Begini Cara Share Lokasi di WhatsApp, Ternyata Gampang Banget!

Cara share lokasi di aplikasi WhatsApp sebenarnya cukup mudah. Fitur media sosial WhatsApp atau WA sudah menyediakan fitur yang berfungsi mengirimkan dan menerima lokasi dengan memanfaatkan peta Google Maps.

Jika Anda bisa menggunakannya, pencarian teman di tempat jauh menjadi lebih mudah. Jika ternyata fitur tidak ditemukan, mungkin aplikasi WhatsApp anda perluuntuk di-update .

Keistimewaan dari fitur-fitur ini ialah sudah berjalan di sistem multi-platform. Artinya, proses pencarian lokasi tetap bisa dilakukan sekalipun perangkat smartphone yang digunakan user berbeda-beda.

Contohnya, proses pengiriman lokasi dari Android ke IOS. Biar lebih jelas, berikut ini saya bagikan cara share lokasi di aplikasi WhatsApp dengan fitur-fitur tersebut, yaitu..

Cara Share Lokasi/Posisi Terkini di WhatsApp

1. Menggunakan Share Live Location

Share live location merupakan fitur WhatsApp untuk membagikan arah lokasi terkini secara real time. Karena akurasinya yang bagus, fitur ini disebut juga fitur pelacak. Keistimewaannya adalah bisa memonitor lokasi di manapun Anda berada.

Baca Juga:

  1. Cara Mengirim Pesan WA Tanpa Menyimpan Nomor
  2. Cara Menghapus Akun WhatsApp Secara Permanen
  3. Cara Mengatasi Pesan WhatsApp yang Pending

Sedangkan durasi yang dibutuhkan tergantung kebutuhan pengguna. Ada yang lama bisa juga pencarian dengan durasi pendek. Berikut ini tutorial singkatnya, yaitu:

  • Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  • Buka bagian percakapan/chatting atau grup WA yang ingin anda kirim lokasi terkini. Pilih percakapan yang telah Anda lakukan dengan orang yang ingin Anda kirimi lokasi.
  • Lalu tekan bagian sudut kanan kolom untuk menulis, di sana ada ikon berbentuk pinnest untuk menyertakan lampiran. Klik, maka muncul beberapa pilihan lampiran.

Cara Share Lokasi di WhatsApp

  • Pilih “Location“.
  • Selanjutnya Anda harus menghidupkan GPS.
  • Lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Langsung saja klik “Share live location”.

cara kirim lokasi ke whatsapp

  • Pilih rentang waktu nya berapa lama lokasi live akan dibagikan. Anda juga bisa menambahkan beberapa komentar.

cara menambahkan lokasi di status wa

  • Terakhir tekan tombol hijau untuk send/kirim.

Selesai..!!

Beginilah hasilnya..

cara share lokasi terkini di whatsapp

Dengan begitu anda sudah mengirim lokasi terkini secara live, anda juga bisa menghentikan pembagian lokasinya dengan mengklik tombol “Stop sharing”.

2. Menggunakan Fitur “Send Your Current Location”

Send your current location adalah fitur pencari lokasi WA khusus saat ini saja. Lokasi yang dibagikan sifatnya tidak real time, melainkan menginformasikan lokasi di posisi pencarian pertama saja.

Jika Anda berpindah tempat, info lokasi yang muncul tetap area yang pertama. Selain itu, anda juga bisa mengirimkan lokasi lain. Caranya tidak berbeda dengan cara yang pertama, sangat mudah.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi WhatsApp .
  • Jangan lupa aktifkan GPS terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka ruang chatting atau grup WA yang ingin anda kirimi lokasi.
  • Pilih ikon attachment/lampiran.

Cara Share Lokasi di WhatsApp

  • Selanjutnya pilih “Location”.
  • Kemudian akan muncul tampilan peta seperti di bawah ini.

cara share lokasi tempat lain di wa

  • Langsung saja klik “Send your current location” untuk mengirimkan lokasi terkini di WA. Hasilnya nanti akan terlihat seperti ini..

cara share lokasi tempat lain di whatsapp

Anda juga bisa mengirimkan lokasi tempat lain atau tempat terdekat dengan anda, tinggal gulir saja ke bawah untuk mencari daftar lokasi terdekat.

Selesai! Bagaimana? Sangat mudah kan?

Semua cara di atas bisa Anda coba dan pilih mana yang paling sesuai kebutuhan. Namun pastikan bahwa di lokasi Anda berada, tersedia jaringan yang memadai.

Sebab untuk membagikan lokasi tentunya berkaitan dengan Google Map yang memang agak berat loading-nya.

Demikian beberapa cara share lokasi di aplikasi WhatsApp yang membuat Anda tidak bingung lagi ketika mencari posisi atau mengirimkan posisi Anda sendiri.

Dengan tutorial ini, pertemuan dengan kerabat dan sahabat yang jauh menjadi lebih mudah, tanpa harus berputar-putar yang melelahkan. Sebuah tutorial yang menurut saya memang layak untuk dibagikan untuk orang awam.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share artikel ini kepada kerabat atau teman anda yang masih awam dalam menggunakan WhatsApp, saya yakin mereka akan sangat terbantu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *