Keren Boss! Ini Daftar 11 Game MOBA Terbaik di Android 2018

Akhir-akhir ini Game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) sangat populer di kalangan para gamers. Siapa sih yang gak kenal dengan jenis game yang satu ini?

Game bergenre MOBA ini semakin mendapat tempat di hati para gamers dunia. Apalagi yang berprofesi sebagai Youtuber Gaming, selain hobi, mereka pun meraup keuntungan dari nge-game.

Game bergenre MOBA awalnya hanya ada di PC saja, contohnya seperti DOTA 2, League of Legends dan lainnya.

Semakin berkembangnya teknologi, kini di ponsel Android pun anda juga bisa memainkan game MOBA. Yang paling terkenal adalah Mobile Legends, AOV dan Vainglory.

Tapi game MOBA terbaik di Android tidak hanya 3 game itu saja lho..

Dalam artikel ini saya akan memberikan daftar 11 game MOBA terbaik yang mirip DoTA2 di Android (ada game MOBA anime juga lho).

Penasaran apa saja yang termasuk game MOBA Android terbaik di dunia? Cek yuk selengkapnya di bawah ini.

Daftar Game MOBA Terbaik di Android, Keren & Seru!

1. Mobile Legends: Bang Bang

Game MOBA Android Yang Mirip DOTA

Siapa yang tak kenal dengan kebesaran nama Mobile Legends: Bang Bang? Game yang dikembangkan oleh Moonton ini sudah dimainkan oleh ratusan jutaan orang di dunia.

Dewasa, anak-anak, remaja, semua kecanduan bermain Mobile Legends. Meski sempat tergeser ke posisi kedua pada Juli 2018, namun saat ini Mobile Legends kembali memuncaki posisi sebagai Top Free in Games di Google Play Store.

Game ini telah dimainkan oleh lebih dari 200 juta pemain. Yang luar biasa, sekitar 50% dari total pengguna dari kawasan Asia Tenggara adalah dari Indonesia.

Hingga bulan Juli, pengguna dari kawasan Asia mencapai 43 juta. Layaklah, dengan jumlah pengguna tersebut jika Mobile Legends Bang Bang merupakan game MOBA terbaik di Android 2018.

Ketenaran game MOBA terbaik yang mirip DOTA2 ini bukan tanpa cacat. Terbukti di kolom komentar Google Play Store, banyak gamer Indonesia yang menumpahkan sumpah serapah gara-gara banyak cheater dan sering lag.

Untuk anda yang sering lag saat main Mobile Legends, coba baca tutorial cara agar tidak lag saat main Mobile Legends ini.

2. Onmyoji Arena

Game MOBA Terbaik Selain Mobile Legends

Bosan dengan Mobile Legends? Mungkin game MOBA yang satu ini cocok untuk dicoba. Onmyoji Arena adalah game MOBA terbaik di android 2018 yang berikutnya.

Game MOBA yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang tergolong wibu alias kejepang-jepangan, pecinta anime. Pasalnya game MOBA ini diangkat dari versi game RTS-nya yang juga dikembangkan oleh NetEase Games.

Telah diunduh di atas angka 1 jutaan, ketenaran game MOBA terbaru di Android ini memposisikannya sebagai salah satu Pilihan Editor di Google Play Store.

Secara permainan, bagi yang biasa main Mobile Legends pasti merasa banyak kemiripan dalam dua game MOBA terbaik di Android 2018 ini. Hanya dari penyebutan dan istilah-istilah saja, hampir semua istilah dalam Onmyoji adalah dari bahasa Jepang.

Misalnya Shikigami untuk Hero, dan Assassins disebut dengan Ninja. Secara grafis, game MOBA wibu ini sangat sempurna dan tak kalah dari Mobile Legends. Penasaran? Silakan dicoba.

3. Garena AOV – Arena Of Valor

Game MOBA Terbaik di Android 2019

Untuk Anda yang mencari game MOBA Android yang mirip DOTA 2, maka Garena AOV adalah jawabannya. Banyak yang berminat memainkan DoTA 2, sayangnya game MOBA tersebut hanya hadir untuk versi PC.

Nah, karena itulah Garena AOV menjadi pelarian dan termasuk sebagai game MOBA terbaik di Android 2018 yang mirip sekali dengan DOTA 2.

Game yang dikembangkan oleh MOBA Games Private Limited ini di Google Play Store telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna. Pada versi terbarunya, setiap tim dalam GARENA AOV terdiri dari 5 pemain dan setiap pemain tersebut bisa memainkan hero yang sama.

Kalau memainkan hero yang sama hebatnya, kompak, tentu seru banget bukan?

