Gampang! Cara Reset HP Oppo A1k ke Pengaturan Pabrik (100% Work)

Apakah kamu lagi nyari gimana cara reset HP Oppo A1k? Kamu sudah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kamu akan belajar tentang bagaimana cara merestart ulang ponsel Oppo A1k ke pengaturan pabrik. Baca artikel ini sampai selesai ya!

Ponsel Oppo A1k ini dirilis pada bulan Mei 2019, dibekali dengan RAM 2GB dan memori internal 32GB. Di bagian dapur pacu, Oppo A1k menggunakan chipset Mediatek Helio P22, prossesor Octa-core dan PowerVR G8320 sebagai pengolah grafis nya.

Untuk jaman sekarang ini, spesifikasi di atas masih cukuplah buat sehari-hari. Tapi jika HP Oppo A1k mulai lemot, buka aplikasi ngelag, dan memori internal cepat penuh, maka sudah saatnya kamu reset ulang HP Oppo A1k ke setelan pabrik agar kembali seperti baru.

Oh iya, mereset ulang HP juga bisa mengatasi Oppo A1k yang lupa password atau layar terkunci lho! Karena dengan reset, kamu bisa hapus kunci pola/password pada smartphone ini.

Dalam artikel ini kamu akan mempelajari 2 cara reset Oppo A1k, yaitu:

  1. Reset Oppo A1k lewat menu pengaturan.
  2. Reset Oppo A1k dengan tombol (lewat menu recovery mode).

Warning: Sangat dianjurkan untuk backup data sebelum reset HP, karena reset akan menghapus semua data. Dan jangan lupa catat/backup email & password Akun Google, karena nantinya kamu akan diminta verifikasi akun google setelah reset berhasil.

Cara Reset HP Oppo A1k di Menu Pengaturan

Reset Oppo A1k ke setelan pabrik lewat pengaturan ini adalah cara yang paling gampang dan tidak ribet, sangat cocok bagi kamu yang HP Oppo A1k nya yang tidak terkunci layar, tidak lupa password dan tidak mentok logo.

Cara reset Oppo A1k di menu pengaturan ini ditujukan untuk HP Oppo yang menggunakan Color OS versi 6.0 ke atas. Kamu bisa cek versi Color OS di menu Pengaturan » Tentang Ponsel.

Jika HP Oppo A1k kamu menggunakan versi Color OS yang berbeda, kamu masih bisa mengikuti tutorial ini, hanya saja nama menu pengaturan nya mungkin sedikit berbeda, tapi intinya sih sama saja.

Langkah Factory Reset HP Oppo A1k

• Buka menu “Pengaturan“.

• Lalu pilih “Pengaturan Tambahan“.

• Kemudian pilih “Buat Cadangan dan Reset“.

• Selanjutnya pilih “Reset ke Data Pabrik“.

• Untuk mereset HP Oppo A1k, ada 3 pilihan yang bisa kamu pilih..

  1. Reset Pengaturan Sistem Saja: Pilihan ini hanya mereset ulang pengaturan sistem saja, tanpa menghapus data HP Oppo A1k.
  2. Hapus Data Aplikasi yang Diunduh dan Data Aplikasinya: Pilihan ini akan menghapus semua aplikasi yang bukan bawaan HP dan semua datanya, kecuali file aplikasi yang disimpan oleh kamu, misalnya foto, video ataupun dokumen.
  3. Bersihkan Semua Data: Pilihan ini akan menghapus seluruh data dalam HP Oppo A1k, termasuk pengaturan sistem, aplikasi, game, foto, file, video, dokumen dan lainnya.

• Pilih saja pilihan reset ulang yang sesuai kebutuhan kamu.

• Jika kamu ingin reset hp Oppo A1k tanpa menghapus data, silahkan pilih “Reset Pengaturan Sistem Saja“. Ini hanya akan mengatur ulang pengaturan sistem saja, dan data tidak akan hilang.

• Jika kamu ingin reset ulang Oppo A1k dengan tetap mempertahankan file dari aplikasi yang akan dihapus, misalnya seperti foto dan video WhatsApp, maka pilih opsi kedua ini: “Hapus Data Aplikasi yang Diunduh dan Data Aplikasinya“.

• Jika kamu ingin reset ulang Oppo A1k ke pengaturan pabrik secara total, silahkan pilih “Bersihkan Semua Data“.

• Kemudian kamu hanya tinggal menunggu sampai proses reset selesai, dan HP Oppo A1k kamu akan restart dan memulai ulang. Selesai!

Referensi: https://support.oppo.com/id/answer/?aid=neu403

Cara Mereset Ulang Oppo A1k dengan Tombol

Cara reset ponsel Oppo A1k yang kedua ini dikhususkan untuk HP yang tidak bisa masuk ke homescreen, dan cara ini dangat cocok untuk mereset HP Oppo A1k lupa password, lupa pola ataupun layar terkunci.

Cara Hard Reset Oppo A1k

• Pertama, silahkan matikan ponsel Oppo kamu.

• Selanjutnya saat Oppo A1k dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol power + tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik, sampai muncul logo Oppo.

• Tunggu beberapa saat sampai HP Oppo masuk ke recovery mode (ColorOS Recovery).

• Akan muncul tampilan untuk memilih bahasa, pilih “English“. Kamu bisa pake tombol volume atas/bawah untuk navigasi, dan tombol power untuk konfirmasi.

cara reset ulang Oppo A1k ke pengaturan pabrik

• Selanjutnya pilih Wipe data » Format Data. Lalu akan muncul notif: “Formatting the data partition will erase all user information“, pilih OK untuk melanjutkan.

Cara reset hp Oppo A1k lupa password

• Tunggu sampai proses reset (wipe data) selesai. Jika sudah selesai, nanti akan kembali ke layar awal ColorOS Recovery dan pilih “Reboot” untuk me-restart hp Oppo A1k.

• Tunggu sampai proses booting selesai dan muncul tampilan wizard setting. Sampai disini proses reset sudah berhasil. Selanjutnya tinggal lakukan pengaturan awal seperti lokasi, tema, bahasa, akun google, dll.

Baca Juga:

Akhir Kata

Begitulah tutorial untuk merestart ulang Oppo A1k ke settingan pabrik agar kembali terasa seperti baru. Semoga panduan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, dan jangan sungkan untuk bertanya di komentar jika ada yang belum jelas.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.