17 Game MMORPG Terbaik di HP Android (2024), Dijamin Seru!

Kamu mau cari game baru buat dimainin di HP Android? Kalo kamu suka banget sama game RPG Online dan pengen merasain sensasi main bareng-bareng, pastiin kamu lihat dulu nih daftar 17 game MMORPG terbaik di HP Android yang bakalan kita bahas.

Game MMORPG emang udah enggak asing lagi di kalangan para gamers di seluruh dunia.

Game-game ini bikin kita bisa berpetualang, jadi pahlawan, dan ngelawan monster-monster seram sambil mabar sama temen party.

Ada banyak sekali game MMORPG yang bertebaran di Playstore, yang pastinya bikin para gamers bingung mau mainin yang mana.

Tapi tenang saja sob, karena dalam artikel ini androdot.net sudah merangkum daftar 17 game MMORPG petualangan yang seru untuk kamu mainkan ya sob.

17 Game MMORPG Terbaik Android 2024 yang Wajib Kamu Mainkan!

Game MMORPG Terbaik Android
Image by DrMedYourRasenn from Pixabay

1. Albion Online

Jadi, game Albion Online itu ceritanya di dunia abad pertengahan gitu, ngikutin legenda Arthur, dengan tambahan elemen strategi perang juga.

Keren deh pokoknya, udah bisa dimainin dalam 11 bahasa dan ada lebih dari 10 juta pemain terdaftar.

Gameplay di Albion Online menggunakan sistem tanpa kelas. Jadi, kemampuan karakter tergantung dari perlengkapan yang dipilih.

Kalo kamu sering jalan-jalan di dunia Albion dan kumpulin “Fame” (mirip kaya “Experience” di MMORPG lain), Fame-nya bisa kamu tuker dengan jenis senjata dan baju zirah yang lebih kuat.

Tentunya, semakin hebat perlengkapannya, semakin tinggi Fame yang dibutuhin. Banyak juga tempat di peta yang bisa dieksplorasi, tapi hati-hati, ada zona-zona PVP dengan level risiko dan reward yang beda-beda.

Ada zona Kuning, Merah, dan Hitam; kalo kamu mati di zona Merah atau Hitam, semua barang kamu bisa diambil musuh. Serem tapi seru!

2. Tower of Fantasy

Tower of Fantasy adalah game MMORPG yang dikembangkan oleh developer Level Infinite dan Hotta Studio. Game ini juga bisa dimainin di berbagai platform sekaligus, termasuk Android.

Tower of Fantasy menggunakan setting ratusan tahun di masa depan. Ceritanya tuh, lingkungan bumi udah hancur dan manusia terpaksa cabut ke planet Aida.

Game ini punya art dan ilustrasi yang keren abis, kayak anime gitu. Kalo kamu main, bakal seru abis deh, bisa explore dan bertarung di map Open World dengan petualangan yang mengasyikkan.

3. Skylore

Ini nih game MMORPG ringan di Android yang enggak kalah serunya. Dalam Skylore, kamu bisa jalan-jalan ke dunia magis yang penuh fantasi dan karakter-karakter seru.

Ada beberapa ras karakter yang bisa kamu pilih, dan tentunya, tiap karakter punya gaya bertarung dan skill yang beda-beda.

Saat berpetualang, kamu juga bisa beli item atau perlengkapan tempur buat nambah kekuatan karakter kamu.

Selain itu, ada 8 wilayah atau map utama dengan 50 lokasi unik yang bakal bikin game kamu makin seru dan menantang!

4. MapleStory M

Kalo kamu lagi pengen main game MMORPG petualangan, coba deh MapleStory M. Game ini diadaptasi dari franchise MMORPG asli yang legendaris banget!

Di MapleStory M, kamu bakal kembali ke dunia Maple dan ketemu lagi sama semua karakter dan monster yang udah kamu kenal.

Kamu bisa pilih jadi salah satu dari 5 karakter yang unik dan hunting di Dungeon Harian buat dapetin harta.

Tingkatin level kamu, jalan-jalan ke tempat baru, dan main bareng temen-temen buat kalahin para boss yang nungguin! Seru banget coy!

5. The Legend of Neverland

Selanjutnya adalah The Legend of Neverland. Game ini dibikin sama GameArk Global dan rilis tanggal 28 Juni 2021. Selain itu, game ini telah diunduh sebanyak 1 juta kali sejak perilisannya.

Grafis game ini emang oke banget dan permainannya asyik buat dieksplor. Sistem pertarungannya juga seru. Cuma sayangnya animasinya agak kaku, jadi bisa bikin pengalaman mainnya kurang enak.

Tapi jangan khawatir, efek skill-nya masih bisa keliatan kok.

Tapi tau nggak, game ini punya fitur yang beda dari game MMORPG lainnya. Kamu bisa dapetin pendapatan atau barang-drop walaupun lagi AFK! Dan kostum yang ada di game ini juga bervariasi banget, jadi bisa bikin karakter kamu tampil beda dari yang lain.

