Inilah Cara Reset HP Samsung M30s Paling Mudah, 100% Sukses!

Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari 2 cara reset HP Samsung M30s ke pengaturan pabrik, yaitu:

  1. Reset HP Samsung M30s via menu pengaturan.
  2. Hard reset Samsung M30s dengan tombol via recovery mode.

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui bagaimana cara reset Samsung M30s dengan benar ya.

Seperti yang kita ketahui bahwa sejak zaman HP Android jadul, reset ulang merupakan solusi ampuh dari berbagai permasalahan yang dialami smartphone. Reset pabrik cukup manjur untuk mengatasi masalah dan error sistem yang ringan seperti..

  • Mengatasi HP Samsung M30s yang lupa pola, lupa sandi dan lupa PIN kunci layar.
  • Melegakan memori penyimpanan yang penuh.
  • Mengatasi HP Samsung M30s yang lemot, sering ngelag atau cepat panas.
  • Meningkatkan kinerja dan performa karena HP telah direset ulang kembali seperti baru.
  • Mengatasi aplikasi error dan keluar sendiri (force close).
  • Mengatasi Samsung M30s restart sendiri.

Dan masih banyak lagi.

Jadi selama masalahnya yang ringan-ringan seperti di atas, maka reset HP Samsung M30s sudah lebih dari cukup untuk memperbaiki error yang ada.

Selama itu bukan masalah serius seperti Samsung M30s bootloop, macet logo, mati total atau hardware rusak, maka kamu bisa mengatasi masalah smartphone secara mandiri tanpa harus pergi ke tempat servis.

Peringatan: Reset HP akan menghapus seluruh data dalam ponsel. Lakukan backup data jika memungkinkan. Dengan melanjutkan, saya asumsikan bahwa kamu sudah sadar dan paham bahwa reset pabrik mengakibatkan kehilangan seluruh data di smartphone.

Tanpa perlu basa-basi lagi, simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Reset HP Samsung M30s di Menu Pengaturan

Cara yang pertama ini ditujukan bagi kamu yang masih bisa mengakses menu utama ponsel, dengan kata lain HP Samsung M30s tidak terkunci layarnya, tidak lupa pola atau password.

Oh iya, sebelum lanjut, silahkan backup data terlebih dahulu dan jangan lupa untuk menghapus akun google yang tertaut agar nantinya HP tidak terkunci FRP setelah reset.

Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu “Pengaturan“.
  2. Kemudian scroll ke bawah dan pilih “Manajemen umum“.
  3. Lalu pilih “Reset“.
  4. Selanjutnya pilih “Reset Data Pabrik“.
  5. Setelah itu pilih “Reset” lagi.
  6. Dan terakhir, pilih “Hapus semua“.

Setelah langkah di atas berhasil dilakukan, selanjutnya HP akan restart dengan sendirinya. Tunggu sampai restart selesai dan ponsel memasuki layar pengaturan awal.

Selanjutnya lakukan pengaturan awal seperti memilih bahasa, mengatur jaringan, dan setelan lainnya.

Cara Hard Reset Samsung M30s Lupa Pola, Password, PIN

Ketika HP Samsung M30s terkunci password, pola ataupun PIN, maka pengguna tidak bisa masuk ke menu utama dan mengakses pengaturan sistem untuk melakukan factory reset seperti pada cara pertama di atas.

Itulah kenapa, pabrikan Samsung merancang metode hard reset Samsung M30s untuk memberi jalan bagi pengguna yang ingin melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik ketika HP terkunci.

Normalnya, HP Samsung M30s yang terkunci layar nya tidak bisa dilakukan hard reset dengan cara normal. Oleh karena itu, diperlukan cara khusus untuk hard reset Galaxy M30s yang lupa kunci layar.

Simak langkah-langkahnya berikut ini.

• Pertama, silahkan tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan sampai layar mati dan muncul logo “Samsung Galaxy M30s“. Lepaskan kedua tombol tersebut, dan tunggu sampai muncul logo “Samsung” kecil.

• Ketika sudah muncul logo “Samsung” kecil, langsung dengan cepat tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power lagi secara bersamaan sampai logo “Samsung” kecilnya hilang.

• Saat logo “Samsung” kecilnya hilang, langsung dengan cepat berpindah menekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan.

• Jika sudah muncul logo “Samsung Galaxy M30s“, lepaskan tombol power dan tetap tahan tombol Volume Atas sampai masuk ke recovery mode seperti ini.

Cara reset hp samsung M30s lupa pola pin

• Karena sudah berhasil masuk ke recovery mode Samsung M30s, maka saatnya kita melakukan reset ulang.

• Silahkan gunakan tombol volume bawah untuk berpindah ke menu “Wipe data/factory reset“. Pencet tombol power 1x untuk OK/konfirmasi.

Cara hard reset samsung M30s lupa password terkunci

• Selanjutnya pilih “Factory data reset” dengan menekan volume bawah 1x dan pencet tombol power 1x untuk memilih.

• Silahkan tunggu sampai proses reset pabrik Samsung M30s via recovery mode ini selesai. Jika sudah muncul tulisan “Data wipe complete“, artinya wipe data sudah selesai.

• Sekarang pencet tombol power 1x untuk memilih “Reboot system now” untuk restart HP Samsung M30s.

• Proses booting (restart) untuk pertama kali setelah hard reset Samsung Galaxy M30s biasanya agak lama, jadi silahkan ditunggu saja sampai restart selesai dan HP masuk ke tampilan pengaturan awal.

• Setelah restart selesai dan masuk ke menu setelan awal, biasanya di awal akan muncul notif seperti ini.

terjadi percobaan tanpa otorisasi samsung M30s

Silahkan klik “OK” dan lakukan pengaturan awal seperti setting bahasa, jaringan dan lain sebagainya.

Jika saat melakukan setting HP masih meminta kunci pola, sandi atau PIN, maka abaikan saja dan pilih menu “Gunakan akun Google saya” untuk membuka HP Samsung M30s menggunakan akun google yang sebelumnya tersinkron di smartphone.

Jika misalnya kamu malah lupa akun google yang tersinkron di Samsung M30s, tak usah khawatir karena ada cara untuk mengatasinya. Silahkan baca artikel Cara Bypass FRP di Samsung M30s yg Lupa Akun Google ini.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel kali ini tentang cara untuk mereset HP Samsung M30s ke setelan pabrik.

Saya berharap semoga artikel ini bisa berguna bagi kamu yang ingin mengatasi permasalahan pada smartphone Samsung M30s seperti layar terkunci, lupa pola, Hp lemot dan lain sebagainya.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.