Cara Reset HP Samsung M11 ke Pengaturan Pabrik, 100% Sukses!

Cara Reset Samsung M11 – Dirilis pada bulan Mei 2020, smartphone Galaxy M11 hadir dengan varian RAM 3GB dan 4GB, dan ditenagai oleh dapur pacu berupa chipset Snapdragon 450 (14 nm), CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 506.

Ponsel ini berjalan pada OS Android 10 dan One UI 3.1. Pada sektor daya, Samsung tak lupa membekali ponsel ini dengan baterai Li-Ion 5000 mAh.

Seiring berjalannya waktu, pasti ada saja masalah yang menimpa ponsel Samsung M11 ini, misalnya seperti..

  • HP Samsung M11 lupa pola, lupa password ataupun lupa PIN kunci layar.
  • HP Samsung M11 sering ngelag dan cepas panas.
  • Aplikasi sering error dan muncul notif “Sayangnya, aplikasi telah berhenti“.
  • HP Samsung M11 mulai lemot dan performa menurun.
  • Memori penyimpanan yang cepat penuh.Samsung M11 yang terkunci layarnya karena lupa sandi.

Dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin memperbaiki permasalahan ringan seperti di atas, kamu bisa mencoba cara reset HP Samsung M11 ke pengaturan pabrik yang saya tulis dalam artikel ini.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa reset ulang Samsung M11 dapat memperbaiki masalah sistem yang menimpa ponsel, asalkan bukan masalah yang berat seperti HP Samsung M11 bootloop, macet logo, mati total, atau kerusakan hardware seperti EMMC lemah.

Selain mengatasi berbagai masalah, reset pabrik Samsung M11 juga hal yang wajib dilakukan ketika ponsel akan dijual.

Dengan melakukan reset ulang, maka semua data dalam ponsel akan terhapus sehingga data pribadi kamu tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar 2 metode untuk reset ulang, yakni:

  • Cara reset Galaxy M11 lewat menu pengaturan sistem.
  • Cara hard reset Samsung M11 dengan tombol via recovery mode.

Cara Reset Samsung M11 di Menu Pengaturan

Metode yang pertama ini merupakan cara yang paling mudah untuk melakukan reset pabrik Samsung M11, karena tidak perlu trik atau cara rahasia yang bikin ribet.

Sebelum melanjutkan, saya ingin memperingatkan bahwa reset HP Samsung M11 menyebabkan seluruh data terhapus dan hilang. Silahkan lakukan backup data terlebih dahulu, seperti backup kontak HP, foto, dokumen dan lain sebagainya.

Selain itu, jangan lupa untuk menghapus akun google yang tersinkron di HP Samsung Galaxy M11. Caranya kamu bisa pergi ke menu Pengaturan > Akun, lalu hapus akun google yang masih ada.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kasus lupa akun google setelah reset, karena nantinya setelah reset ulang kamu akan disuruh melakukan verifikasi akun google agar bisa masuk ke menu utama.

Itulah kenapa menghapus akun google di Samsung M11 sangat penting agar HP tidak terkunci FRP setelah reset.

Setelah semuanya siap, sekarang simak tutorial nya berikut ini.

  • Pertama, silahkan masuk ke menu “Pengaturan“.
  • Kemudian scroll ke bawah dan pilih “Manajemen umum“.
  • Lalu pilih “Reset“.
  • Selanjutnya pilih “Reset Data Pabrik“.
  • Setelah itu pilih “Reset” lagi.
  • Dan terakhir, pilih “Hapus semua“.

Setelah langkah di atas berhasil dilakukan, selanjutnya HP akan restart dengan sendirinya. Tunggu sampai restart selesai dan ponsel memasuki layar pengaturan awal.

Selanjutnya lakukan pengaturan awal seperti memilih bahasa, mengatur jaringan, dan setelan lainnya.

Cara Hard Reset Samsung M11 Lupa Pola, PIN & Sandi

Untuk kamu yang mengalami lupa pola, password atau PIN kunci layar, maka cara hard reset Samsung M11 ini merupakan solusi ampuh untuk mengatasi nya.

Hard reset merupakan metode reset ponsel dengan kombinasi tombol untuk masuk ke recovery mode dan kemudian melakukan factory reset. Cara ini adalah alternatif ketika HP terkunci dan tidak bisa masuk ke menu pengaturan sistem.

Normalnya, HP Samsung M11 yang terkunci layar nya tidak bisa dilakukan hard reset dengan cara normal, karena pabrikan Samsung sudah mendesain agar HP tidak bisa dimatikan ketika layar terkunci.

Padahal, mematikan HP adalah langkah pertama dalam melakukan hard reset.

Itulah kenapa, dikarenakan tidak bisa hard reset menggunakan cara normal, maka diperlukan cara khusus untuk hard reset Samsung M11 yang lupa kunci layar.

Simak tutorialnya berikut ini.

Langkah Hard Reset Samsung M11 Lupa Kunci Layar

• Pertama, matikan HP Samsung M11 dengan cara menekan dan menahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan sampai HP bergetar, lalu mati.

• Setelah HP mati, lepaskan kedua tombol tersebut dan tunggu sampai muncul logo “Samsung Galaxy M11“.

• Ketika sudah muncul logo “Samsung Galaxy M11“, langsung matikan HP lagi dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.

• Kemudian ketika logo Samsung sudah hilang, langsung dengan cepat berpindah dengan menekan tombol Volume Atas + tombol Power.

• Tahan kedua tombol tersebut, dan ketika muncul logo “Samsung Galaxy M11” lagi, silahkan lepaskan tombol Power dan tetap menahan tombol Volume Atas sampai masuk ke recovery mode seperti di bawah ini.

Cara reset hp Samsung M11 lupa pola sandi

Catatan: Dalam mode recovery, silahkan pakai tombol volume atas dan bawah untuk navigasi, dan tombol power untuk konfirmasi/OK.

• Karena sudah berhasil masuk ke recovery mode Samsung M11, maka saatnya kita melakukan reset ulang. Silahkan pilih “Wipe data/factory reset“. Selanjutnya pilih “Factory data reset“.

Cara hard reset Samsung M11 lupa password terkunci pola

• Silahkan tunggu sampai proses reset pabrik Samsung M11 via recovery mode ini selesai. Jika sudah muncul tulisan “Data wipe complete“, artinya wipe data sudah selesai.

• Sekarang pilih “Reboot system now” untuk restart HP Samsung M11.

• Proses booting (restart) untuk pertama kali setelah hard reset Samsung M11 biasanya agak lama, jadi silahkan ditunggu saja sampai restart selesai dan HP masuk ke tampilan pengaturan awal.

Sudah Reset Tapi HP Masih Minta Kunci Pola/PIN/Sandi?

Setelah restart selesai dan masuk ke menu setelan awal, biasanya di awal akan muncul notif seperti ini.

terjadi percobaan tanpa otorisasi Samsung M11

Silahkan klik “OK” dan lakukan pengaturan awal seperti setting bahasa, jaringan dan lain sebagainya.

Jika saat melakukan setting HP masih meminta kunci pola, sandi atau PIN, maka abaikan saja dan pilih menu “Gunakan akun Google saya” untuk membuka HP Samsung M11 menggunakan akun google yang sebelumnya tersinkron di smartphone.

Gimana Jika Lupa Akun Google Setelah Reset?

Jika misalnya kamu malah lupa email google yang tersinkron di Samsung M11, tak usah khawatir karena ada cara untuk mengatasinya. Silahkan baca artikel Cara Mengatasi Samsung M11 yg Lupa Akun Google ini.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel kali ini tentang cara mereset HP Samsung M11 ke setelan pabrik.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin mengatasi permasalahan pada smartphone Samsung M11 seperti lupa password, aplikasi error, HP lemot dan lain sebagainya.

Jika masih ada langkah-langkah yang belum dimengerti, jangan sungkan untuk bertanya di komentar. Saya akan berusaha memberikan solusi yang terbaik.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.