Tanpa Root! Ini Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Secara Permanen

Cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) secara permanen pada ponsel Xiaomi bukanlah hal yang sulit. Kebanyakan artikel yang saya temui di Google menjelaskan bagaimana cara menghapus bloatware di HP Xiaomi dengan syarat root ponsel terlebih dahulu.

Bagi anda orang awam dan tidak suka mengoprek hp, melakukan rooting adalah hal yang tabu. Apalagi root hp android bisa menyebabkan garansi hilang.

Lalu bagaimana cara menghilangkan aplikasi bawaan/bloatware Xiaomi tanpa root? Tenang, dalam artikel ini akan saya jelaskan secara rinci bagaimana cara hapus aplikasi sampah di ponsel Xiaomi kalian.

Bagi yang belum tau apa itu bloatware, akan saya jelaskan terlebih dahulu (sebelum membahas caranya lebih lanjut).

Singkatnya, Bloatware adalah aplikasi bawaan di hp android. Tidak hanya hp Xiaomi saja yang memiliki bloatware (aplikasi bawaan), akan tetapi semua hp android dari berbagai macam vendor pasti ada bloatware nya.

Tidak semua aplikasi bloatware itu buruk.

Jika anda membeli ponsel Xiaomi yang bergaransi resmi (biasanya garansi TAM), maka bloatware yang terpasang adalah aplikasi bawaan resmi dari Xiaomi, walaupun beberapa aplikasi tersebut tidak bisa dihapus dengan cara normal.

Sistem Operasi Android juga membawa banyak bloatware, tapi aplikasi bloatware bawaan OS Android ini biasanya aman dan sangat tidak boleh dihapus, kecuali aplikasi bawaan Google seperti Gmail, Hangout, Google Drive, Google Maps, dll.

Sebaliknya, jika anda membeli smartphone Xiaomi yang garansi Distributor, maka jangan heran jika melihat aplikasi bloatware yang tak jelas asal-usulnya, apalagi banyak aplikasi bawaan berbahasa China.

Itu karena ROM Distributor memakai ROM abal-abal, biasanya sudah disusupi aplikasi sampah dan banyak iklan mengganggu yang muncul tiba-tiba. Tentu ini akan menurunkan performa hp android anda. Terlebih jika ponsel anda memiliki RAM di bawah 2 GB.

Pastinya nyesek ya.

Udah gak bisa dihapus (dengan cara normal), nyesekin memori, banyak iklan nya pula. Bikin hp android lemot aja. Bahkan sekalipun anda melakukan hard reset Hp Xiaomi sekalipun, aplikasi bandel ini akan sulit hilang. Memang ROM distributor ini banyak masalahnya.

Sesuai janji saya, untuk mengatasi masalah di atas, akan saya bantu bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan/bloatware secara permanen (tanpa root) agar tidak nyesekin memori lagi.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan/Bloatware Xiaomi Tanpa Root

Sebelum memulai caranya, mari kita persiapkan alat dan bahan terlebih dahulu.

Alat dan Bahan

Tutorial Hapus Bloatware di HP Xiaomi Secara Permanen

  • Silahkan download semua alat dan bahan di atas terlebih dahulu.
  • Install software 15 Seconds ADB Installer dan Xiaomi Android USB Driver pada PC/Laptop Windows anda. Saya yakin anda sudah tau cara installnya, jadi tak perlu saya jelaskan disini.
  • Selanjutnya aktifkan USB Debugging di HP Xiaomi anda. Caranya yaitu pergi ke menu Setting > Additional settings > Developer Options > Aktifkan USB Debugging.
Cara Mengaktifkan USB Debugging Xiaomi

Credit: https://xiaomiadvices.com

  • Bagaimana jika tidak muncul menu Developer Options? Cara memunculkannya yaitu pergi ke menu Settings > About Phone > tap MIUI version sampai muncul tulisan “You are now a developer” atau “Anda sekarang sudah jadi pengembang“. Lebih jelasnya lihat gambar di atas.
  • Sekarang akan saya contohkan bagaimana cara menghapus salah satu aplikasi bawaan Xiaomi, yaitu Browser. Kenapa saya memilih menghapus bloatware ini? Karena saya lebih suka Chrome atau Opera Mini, lagi pula aplikasi Browser ini lebih mirip seperti UCBrowser.

