Inilah 2 Cara Reset HP Sony Xperia Z3, Gampang Banget!

Cara Reset Sony Xperia Z3 – Seperti smartphone pada umumnya, Sony Xperia Z3 juga bisa mengalami masalah dan error seiring lamanya masa pakai.

Khusus untuk masalah sistem yang ringan seperti HP lemot, ngelag, aplikasi error, memori penuh, Sony Xperia Z3 bootloop/mentok logo ataupun Sony Xperia Z3 lupa pola, maka kamu bisa melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik untuk mengatasi masalah ringan tersebut.

Jadi simak terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah reset pabrik Sony Xperia Z3.

Sekilas tentang Sony Xperia Z3, ponsel ini berjalan pada OS Android 4.4.4 Kitkat yang bisa diupgrade ke Android 6.0 Marshmallow. Pada sisi dapur pacu, Xperia Z3 mengandalkan chipset Snapdragon 801, CPU Quad-core 2.5 GHz Krait 400 dan RAM 3GB.

Dilihat dari spesifikasi nya pun, HP Sony Xperia Z3 ini sudah termasuk HP jadul. Jadi wajar bila sewaktu-waktu ponsel ini mengalami masalah seperti sistem error, lag, lemot, hang, bootloop ataupun Sony Xperia Z3 lupa sandi.

Untuk itulah, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara reset HP Sony Xperia Z3 ke pengaturan pabrik agar bisa mengatasi masalah ringan seperti di atas.

Terdapat dua metode reset yang bisa kamu coba, yakni reset melalui menu pengaturan, dan yang kedua yaitu hard reset Sony Xperia Z3 via recovery mode.

Simak tutorialnya berikut ini.

Cara Reset HP Sony Xperia Z3 di Pengaturan

Metode yang pertama ini cocok untuk mengatasi masalah HP lemot, aplikasi berhenti sendiri, memori penuh, lag dan masalah ringan lainnya. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan pergi ke menu “Pengaturan“.
  2. Selanjutnya pilih menu “Backup dan Reset“.
  3. Kemudian pilih “Factory data reset“.
  4. Terakhir, pilih “Erase all“.

Setelah itu HP akan mulai reset dan kamu hanya perlu menunggu sampai proses reset selesai dan HP masuk ke menu pengaturan awal. Sampai disini, reset HP Xperia Z3 melalui menu pengaturan sudah selesai.

Cara Hard Reset Sony Xperia Z3 via Recovery Mode

Hard reset Sony Xperia Z3 berguna ketika HP tidak bisa masuk ke menu pengaturan, entah itu karena HP Sony Xperia Z3 lupa pola, bootloop, hang, stuck logo ataupun masalah lainnya, maka reset ulang dengan tombol merupakan solusi ampuh.

Simak caranya di bawah ini.

• Pertama, silahkan matikan HP Sony Xperia Z3 terlebih dahulu.

• Setelah HP Sony Xperia Z3 berada dalam keadaan mati, silahkan tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan sampai muncul logo Sony, lalu lepaskan kedua tombol tersebut.

• Tunggu sampai HP Sony Xperia Z3 masuk ke recovery mode seperti ini.

Cara hard reset sony xperia z3 lupa pola

Gambar hanyalah contoh.

Catatan: Dalam mode recovery seperti di atas, gunakan tombol volume untuk navigasi naik turun dan tombol power untuk klik OK/konfirmasi.

• Untuk melakukan hard reset, silahkan pilih menu “Wipe data/factory reset“. Kemudian pilih menu “Yes — delete all user data“.

• Tunggu sampai muncul tulisan “Data wipe complete” di bagian bawah.

• Setelah selesai, silahkan pilih “Reboot system now” untuk restart HP Sony Xperia Z3 ke pengaturan awal. Sampai disini, hard reset Sony Xperia Z3 sudah selesai.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara reset ulang Sony Xperia Z3. Saya yakin kamu bisa melakukan reset HP Sony Xperia Z3 seperti di atas dengan mudah asalkan kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Jika masih ada yang belum jelas, silahkan tanya di komentar.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.