4. Heroes Arena

Game MOBA Terbaik di Dunia

Game besutan uCool ini juga telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Masih mengusung kata ‘Arena’ di belakang, game MOBA terbaik di Android ini menyajikan beragam opsi permainan multiplayer. Baik 3v3 maupun 5v5.

Salah satu keunggulan Heroes Arena adalah grafis yang memukau.

Tersedia 3 pilihan; High, Medium dan Low. Smartphone secara default akan memilih opsi grafis terbaik sesuai spesifikasi, karena itu Anda harus menyesuaikan dengan kemampuannya.

Pilihan High cocok untuk ponsel dengan RAM minimal 2GB, sedangkan kalau ponsel hanya memiliki RAM 1GB, cukup dengan kualitas Low saja.

Untuk kontrolnya juga sudah sangat familiar, seperti game MOBA android lainnya. Untuk variasi keseruan, game ini bisa Anda jadikan alternatif atau bahkan pindah haluan dari Mobile Legends.

5. Vainglory

Game MOBA Terbaik Mirip DOTA di Android

Ingin mencari game MOBA terbaik selain Mobile Legends dan AOV? Game Vainglory ini patut anda coba mainkan. Vainglory besutan Super Evil Megacorp termasuk pemain lama di jajaran game MOBA Android terbaik.

Sebagai salah satu game MOBA terbaik online, tentu saja memainkan Vainglory membutuhkan sambungan internet yang stabil.

Game yang sudah bertransformasi menjadi MOBA 5V5 ini pun bisa dimainkan sendirian (solo) maupun dengan tim.

Soal grafik tak diragukan lagi, tampilan Vainglory cukup memukau, wajar saja ukuran game ini sangat besar. Mobile Legends aja kalah soal grafik jika dibandingkan dengan Vainglory.

Bagi Anda yang terbiasa memainkan game MOBA lain yang mana untuk membeli item bisa langsung di tempat, maka di sini lain aturannya. Pembelian item game hanya bisa dilakukan di lokasi khusus berupa toko di markas, maupun di Jungle Shop.

Sangat berbeda dengan Mobile Legends ataupun AOV ya?

Dengan pilihan 37 hero lebih, keseruan main bersama game Vainglory ini tak terbantahkan. Hingga saat ini, Vainglory termasuk di jajaran elit dengan jumlah unduhan mencapai lebih dari 10 juta di Google Play Store.

6. Legendary Heroes

Game MOBA Offline Android Terbaik

Kalau Anda ingin main game MOBA terbaik offline, maka Legendary Heroes dari Monstro adalah salah satunya. Game MOBA ini bisa dimainkan secara offline (tanpa koneksi internet), namun akan lebih seru jika online karena lebih banyak pilihan peta/map.

Alur permainan juga tidak ada perbedaan dari umumnya game MOBA, yaitu bertujuan untuk menghancurkan dan menguasai tower musuh.

Masing-masing hero yang Anda pilih dibekali 4 skill unik yang bisa diterapkan. Selain itu pemain bisa memanfaatkan mode campaign sebagai pelatihan. Mode ini menyajikan 40 maps yang tak kalah serunya.

Bagi Anda yang sambungan internetnya terbatas, maka memainkan game MOBA offline terbaik di android ini adalah solusi cerdas. Jumlah unduhan game ini telah mencapai lebih dari 5 jutaan.

Jadi, segeralah bergabung untuk merasakan keseruannya.

7. Ace of Arenas

Game MOBA Terbaik 2018 di Android

Meskipun termasuk salah satu dari game MOBA terbaik di dunia, game ini tidak bisa Anda temukan di Play Store. Sebagai alternatifnya Anda bisa mengunjungi situs APK Pure untuk mengunduhnya secara gratis.

Secara umum Ace of Arenas dari Gaea Mobile Limited ini punya banyak kemiripan dengan Mobile Legend maupun AOV. Anda pun bisa memilih dari sekian hero untuk dimainkan.

Demikian juga cara kontrol tak jauh beda. Dari sisi grafis, Ace ov Arenas pun terbilang halus sehingga tak membosankan.

8. Heroes Evolved

Game MOBA Terbaik: Heroes Evolved

Heroes Evolved besutan Reality Squared Games seperti pada umumnya game MOBA, selalu dibandingkan dengan Mobil Legends yang memang menjadi pendahulu. Namun demikian game yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna ini punya sisi perbedaan yang membuat permainan kian seru.

Soal grafis, tidak diragukan lagi kalau Heroes Evolved tak kalah dibanding dengan game MOBA sekelas Mobil Legends dan lainnya.

