Cara Reset HP Samsung M51 yang Lupa Pola, PIN dan Sandi

Kamu sudah datang ke tempat yang tepat jika kamu sedang mencari solusi untuk mengatasi HP Samsung M51 yang terkunci karena lupa pola, lupa password dan lupa PIN kunci layar. Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari tentang cara hard reset Samsung M51 via recovery mode untuk mengatasi masalah di Samsung M51, termasuk lupa kunc layar.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa cara reset hp Samsung M51 berguna untuk mengatasi beragam masalah pada smartphone, diantaranya seperti:

  1. HP Samsung M51 lemot dan ngelag.
  2. HP Samsung M51 aplikasi nya sering keluar sendiri (force close) dan error.
  3. HP Samsung M51 sering restart sendiri.
  4. HP Samsung M51 lupa sandi, lupa pola atau lupa PIN kunci layar.
  5. Memori penyimpanan penuh.

Dan masih banyak lagi.

Jadi cara reset Samsung M51 memang hal yang wajib kamu ketahui, terutama dalam memperbaiki permasalahan sistem yang ringan seperti HP lemot, lag, aplikasi error dan lupa pola.

Jika reset ulang berhasil mengatasi masalah yang ada, maka tak perlu repot-repot flashing dengan PC atau membawa HP ke tukang servis.

Simak langkah-langkah reset pabrik Samsung M51 yang lupa pola berikut ini.

Cara Hard Reset Samsung M51 Lupa Pola

Cara hard reset Samsung sebenarnya sangat mudah.

Langkah pertama yakni mematikan HP, lalu tekan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut sampai masuk ke recovery mode, lalu pilih menu wipe data/factory reset > Yes. Selesai.

Cara di atas adalah cara normal dalam melakukan hard reset, dengan syarat bahwa HP Samsung Galaxy M51 kamu tidak lupa pola, lupa PIN dan tidak terkunci layarnya.

Sekarang masalahnya adalah, HP Samsung keluaran terbaru tidak bisa dimatikan ketika layar terkunci pola. Padahal mematikan ponsel merupakan langkah pertama untuk masuk ke recovery mode, dan di recovery mode inilah kita akan melakukan hard reset.

Jika langkah pertama saja tidak bisa, tentunya langkah berikutnya juga tidak bisa.

Itulah kenapa, HP Samsung M51 yang lupa sandi, pola atau PIN kunci layar tidak bisa dilakukan hard reset menggunakan cara normal. Perlu cara khusus untuk hard reset Samsung M51 yang terkunci layar nya.

Simak tutorialnya berikut ini.

PERINGATAN: Tindakan reset ulang akan menghapus seluruh data dalam ponsel.

Jika sebelumnya kamu tidak pernah melakukan backup data seperti backup kontak, foto, video, dokumen dan file penting lainnya, maka semua data tersebut akan hilang setelah reset.

Langkah 1: Masuk Recovery Mode

• Pertama, colokkan ponsel ke charger dan cas HP Samsung M51 menggunakan PC/Laptop.

• Saat HP dalam keadaan sedang mengecas tersebut, silahkan tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersama-sama.

• Ketika HP mulai mati, lepaskan kedua tombol tersebut dan langsung dengan cepat berpindah menekan dan menahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan.

• Jika sudah muncul logo Samsung Galaxy M51, lepaskan tombol Power dan tetap tahan tombol Volume Atas sampai masuk ke recovery mode seperti ini.

Cara hard reset Samsung M51 lupa pola sandi

• Jika cara di atas belum berhasil, silahkan gunakan kombinasi lain. Kamu bisa lihat caranya dalam artikel ini: Cara Masuk Recovery Mode HP Samsung yg Tidak Bisa Dimatikan.

Catatan: Dalam mode recovery, layar sentuh tidak akan berfungsi. Gantinya, silahkan pakai tombol Volume Atas Bawah untuk navigasi dan tombol Power untuk konfirmasi.

Langkah 2: Wipe Data

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, tentunya langkah selanjutnya yaitu melakukan wipe data alias reset ulang.

• Untuk hard reset, silahkan pilih menu “Wipe data/factory reset“. Kemudian lanjutkan dengan memilih “Factory data reset“.

Cara reset hp Samsung M51 terkunci pola

• Selanjutnya tunggu sampai proses wiping data selesai. Jika sudah muncul tulisan “Data wipe complete“, maka artinya wipe data sudah selesai.

• Kemudian lakukan restart HP Samsung M51 dengan cara memilih “Reboot system now“, lalu HP akan restart ke tampilan pengaturan awal.

• Setelah berhasil masuk ke tampilan pengaturan awal, lakukan pengaturan seperti memilih bahasa, jaringan dan lain sebagainya.

Sudah Reset, Tapi HP Masih Minta Kunci Pola?

Setelah HP restart ke pengaturan awal sehabis reset, biasanya akan muncul notif seperti di bawah ini pada saat masuk ke pengaturan jaringan Wi-Fi.

Notif FRP terkunci setelah hard reset Samsung M51

Abaikan saja pemberitahuan seperti di atas. Cukup klik “OK” untuk melanjutkan dan sambungkan HP ke jaringan Wi-Fi atau data seluler.

Jika HP Samsung M51 masih meminta kunci layar pada saat melakukan pengaturan awal, cukup abaikan saja dan pilih menu “Gunakan akun Google saya” untuk membuka ponsel menggunakan akun google yang sebelumnya tersinkron di Samsung M51.

Bagaimana Jika Lupa Akun Google nya?

Lupa akun google setelah reset HP Samsung M51 memang hal yang cukup sering terjadi. Tapi tenang saja, karena ada cara untuk mengatasi nya.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah bypass FRP saja dan HP akan bisa dibuka kembali. Silahkan baca tutorialnya disini: Cara Bypass FRP Samsung M51 (Android 11).

Baca Juga:

Akhir Kata

Nah begitulah tutorial tentang cara untuk mereset HP Galaxy M51 yang lupa kunci layar via recovery mode. Semoga artikel ini bisa berguna bagi kamu yang ingin membuka pola HP Samsung M51 yang terkunci.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.