Inilah Cara Reset HP Advan i5E ke Setelan Pabrik, Gampang Banget!

Cara Reset Advan i5E – Dalam mengatasi permasalahan pada HP Advan i5E, biasanya langkah pertama yang dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik.

Hal ini cukup wajar, karena reset pabrik memang dirancang sebagai pertolongan pertama jika terjadi masalah pada smartphone.

Jadi sebelum memutuskan untuk melakukan flashing lewat PC membawa HP ke tukang servis, kamu perlu mencoba cara reset HP Advan i5E terlebih dahulu. Yah siapa tau masalah bisa teratasi hanya dengan mereset HP ke setelan pabrik.

Cara reset HP Advan i5E ini bisa mengatasi masalah seperti:

  1. HP Advan i5E lupa pola, lupa password ataupun lupa PIN kunci layar.
  2. HP Advan i5E mulai lemot dan sering ngelag.
  3. Aplikasi error dan sering muncul notif “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti“.
  4. Memori penyimpanan penuh.
  5. HP Advan i5E hang.
  6. HP Advan i5E restart sendiri.
  7. Sinyal di Advan i5E hilang.

Dan masih banyak lagi.

Jadi selama itu hanya masalah yang ringan-ringan saja, maka reset pabrik sudah cukup untuk mengatasi error yang ada.

Tapi jika masalah yang dialami HP Advan i5E itu cukup berat, misalnya seperti bootloop, macet logo atau mati total, maka saya menyarankan agar kamu melakukan flashing lewat PC. Tutorial nya bisa kamu baca disini: Cara Flash Advan i5E via Research Download & SD Card.

Selain mengatasi beragam permasalahan, reset ulang Advan i5E juga diperlukan ketika ponsel akan dijual. Hal ini wajib dilakukan untuk mencegah data pribadi disalahgunakan oleh orang lain. Makanya HP direset dulu biar tidak tersebar.

Untuk metode reset pabrik itu sendiri, dalam artikel ini saya akan menjelaskan 2 metode untuk reset ulang, yakni:

  1. Cara reset pabrik Advan i5E lewat menu pengaturan sistem.
  2. Cara hard reset Advan i5E via recovery mode.

Tak perlu basa-basi lagi, sekarang simak tutorialnya berikut ini.

Cara Reset Advan i5E di Menu Pengaturan

Cara yang pertama ini sangat saya rekomendasikan, terutama bagi kamu yang tidak mengalami masalah lupa kunci layar dan HP masih bisa masuk ke menu utama.

Sebelum reset, pastikan untuk melakukan backup data seperti backup kontak, file, aplikasi, dll terlebih dahulu karena reset ulang akan menghapus seluruh data di HP Advan i5E, mulai dari dokumen, aplikasi, password, foto, video, dan lain sebagainya.

Dan juga, demi mencegah kasus lupa akun google setelah reset, saya menyarankan untuk menghapus akun google yang ada di HP. Caranya pergi ke Pengaturan > Akun > hapus akun google yang masih tersinkron.

Setelah persiapan selesai, mari kita simak langkah-langkah factory reset Advan i5E di bawah ini.

  • Pertama, silahkan buka menu “Pengaturan“.
  • Selanjutnya gulir ke bawah sampai ke bagian Sistem, pilih menu “Buat cadangan & setel ulang“.
  • Kemudian pilih “Kembalikan ke Setelan Pabrik”.
  • Setelah itu pilih menu “Setel ulang telepon“.
  • Terakhir, pilih tombol “Hapus Semua“.

Setelah itu Advan i5E akan restart secara otomatis.

Sekarang kamu hanya perlu menunggu sampai restart Advan i5E selesai dan masuk ke tampilan pengaturan awal. Silahkan lakukan setelan awal seperti mengatur bahasa, jaringan, centang ini dan itu, dan lain sebagainya.

Cara Hard Reset Advan i5E Lupa Pola, Password dan PIN

Bagi kamu yang mengalami masalah lupa kunci layar di HP Advan i5E, maka hard reset via recovery mode adalah cara ampuh untuk mengatasinya. Dengan melakukan hard reset Advan i5E, kamu bisa menghapus kunci pola Advan i5E yang lupa dan membuka kembali HP Advan i5E yang terkunci.

Peringatan: Hard reset akan menghapus seluruh data dalam ponsel. Jika HP Advan i5E kamu terkunci layarnya, maka data tidak akan bisa dibackup.

Sebelum reset, pastikan kamu masih ingat email dan sandi akun google yang tersinkron di HP Advan i5E, karena akun google tersebut dibutuhkan untuk buka kunci FRP setelah hard reset.

Jika misalnya kamu lupa akun google tersebut, jangan khawatir karena nanti di akhir artikel saya akan memberikan link tutorial untuk bypass FRP nya.

Sekarang simak langkah-langkah hard reset HP Advan i5E yang lupa pola berikut ini.

Langkah Hard Reset Advan i5E

• Pertama, silahkan matikan HP Advan i5E kamu terlebih dahulu.

• Setelah HP mati, selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power sampai HP bergetar dan muncul tampilan logo Advan.

• Ketika sudah muncul logo Advan, lepaskan tombol power tetapi tetap tahan tombol Volume Bawah sampai masuk ke recovery mode seperti ini.

cara reset hp advan i5e lupa pola

Catatan: Di mode recovery ini, layar sentuh tidak akan bisa digunakan. Sebagai gantinya, gunakan tombol volume untuk navigasi naik turun dan tombol power untuk OK/memilih.

• Untuk melakukan reset ulang, silahkan pilih menu “Wipe data/factory reset“.

• Kemudian konfirmasi dengan memilih menu “Yes — delete all user data“.

• Selanjutnya tunggu sampai proses wipe data selesai. Jika sudah selesai, silahkan pilih menu “Reboot system now” untuk restart HP Advan i5E.

• Sekarang kamu hanya perlu menunggu sampai proses booting selesai dan HP masuk ke tampilan pengaturan awal.

• Jika sudah masuk ke tampilan pengaturan awal, silahkan lakukan setting seperti bahasa, jaringan, dan lain sebagainya.

Lupa Akun Google Setelah Reset?

Karena kita melakukan hard reset secara paksa lewat recovery mode, maka wajar saja jika HP Advan i5E terkunci FRP nya, karena HP ini sudah menggunakan OS Android 5.1 Lollipop.

Jika kamu lupa email google yang tersinkron di HP Advan i5E, silahkan lakukan bypass FRP untuk melewati verifikasi akun google tersebut. Kamu bisa baca tutorialnya dalam artikel Cara Bypass FRP di Advan i5E yg Lupa Akun Google ini.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah tutorial kali ini mengenai langkah-langkah untuk reset ulang HP Advan i5E ke pengaturan pabrik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin memperbaiki permasalahan pada ponsel Advan kesayangan.

Jika kamu menemui kendala saat melakukan reset, jangan sungkan untuk bertanya di komentar. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.