Salah satu di antaranya adalah kemampuan melakukan teleport ke tower mana pun yang masih aktif. Ini jelas beda sekali dengan Mobile Legends maupun AOV yang hanya bisa teleport ke markas.

Selain itu, dalam game MOBA Android Terbaik 2018 ini, Anda bisa memanfaatkan fitur Fog of War yang berguna untuk memberi suasana gelap pada peta (mirip DOTA2 bro), selain pada area yang terdapat teman kita di sana.

Namun demikian, Anda masih bisa mempermudah permainan dengan melatakkan Observer di area yang gelap.

9. Light x Shadow

Game MOBA Anime Terbaik

Bagi Anda yang termasuk penggemar anime, ingin sensasi game bernuansa anime, maka Light x Shadow adalah pilihan tepat. Game MOBA yang bertema anime ini dikembangkan oleh Electronic Soul dan baru diunduh sekitar 500.000 unduhan dari Google Play Store.

Memang masih kalah jauh jumlahnya dibanding game MOBA terbaik yang lain karena Light x Shadow masih tergolong baru.

Tetapi secara grafis game ini tidak kalah menawan. Banyak mode yang bisa dimainkan dalam Light x Shadow. Uniknya dalam game Light x Shadow ada fitur Switch Character di mana Anda bisa menggunakan karakter yang masih nganggur untuk digunakan.

Pergantian ini bisa terjadi tiap 3 menit. Dan lagi ada fitur Mastery yang sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan hero pilihan.

Ada mode paling unik yang membuat Light x Shadow menungguli game MOBA android terbaik lainnya. Yaitu mode Brawl yang memungkinkan 12 orang bermain dan terbagi dalam 4 tim.

Untuk meningkatkan poin dan memenangkan tim masing-masing, pemain harus membunuh musuh dari tim lain.

Dengan mode saling bermusuhan begini, tentunya permainan jadi makin menegangkan.

10. Heroes of Order & Chaos

Heroes of Order and Chaos

Heroes of Order & Chaos adalah salah satu game MOBA Android terbaik 2018, yang dirilis oleh salah satu perusahaan tenar di bidang game, Gameloft. Versi terbaru dari game ini menyajikan pilihan hingga 60 hero untuk dimainkan.

Tentu suatu petualangan seru bukan? Terbilang baru di platform android, karena game ini neski rilis sejak 2012 hanya diperuntukan bagi perangkat iOS.

Dengan diluncurkannya versi android ini tentu Anda bisa merasakan keseruan bermain MOBA terbaik ini. Apalagi Heroes of Order & Chaos juga bisa dimainkan secara offline.

Jadi bisa menambah koleksi game MOBA terbaik offline untuk android, selain Legendary Heroes. Apalagi game ini secara grafis juga tidak kalah dari Mobile Legends maupun AOV. Bergabunglah dengan para pengguna game ini yang telah berjumlah lebih dari 10 jutaan.

11. Paladins Strike

Game MOBA terbaru di Android

Kalau biasanya game MOBA terbaik android lain ceritanya tak jauh dari soal pertempuran mempertahankan tower maupun menguasai tower musuh, maka game MOBA yang satu ini beda.

Merupakan adaptasi dari versi PC yang merupakan game First Person Shooter (FPS), game Paladins Strike inimengambil sudut pandang top down sebagaimana umumnya MOBA.

Namun tak jauh beda dari versi FPS-nya, pertempuran yang Anda alami di dalam game ini pun menggunakan senjata api. Bukan lagi bertema kekuatan-kekuatan super. Demikian juga dengan kontrolnya yang tidak serta-merta otomatis.

Ada bagian yang mengharuskan Anda mengarahkan serangan secara manual agar tepat mengenai musuh. Sebagai game MOBA terbaik android 2018 selain Mobile Legends, game ini terbilang masih kalah jauh dalam hal grafisnya.

Masih sering lag dan lambat.

Mungkin karena itu pula, jumlah unduhannya masih mencapai 1 jutaan.

Itulah deretan game MOBA terbaik di android 2018 ini yang bisa dijadikan pilihan.

Tinggal pilih, mau yang online ataupun yang offline. Bagi Anda yang sudah terlalu lama main di Mobile Legends, sesekali cobalah game MOBA terbaik selain Mobile Legends agar merasakan sensasi yang variatif.

Jangan lupa pastikan koneksi internet anda stabil, agar saat bermain game MOBA lancar jaya tanpa lag. Jika saat bermain game MOBA mengalami masalah seperti patah-patah ataupun ping merah, cobalah baca tutorial cara menstabilkan koneksi/ping saat bermain game online ini.

Nah, selamat bermain dan jangan lupa share ke teman-teman anda ya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *