3 Cara Screenshot HP Oppo (Semua Tipe) Paling Mudah

Jika anda pengguna HP Oppo yang belum tahu tentang cara screenshot atau membuat tangkapan layar di HP Oppo, maka silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Karena melalui artikel ini, androdot.net akan berbagi tentang beberapa cara screenshot di HP Oppo yang bisa anda coba. Tutorialnya cukup mudah, selama anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Seperti yang kita tahu, bahwa fitur screenshot pada ponsel Oppo merupakan fitur yang sangat berguna. Dengan fitur screenshot ini, anda bisa mengabadikan tampilan layar HP Oppo seperti screenshot game, riwayat percakapan, artikel web, dan lain sebagainya.

Untuk pemula, ternyata masih banyak yang belum tahu tentang cara SS di Hp Oppo, khususnya user yang masih gaptek seperti emak2, bapak2, boomer, dll.. yah intinya orang gaptek lah.

Maka dari itu, tutorial ini akan sangat berguna bagi anda yang masih belum tahu mengenai cara screenshot di HP Oppo. Simak tutorial nya berikut ini.

Cara Screenshot di HP Oppo

Catatan: Cara SS ini bisa diterapkan pada semua tipe HP Oppo, seperti Oppo A3s, Oppo A15, Oppo A37, Oppo A54, Oppo Reno 5, Oppo F11, Oppo A12, Oppo A5s, Oppo Neo 7 dan semua tipe HP Oppo baik itu keluaran jadul ataupun yang terbaru.

Ada banyak metode yang bisa anda gunakan untuk melakukan screenshot, diantaranya yakni dengan menggunakan kombinasi tombol, usap tiga jari, smart sidebar, dan lain sebagainya.

Semua metode tersebut akan dijelaskan di bawah ini, jadi anda bisa memilih metode mana yang paling nyaman untuk dipakai.

1. Cara Screenshot HP Oppo dengan Kombinasi Tombol

  1. Pertama, silahkan buka tampilan layar yang ingin di-ss, misalnya seperti chat WA, game, halaman web, dll.
  2. Selanjutnya tekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  3. Kemudian akan muncul suara memotret dan tangkapan layar berhasil diabadikan.
  4. Selesai! Sekarang kmu bisa melihat hasil screenshot nya di aplikasi Foto / Photos.

Cara yang pertama ini merupakan metode yang paling mudah, karena anda tidak perlu setting ini-itu terlebih dahulu. Namun, cara ini memiliki kekurangan yakni dapat mengurangi umur pakai tombol tersebut, jika terlalu sering digunakan.

2. Cara Screenshot 3 Jari di HP Oppo

Cara screenshot hp Oppo tanpa tombol power ini merupakan metode yang paling banyak dipakai, dan juga tidak akan mengurangi masa pakai tombol power karena kita hanya perlu mengusap 3 jari saja jika ingin melakukan screensbot.

Untuk mengaktifkannya, anda perlu mengatur nya di bagian Pengaturan screenshot Oppo dengan 3 jari, simak langkah-langkahnya bawah ini.

• Pertama, silahkan buka menu “Pengaturan/Settings“.

• Kemudian scroll ke bawah dan cari menu “Smart & Convenient” atau “Convenience tools” (nama menu bisa berbeda tergantung tipe HP Oppo).

cara screenshot hp Oppo tanpa tombol power

• Lalu pilih menu “Gesture & Motion“. Jika tidak ada, silahkan cari menu “Screenshot” (sekali lagi, nama menu bisa berbeda tergantung tipe HP Oppo).

• Selanjutnya aktifkan opsi “3-Finger Screenshot” atau “3-finger swipe down“.

Pengaturan screenshot Oppo dengan 3 jari

3. Cara Screenshot HP Oppo dengan Smart Sidebar

Smart Sidebar, atau bahasa indonesia nya Bilah Pintar, merupakan fitur shortcut atau jalan pintas yang memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah screenshot.

  1. Pertama, silahkan buka menu “Pengaturan” atau “Settings“.
  2. Selanjutnya scroll ke bawah dan klik menu “Smart & Convenient” atau “Convenience tools“.
  3. Lalu pilih menu “Smart Sidebar“, dan aktifkan toggle “Smart Sidebar“.
  4. Setelah fitur tersebut diaktifkan, akan muncul garis putih melayang di pinggir layar.
  5. Selanjutnya jika ingin melakukan screenshot, silahkan buka tampilan layar yang ingin di-ss.
  6. Lalu tarik garis putih yang muncul ke tengah.
  7. Terakhir, tap menu Screenshot.

Cara Screenshot Panjang di HP Oppo

Sama seperti smartphone Android masa kini lainnya, semua ponsel Oppo juga dibekali dengan fitur screenshot panjang atau screenshot full page.

Fitur ini sangat berguna bila kamu ingin mengambil tampilan layar seperti riwayat chat yang panjang, halaman artikel di website, screenshot beranda sosmed, dan lain sebagainya.

Caranya pun sangat mudah, silahkan ikuti tutorialnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan lakukan screenshot seperti biasa. Kamu bisa memilih metode screenshot manapun paling mudah yang sudah saya jelaskan di atas tadi.
  2. Ketika sudah muncul gambar pratinjau ukuran kecil, silahkan dengan cepat klik menu “Scroll” atau “Long Screenshot” yang ada di bawahnya.
  3. Kemudian Hp Oppo akan melakukan screenshot panjang secara otomatis.
  4. Kamu bisa mengatur berapa panjangnya dengan mengklik tombol Centang (✓) jika sudah dirasa cukup.
  5. Jika sudah selesai, klik tombol Centang (✓) lagi untuk menyimpan screenshot tersebut.

Baca Juga:

Akhir Kata

Nah, sekian dari saya. Semoga tutorial tentang cara mengambil tangkapan layar di Hp Oppo ini dapat bermanfaat bagi anda yang masih awam. Jika masih ada yang belum jelas, silahkan bertanya di komentar.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.