Cara Reset HP Samsung M10 yang Lupa Password, Pola & PIN

Hard Reset Samsung M10 – Masalah lupa password, PIN ataupun pola kunci layar memang tidak ada habisnya. Pengguna smartphone Samsung M10 juga manusia, yang mana sudah menjadi tabiat bahwa manusia itu sering kelupaan.

Itulah kenapa, saya menulis artikel ini untuk kamu yang sedang mencari cara membuka HP Samsung M10 yang terkunci karena lupa pola, sandi dan PIN. Simak terus artikel cara reset HP Samsung M10 ini sampai selesai ya.

Dikutip dari GSMArena.com, smartphone Samsung Galaxy M10 ini dipersenjatai dengan dapur pacu berupa chipset Exynos 7870 Octa (14 nm), CPU Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53 dan berjalan pada Android 8.1 serta bisa diupgrade ke Android 9. Sedangkan pada bagian RAM, HP ini hadir dengan varian RAM 2GB dan 3GB.

Kembali ke masalah HP terkunci, untuk mengatasi HP Samsung Galaxy M10 lupa pola, maka kita akan menggunakan cara reset HP Samsung M10 lewat recovery mode sebagai solusi ampuh untuk mengatasinya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa reset ulang Samsung M10 ke pengaturan pabrik itu cukup ampuh dalam mengatasi masalah sistem pada smartphone, misalnya seperti HP lemot, memori penuh, aplikasi error dan tentu saja juga bisa menghapus kunci pola yang lupa di Samsung M10.

Tak perlu basa-basi lagi, silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Hard Reset Samsung M10 Lupa Pola, Sandi dan PIN

Langkah pertama untuk hard reset HP Samsung model terbaru yaitu dengan cara mematikan Hp, kemudian menekan dan tahan tombol volume atas + power secara bersamaan, setelah itu HP Samsung akan masuk ke recovery mode.

Di mode recovery inilah kita akan melakukan wipe data atau reset ulang.

Tapi, cara di atas tidak bisa diterapkan pada HP Samsung Galaxy M10 yang lupa kunci pola, sandi ataupun PIN. Karena HP Samsung model terbaru sudah dirancang agar HP tidak bisa dimatikan saat layar terkunci.

Padahal agar bisa mengakses recovery mode dan melakukan hard reset, HP Samsung harus dalam keadaan mati terlebih dahulu.

Itulah kenapa cara normal yang saya jelaskan di atas tidak work untuk HP Galaxy M10 yang lupa password kunci layar.

Tapi kamu tak perlu sedih dulu, karena ada trik ampuh untuk mereset HP Samsung Galaxy M10 yang terkunci karena lupa password, PIN dan pola.

Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Reset Samsung M10 Lupa Password via Recovery Mode

• Pertama, siapkan kabel charger yang biasa digunakan untuk mengecas HP.

• Lalu colokkan HP Samsung M10 ke charger untuk dicas. Agar triknya berhasil, disarankan untuk menghubungkan bagian charger USB ke laptop (ngecas nya pake laptop/PC bro, bukan stopkontak).

• Kemudian pada saat layar HP hidup, tekan dan tahan tombol volume atas + volume bawah + tombol power secara bersamaan agak lama.

• Setelah itu layar akan mati dan muncul indikator pengisian daya, yang menandakan bahwa ponsel sedang mengecas dalam keadaan mati. Sampai disini, kita sudah berhasil mematikan ponsel Samsung M10 dan kamu bisa cabut chargernya.

• Sekarang saatnya kita masuk ke mode recovery Samsung M10, caranya tekan dan tahan tombol volume atas + tombol power secara bersama-sama.

Lepaskan tombol power ketika sudah muncul logo Samsung Galaxy M10, tetapi tombol volume atas masih tetap ditekan, sampai masuk ke tampilan recovery mode seperti ini.

Cara reset hp samsung m10 terkunci pola

Catatan: Dalam mode recovery ini, gunakan tombol power untuk konfirmasi OK dan tombol volume atas-bawah untuk navigasi naik-turun.

• Setelah sukses masuk ke mode recovery, saatnya melakukan reset Samsung M10 ke pengaturan pabrik. Silahkan pilih “Wipe data/factory reset“. Setelah itu lanjutkan dengan pilih “Factory data reset“.

Cara hard reset samsung m10 lupa pola sandi

• Tunggu sampai proses wipe data selesai. Jika sudah selesai, selanjutnya pilih “Reboot system now” untuk restart HP Samsung M10.

• Proses restart untuk pertama kali setelah reset biasanya membutuhkan waktu yang agak lama, jadi silahkan ditunggu. Saat reboot selesai, HP Samsung M10 akan masuk ke layar pengaturan awal.

Ketika HP sudah masuk ke tampilan setup awal, maka akan muncul notif seperti ini.

FRP terkunci setelah hard reset

Notif di atas memberi tahu kita bahwa HP Samsung M10 telah direset ulang secara paksa lewat recovery mode. Notif seperti di atas akan selalu muncul setelah HP Galaxy M10 dilakukan hard reset. Cukup klik “OK” untuk melanjutkan.

Selanjutnya kamu hanya perlu melakukan setting bahasa, jaringan seluler dan lain-lain.

Ketika muncul tampilan yang meminta kunci pola, PIN ataupun password saat melakukan pengaturan awal, silahkan abaikan saja dan pilih menu “Gunakan akun Google saya” atau “Use my Google account instead” untuk membuka HP Samsung M10 dengan akun google yang sebelumnya tersinkron.

Tapi gimana jika kamu malah lupa akun google tersebut? Tenang saja, jika lupa email google, kamu hanya perlu melakukan bypass FRP. Baca Cara Bypass Akun Google di Samsung M10 ini.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah tutorial kali ini tentang cara reset HP Samsung M10 yang terkunci pola, password dan PIN.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang ingin membuka HP Samsung M10 yang lupa kunci pola, PIN maupun sandi.

Jika masih ada yang kebingungan dan ada hal yang belum, silahkan tanyakan di kolom komentar ya.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.