli yang original. Jangan tergiur harga charger murah yang kualitasnya masih dipertanyakan. Seriusan bro, mending nambah dikit buat beli charger ori daripada beli charger abal-abal yang kualitasnya masih diragukan.

3. Jangan Overcharge (Ngecas Berlebihan)

Cara menjaga HP android agar tidak cepat rusak

Cara ketiga dalam menjaga agar baterai HP awet, yakni jangan ngecas berlebihan, apalagi dicas semalaman penuh sampai pagi.

Penting banget ini mah, terutama pada ponsel Android yang belum punya fitur auto-cut saat pengisian penuh. Pengisian yang berlebihan akan membuat umur baterai jadi pendek, bukannya nambah panjang.

Praktik ini juga perlu diterapkan pada smartphone yang sudah punya fitur auto-cut sekalipun, karena apa salahnya buat jaga-jaga ya kan?

Walaupun semua smartphone keluaran terbaru sudah ada fitur auto-cut tersebut, tidak ada salahnya jika anda tetap waspada dan mencegah agar tidak ngecas berlebihan.

4. Jika Baterai Lowbat, Langsung Dicas!

cara agar baterai HP tahan lama

Ini menurut pengalaman pribadi saya sendiri. Ketika baterai sudah lowbat (tersisa 10% atau 20%), saya selalu mengecas nya. Sudah hampir 5 tahun saya pakai HP Redmi Note 4x ini, tapi baterai ponsel saya masih awet sampe sekarang.

Jangan sampai baterai drop 0%, kosong. Usahakan cas HP ketika baterai masih di atas 10%.

5. Aktifkan Mode Hemat Baterai Ketika Lowbat

Semua HP Android keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur mode hemat baterai. Mode ini biasanya akan menghentikan aplikasi background yang sedang tidak digunakan, dan fungsi-fungsi lain demi menghemat baterai semaksimal mungkin.

Jadi bila lowbat, aktifkan mode hemat baterai untuk menjaga agar baterai tidak cepat drop.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara menjaga dan merawat baterai HP agar awet dan tahan lama. Semoga tips-tips di atas dapat berguna untuk anda yang ingin menjaga baterai ponsel agar tidak mudah rusak.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.