Pokoknya buat kamu yang mau nyoba game baru, buruan download The Legend of Neverland di HP kamu!

6. SAO Integral Factor

Kalo kamu demen nonton anime, pasti udah nggak asing deh sama Sword Art Online. Nah, sekarang anime ini juga ada versi gamenya, loh! Namanya Sword Art Online: Integral Factor atau disingkat SAO IF.

SAO IF merupakan game MMORPG untuk Android dan iOS yang sudah dirilis sejak tanggal 23 September 2017. Game ini menyuguhkan pertarungan melawan monster dan boss dalam setiap event dan lantai, dengan sistem party atau tim.

Gamenya keren banget bro! Grafiknya juga nggak kalah bagus sama ceritanya yang seru dan bikin penasaran.

Kamu bisa merasakan gimana sih jadi Kirito yang terjebak di dunia Sword Art Online dan harus berjuang buat keluar dari sana.

Cuman yang bikin minus dari game ini adalah sistem gacha skill yang terkadang terasa ampas, dan kalau mau dapetin equipment bagus, kamu harus habisin waktu buat grinding.

7. Black Desert Mobile

Game Black Desert ini udah populer banget, ada di PS4, Xbox One, PC, dan bahkan di PS5 dan Xbox X. Khusus buat kamu yang suka main game di HP, bisa coba mainin Black Desert Mobile nih, yang beda dikit sama versi aslinya tapi tetep asik dan fresh.

Dalam game ini, kamu bisa explore dunia sendirian atau sama temen, dan bisa juga nantangin pemain lain dalam pertarungan 1 lawan 1.

Agar karakter kamu kuat, jangan lupa persenjatain dia dengan senjata dan peralatan yang memadai. Ada juga fitur autoplay yang bisa bikin karakter kamu bertualang secara otomatis.

Tampilan combat dalam game ini seru banget, kamu harus pinter-pinter waktu untuk melawan musuh dan monster. Nah, overall, game ini sangat asik dan menantang buat dimainin.

8. Ragnarok X: Next Generation

Ragnarok jadi game klasik favorit banget buat para gamer. Makanya, banyak yang heboh dengan kehadiran game baru Ragnarok X Next Generation.

Game ini bukan cuma buat bernostalgia aja, tapi cocok buat para gamer. Baik buat yang udah master maupun pemula. Nah, kalo kamu penasaran, simak dulu review Ragnarok X Next Generation berikut.

Main Ragnarok X: Next Generation itu bener-bener bikin kita flashback ke masa lalu yang seru banget. Pasalnya, game ini dibuat ulang dengan mempertahankan cerita, karakter, gameplay, serta setting tempat sesuai dengan aslinya.

Selain ceritanya yang bikin kangen, kualitas grafis 3D-nya juga keren banget. Karakternya imut dan lucu dengan gaya anime.

Animasinya juga lancar dan skill-nya keren-keren banget. Jadi, bakal seru banget buat main game ini seharian penuh!

9. Legacy of Discord: Furious Wings

Legacy of Discord adalah game MMORPG yang menawarkan opsi untuk bertarung melawan monster iblis atau pemain lain.

Terdapat mode PvE dan PvP yang memungkinkan pemain memilih apa yang mereka suka. Setelah memilih karakter, pemain akan melalui tutorial dan harus meningkatkan Battle Rating mereka agar semakin kuat.

Grafisnya menakjubkan dengan efek yang bikin gameplay semakin menarik. Pemain dapat mengeksplorasi cerita melalui mode PvE, atau bersaing dengan pemain lain dalam arena dalam mode PvP.

Overall, game ini cukup menghibur dan menawarkan pengalaman gaming yang memukau.

10. Toram Online

Toram Online adalah game MMORPG yang dirilis pada 2015 untuk Android dan iOS. Game ini memiliki mekanisme gameplay standar di mana kamu dituntut untuk grinding demi menaikkan level.

Ceritanya lumayan klise ala anime, kamu bakal berperang melawan monster jahat yang mengusik orang baik. Grafis-nya keren banget, gaya anime-nya dipadu dengan grafis 3D plus kamera yang bisa diputar 360°.

Karaktermu bisa di-custom mulai dari kepala sampe tinggi badan loh! Meskipun enggak punya sistem Class, tapi kamu bisa pilih sendiri senjata yang mau dipakai, kayak sword, staf, knuckle, bow, atau halberd.

11. Ni no Kuni: Cross Worlds

Game Ni No Kuni: Cross Worlds ini asalnya dari franchise JRPG yang emang ngehits. Di game ini, kamu bisa memainkan karakter mu di dunia magis yang luas dengan beragam kerajaan.

Ada job/class macem Swordsman, Witch, Rogue, Engineer dan Destroyer yang bisa kamu custom sesuka hati, serta ada familiar-familiar yang bisa bantuin lo pas battle.

Game Ni no Kuni: Cross Worlds ini juga mempunyai map Open World yang dirender dengan teknologi Unreal Engine. Seru banget deh gameplay action RPG-nya!

12. Avabel Online

Kamu tahu ga sih game keren namanya Avabel Online? Grafisnya 3D banget, bikin nagih buat dimainin.

Dalam bertahun-tahun, game ini tambah keren banget dengan banyak konten dan item yang bisa kamu pilih buat karakter kamu. Bisa main co-op dan PvP mode juga.

Asik banget deh, kamu bisa berburu monster dan quest di menara utama dan dungeon di MO Field, atau main PvP dan berebut menara dengan ribuan pemain lainnya secara real-time!

13. Yong Heroes

Yong Heroes adalah game mobile auto MMORPG yang menawarkan pengalaman bermain game yang mudah dengan grafik 3D yang baik dan berbagai karakter yang imut.

Dalam Yong Heroes, kamu akan memainkan karakter yang melakukan serangkaian quest secara otomatis.

Sistem auto ini membuat gameplay menjadi lebih mudah dimainkan, terutama bagi para pemain yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu dan usaha dalam game.

Kamu dapat menyelesaikan quest dengan cepat dan efisien, sambil menikmati grafis yang bagus dan karakter yang menggemaskan.

14. V4

Nexon telah merilis game MMORPG terbaru bernama V4 pada 23 Juli 2020. Dikembangkan oleh Nat Games dengan menggunakan Unreal Engine 4, game ini dapat dimainkan di PC dan perangkat mobile.

V4 adalah game fantasi MMORPG gratis yang memungkinkan pemain untuk menyesuaikan karakter mereka dan memperjuangkan dunia dari kegelapan. Game ini berlatar di dunia terbuka Syllunas yang menarik.

Dalam V4, terdapat enam kelas yang difokuskan pada serangan, yaitu Enchantress, Slayer, Gunslinger, Knight, Boomblade, dan Warlord.

Setiap kelas didesain untuk jenis kelamin tertentu dan mampu menimbulkan kerusakan maksimal saat melewati lingkungan yang menarik.

V4 menawarkan pengalaman bermain MMORPG mobile yang menarik. Fitur autoplay dapat menguntungkan atau merugikan permainan, tergantung kapan dan di mana game dimainkan.

15. Dragon Raja

Dragon Raja adalah game MMORPG mobile yang memiliki grafis yang mengesankan dan tema futuristik.

Visual yang memukau menjadi daya tarik utama game ini bagi para penggemar, dengan grafis yang sebanding dengan game MMORPG yang dimainkan di PC.

Selain daya tarik visual yang menawan, Dragon Raja juga menawarkan fitur kustomisasi karakter yang menarik yang memungkinkan pemain untuk membuat karakter mereka sendiri dengan fitur dan preferensi yang unik.

Sistem pertarungan di game ini juga menjadi daya tarik utama, dengan pemain menghadapi bos dan naga yang kuat di setiap level.

16. Tales of Wind

Tales of Wind ini adalah versi barat dari game PC klasik MMORPG, Laplace M. Game ini sebenernya mayoritas dimainin sendiri, tapi ada juga inovasi kecil yang bikin seru loh.

Game dimulai dengan tutorial yang udah dikasih cerita dan adegan, bahkan suaranya juga loh. Meskipun suaranya agak nggak enak didengar, tapi tetep asik.

Awalnya sih, keliatannya kayak game MMORPG lainnya yang main otomatis. Tapi, setelah kamu membuka fitur Kingdom, semuanya berubah.

Misi yang bener-bener seru biasanya berbasis tim, dan misi sendirian nggak terlalu banyak.

Misi yang bisa kamu lakuin mulai dari jelajah dungeon sampe misi yang melibatkan banyak player sekaligus. Ada juga banyak variasi misi PvE dan PvP yang bisa kamu pilih.

17. Dragon Hunters: Heroes Legend

Dragon Hunters: Heroes Legend adalah game MMORPG terbaru buatan TTHmobi yang memiliki grafis yang cantik dan nuansa tropis yang kental.

Pemain dapat menjelajahi area pantai dan lautan yang megah, serta memulai petualangan panjang di berbagai level dan kluster yang luas.

Game ini menawarkan elemen gameplay MMORPG yang unik, seperti berbagai job baru yang dapat dipilih dan fitur-fitur yang membuat pengalaman bermain terasa fresh.

Game ini tetap layak dicoba bagi mereka yang mencari game MMORPG dengan grafis yang cantik dan gameplay yang cukup unik. Selain itu, game ini juga dapat dimainkan secara gratis di platform mobile.

Akhir Kata

Nah, itu dia daftar 17 game MMORPG terbaik buat kamu yang pengen main di HP Android! Dijamin bakal bikin petualangan mu makin seru dan bikin kecanduan.

Mukai dari grafik yang memukau hingga cerita yang mendebarkan, semuanya siap memberikan pengalaman bermain game yang tak terlupakan. Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *