Cara Reset HP Samsung A01 ke Pengaturan Pabrik, 100% Sukses!

Sebagai pengguna Samsung A01, sangat penting bagi kalian untuk mengetahui tentang cara reset HP Samsung A01 ke setelan pabrik. Karena reset pabrik ini banyak kegunaannya, diantaranya yaitu memperbaiki sistem HP yang error, misalnya seperti:

  1. HP Samsung A01 lemot, lelet dan cepat panas.
  2. Muncul notif “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP Samsung A01.
  3. Memori penyimpanan kepenuhan file sampah.
  4. HP Samsung A01 lupa pola, password atau PIN kunci layar.
  5. Samsung A01 restart sendiri.
  6. Ponsel Samsung Galaxy A01 terkena virus atau malware.

Dan lain sebagainya.

Selama itu bukan masalah yang serius seperti Samsung A01 bootloop, matot, ataupun mengalami kerusakan hardware, maka hard reset Samsung A01 sudah cukup untuk mengatasi masalah yang ada.

Tak dapat dipungkiri bahwa ponsel Samsung A01 ini memiliki spek yang tergolong “kentang”, mengingat HP ini hanya dibekali dengan chipset Snapdragon 439 (12nm) yang berjalan dengan RAM 2GB di OS Android 10.

Di bagian memori internal, Samsung A01 hanya hadir dengan varian internal 16GB dan 32GB.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mempelajari bagaimana langkah-langkah reset ulang Samsung A01 ke pengaturan pabrik.

Karena dengan melakukan reset secara berkala setiap beberapa bulan sekali, bisa menjaga performa smartphone tetap optimal dan menyegarkan sistem ponsel.

Karena selain bisa mengatasi HP lemot dan memori penuh, reset pabrik Samsung A01 juga bisa mengatasi lupa password, lupa PIN ataupun lupa pola kunci layar di Samsung A01.

Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari 2 metode untuk reset pabrik, yakni reset via menu pengaturan dan hard reset Samsung A01 dengan tombol. Simak tutorialnya berikut ini.

Cara Reset Samsung A01 via Menu Pengaturan

Peringatan sebelum reset: sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu. Karena reset ulang akan menghapus semua data dalam perangkat.

Dan juga jangan lupa untuk mengeluarkan atau menghapus akun google dari HP Samsung A01, untuk menghindari kejadian lupa akun google setelah reset.

Simak langkah-langkah reset HP Samsung Galaxy A01 berikut ini.

  • Pertama, silahkan masuk ke menu “Pengaturan“.
  • Kemudian pilih “Manajemen umum“.
  • Lalu pilih “Reset“.
  • Setelah itu pilih “Reset data pabrik“.
  • Lanjut pilih “Reset“.
  • Dan terakhir, pilih “Hapus semua“.

Setelah itu ponsel akan restart secara otomatis. Tunggu sampai restart selesai dan HP masuk ke tampilan pengaturan awal.

Cara Hard Reset Samsung A01 via Recovery Mode

Sebelum melanjutkan, wajib kamu tahu bahwa hard reset akan menghapus seluruh data dalam smartphone. Dengan melanjutkan, berarti saya asumsikan bahwa kamu sudah siap kehilangan semua data dalam HP.

Dan juga pastikan untuk mengingat akun google yang tertaut di HP Samsung A01, karena nantinya akan kita gunakan untuk mengakses ponsel setelah reset ulang.

Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah 1: Masuk ke recovery mode Samsung A01

Untuk HP yang belum tersetting kunci pola, pin atau password, cara masuk ke recovery mode itu cukup mudah. Ikuti caranya berikut ini.

• Pertama, matikan ponsel kamu.

• Saat ponsel dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol power + volume atas secara bersamaan selama beberapa detik.

• Setelah itu kamu akan masuk ke recovery mode Samsung.

Untuk HP Samsung A01 yang terkunci pola, password atau PIN, maka butuh sedikit trik untuk memasuki recovery mode. Ikuti panduannya berikut ini.

• Saat layar HP dalam keadaan hidup yang menampilkan buka kunci, tekan dan tahan tombol power + volume bawah secara bersamaan.

• Tunggu sampai HP bergetar dan mati, dan lepaskan tombol volume bawah dan dengan cepat gantian tekan dan tahan tombol volume atas (dalam tahap ini, tombol power masih tetap ditekan).

• Ketika sudah muncul logo Samsung Galaxy, lepaskan tombol power, tetapi tetap tekan tombol volume atas sampai masuk ke recovery mode.

Cara hard reset Samsung A01 lupa pola

Langkah 2: Reset via Recovery Mode

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, sekarang saatnya kita melakukan reset pabrik Samsung A01.

Catatan: Dalam recovery mode ini, gunakan tombol atas dan bawah untuk berpindah naik-turun. Dan tombol power untuk konfirmasi (OK).

• Pertama, pilih menu “Wipe data/factory reset“.

• Kemudian pilih “Factory data reset” dan pencet tombol power untuk konfirmasi.

• Selanjutnya proses wipe data akan berjalan, tunggu sampai selesai yang ditandai dengan munculnya tulisan “Data wipe complete.” di bagian bawah ponsel.

• Ketika wipe data sudah selesai, maka pilih “Reboot system now” untuk merestart ponsel nya.

• Tunggu sampai proses reboot selesai dan HP Samsung Galaxy A01 masuk ke tampilan pengaturan awal.

• Sekarang kamu hanya perlu melakukan pengaturan awal seperti bahasa, jaringan, dan lain sebagainya.

Catatan: Dalam kasus lupa kunci pola, pin atau sandi, ketika di pengaturan awal HP masih meminta kunci pola, PIN atau password, maka abaikan saja dan pilih menu “Gunakan akun Google saya” untuk masuk ke HP menggunakan akun google.

Jika misalnya kamu lupa email dan password akun google yang tertaut di HP, maka silahkan baca Cara Bypass FRP Akun Google di Samsung A01 ini.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah tutorial tentang mereset Samsung Galaxy A01 kembali ke pengaturan pabrik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin memperbaiki HP Samsung kesayangan tanpa perlu keluar duit.

Jika masih ada hal yang belum jelas, bisa ditanyakan di kolom komentar.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.