Cara Hapus Aplikasi Browser Xiaomi

  • Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, aplikasi Browser ini tidak bisa di-uninstall dengan cara biasa. Hanya ada tombol Clear data, force stop dan disable.
  • Dan ponsel Redmi Note 4 saya pun juga belum diroot.

HP Xiaomi Belum Root

  • Nah untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa root, sekarang buka aplikasi App Inspector yang sebelumnya sudah anda download dan install. Kegunaan alikasi ini hanya untuk mengetahui info aplikasi, terutama nama package dari sebuah aplikasi.
  • Jika sudah terbuka, akan tampil daftar aplikasi. Silahkan cari aplikasi bawaan yang ingin dihapus secara permanen, contohnya aplikasi Browser.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

  • Sekarang lihat pada bagian Package name, disana terlulis nama package dari bloatware yang ingin anda hapus. Catat nama package ini. Nama package aplikasi Browser ini adalah: com.android.browser

Cara Menghapus Bloatware Android Secara Permanen

  • Setelah mengetahui nama package nya, sekarang beralih ke PC/Laptop anda dan buka folder C:\adb. Pada bagian kosong, tekan tombol SHIFT + Klik kanan, lalu pilih Open command window here.

Buka ADB Fastboot

  • Kemudian akan muncul seperti ini..

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

  • Untuk memastikan perangkat Xiaomi anda sudah terkoneksi ke mode ADB atau tidak, ketik perintah berikut:

adb devices

  • Kemudian tekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.
  • Jika sukses maka akan muncul serial number seperti gambar di bawah ini. Jika belum, pastikan anda sudah mengaktifkan USB Debugging pada hp Xiaomi.

Cara Menghapus Bloatware Xiaomi Permanen Tanpa Root

  • Jika muncul pesan unauthorized, maka perhatikan pada layar hp anda, jika ada notifikasi seperti gambar di bawah ini silahkan klik OK. Selanjutnya ulangi perintah adb devices sampai muncul tulisan attached.

Notif USB Debugging

  • Jika sudah terkoneksi dengan baik, selanjutnya ketik perintah di bawah ini lalu tekan Enter.

adb shell

Cara Hapus Aplikasi Sampah di Android

  • Lalu ketik perintah:

pm uninstall -k –user 0 ‘nama.installer’

  • Contoh: pm uninstall -k –user 0 ‘com.android.browser’. Kemudian tekan Enter pada keyboard.

Cara Menghapus Bloatware Tanpa Root

  • Jika muncul tulisan Success, silahkan restart HP Xiaomi anda.
  • Sampai disini, seharusnya aplikasi bloatware yang ingin dihapus sudah tidak ada lagi di homescreen maupun di daftar aplikasi.

Pesan saya: “Jangan hapus aplikasi system. Jangan sampai salah hapus, karena itu bisa mengakibatkan ponsel anda mengalami bootloop atau kerusakan system. Jika anda ragu dan tidak paham aplikasi tersebut itu apa dan fungsi nya apa, sebaiknya jangan dihapus.”

Baca Juga: Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe 100% Berhasil

Itulah cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root, semoga anda bisa mempraktekkan tutorial ini dengan mudah dan sukses menghapus bloatware dari smartphone.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar. Share artikel ini kepada teman anda, agar manfaat artikel ini tidak hanya terhenti pada diri anda, tapi juga semua orang.

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. jumain berkata:

    mantapp…work gan tanpa harus root…

  2. Filzan berkata:

    Hedeh tpi ribet bgt

  3. Bagus berkata:

    Mantabs Gans…Work 100% gak ribet harus install ini install itu cukup diketik saja aplikasi bandel lenyap

  4. Andri fusa berkata:

    Cara ngembalikan aplikasi system yg di hapus gimana gan??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *