Cara Reset HP Samsung A31 ke Setelan Pabrik dengan Mudah

Cara Reset HP Samsung A31 – Sama seperti smartphone lainnya, ponsel Galaxy A31 juga tak terelakkan dari masalah dan error. Jika masalah yang menimpa ponsel hanyalah masalah ringan seperti HP Samsung A31 lemot, ngelag, memori penuh, ataupun lupa pola, maka kamu bisa mengatasinya dengan melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik.

Seperti yang kita tahu, bahwa reset pabrik bisa mengatasi masalah mayoritas ringan yang menimpa HP Galaxy A31.

Dan bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana langkah-langkah reset ulang ponsel Galaxy A31 ini, maka kamu sudah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, saya akan berbagi tentang cara reset HP Samsung A31 ke setelan pabrik.

Ada dua metode reset pabrik yang akan saya jelaskan dalam artikel ini, yakni:

  1. Reset ulang melalui pengaturan.
  2. Hard reset dengan tombol melalui recovery mode.

Sebelum melanjutkan, saya ingin memperingatkan bahwa tindakan reset ulang akan menghapus seluruh data dalam ponsel. Jadi pastikan untuk melakukan backup data seperti backup foto, video, dokumen, backup kontak, dan lain sebagainya.

Cara Reset HP Samsung A31 di Menu Pengaturan

Peringatan: Sebelum melanjutkan, sebaiknya hapus akun google yang tersinkron di HP terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari kasus HP Samsung A31 lupa akun google setelah reset.

  • Langkah pertama yakni masuk ke menu pengaturan atau “Settings“.
  • Selanjutnya scroll ke bawah, dan cari menu “General management“.
  • Lalu scroll ke bawah lagi dan pilih menu “Reset“.
  • Kemudian pilih menu “Factory data reset“.
  • Lalu scroll sampai ke bagian paling bawah dan pilih tombol “Reset“.
  • Setelah itu masukkan pola, sandi atau PIN kunci layar (jika ada).
  • Terakhir, klik tombok “Delete all“.

Setelah semua langkah di atas berhasil dijalankan, maka HP Samsung A31 akan mulai melakukan reset dan setelah itu ponsel akan restart secara otomatis.

Cara Hard Reset Samsung A31 via Recovery Mode

Tutorial hard reset Samsung A31 di bawah ini ditujukan untuk ponsel yang berada dalam keadaan normal dan tidak terkunci layar nya karena lupa pola.

Jika misalnya kamu ingin melakukan hard reset untuk menghapus kunci pola, silahkan baca tutorial ini: Cara Membuka HP Samsung A31 yang Lupa Pola.

Sekarang simak langkah-langkah reset HP Samsung A31 via recovery mode berikut ini.

• Pertama, silahkan matikan HP Samsung A31 mu.

• Setelah HP dalam keadaan mati, silahkan tekan dan tahan tombol Volume Atas + tombol Power secara bersama-sama sampai masuk ke recovery mode seperti ini.

Cara reset HP Samsung A31 dengan tombol

Catatan: Dalam mode recovery seperti di atas, gunakan tombol volume untuk navigasi naik turun dan tombol power untuk klik OK/konfirmasi.

• Untuk melakukan hard reset Samsung A31, silahkan pilih menu “Wipe data/factory reset“. Kemudian pilih menu “Factory data reset“.

Cara hard reset Samsung A31 via recovery mode

• Silahkan tunggu sampai proses hard reset Samsung A31 via recovery mode ini selesai. Jika sudah muncul tulisan “Data wipe complete“, artinya wipe data sudah selesai.

• Sekarang pilih menu “Reboot system now” untuk restart HP Samsung A31 ke pengaturan awal.

• Proses booting (restart) untuk pertama kali setelah hard reset biasanya agak lama, jadi silahkan ditunggu saja sampai restart selesai dan HP Samsung A31 masuk ke tampilan pengaturan awal.

• Sampai disini sudah selesai sekarang kamu hanya perlu setting bahasa, negara, jaringan, akun google dan lain sebagainya.

HP Samsung A31 Minta Verifikasi Pola/Sandi Setelah Reset?

Ketika muncul tampilan yang meminta verifikasi kunci pola, PIN ataupun password saat melakukan pengaturan awal, maka cukup abaikan saja, dan pilih menu “Gunakan akun Google saya” atau “Use my Google Account Instead” untuk masuk ke menu utama HP Samsung A31 dengan akun google yang sebelumnya tersinkron di HP.

Gimana Jika Lupa Akun Google Tersebut?

Jika misalnya kamu mengalami masalah lupa email dan password akun google yang tersinkron di Samsung A31, maka kamu perlu melakukan bypass FRP untuk melewati verifikasi akun google tersebut. Silahkan baca caranya disini: Cara Bypass FRP Samsung A31 yg Lupa Akun Google.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang tutorial mereset ulang Samsung A31. Saya harap artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin bisa mengembalikan HP Galaxy A31 ke pengaturan pabrik untuk mengatasi masalah seperti Hp lemot, memori penuh, lag dan sebagainya.

Jika masih ada yang belum jelas, silahkan tanya di komentar.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.