Cara Reset HP Samsung M12 yang Lupa Password, Pola dan PIN

Cara Reset HP Samsung M12 – Hadir pada April 2021, ponsel Galaxy M12 datang dengan OS Android 11 yang menggunakan One UI Core 3.1. Pada sisi dapur pacu, ponsel ini sudah dibekali dengan varian RAM 3GB dan 4GB yang didukung oleh chipset Exynos 850 (8nm) dan CPU Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 4×2.0 GHz Cortex-A55).

Tak peduli mau sebagus apapun spek sebuah smartphone, kesalahan pengguna pasti cukup sering terjadi, misalnya seperti HP Samsung M12 lupa pola, lupa sandi dan lupa PIN kunci layar.

Jika kamu sedang mencari solusi tentang bagaimana cara mengatasi Samsung M12 yang terkunci karena lupa password, maka kamu sudah datang ke tempat yang tepat.

Dalam artikel ini, saya akan berbagi tentang cara hard reset Samsung M12 via recovery mode untuk mengatasi permasalahan pada ponsel, termasuk lupa kunci layar.

Seperti yang kita tahu, bahwa cara reset HP Samsung M12 bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada smartphone tersebut, misalnya seperti:

  1. Mengatasi HP Samsung M12 lupa sandi, lupa PIN dan lupa pola.
  2. Mengatasi HP Samsung M12 lemot dan ngelag.
  3. Membersihkan memori penyimpanan yang penuh.
  4. Mengatasi aplikasi yang keluar sendiri (force close).
  5. Mengatasi HP Samsung M12 restart sendiri.
  6. Membuka Samsung M12 terkunci.

Dan lain sebagainya.

Perlu kamu ketahui, bahwa cara reset ulang Samsung M12 ini hanya bisa mengatasi permasalahan ringan sampai sedang saja, seperti yang saya sebutkan di atas.

Untuk masalah berat seperti HP Samsung M12 yang macet logo, bootloop atau mati total, maka kamu perlu melakukan flashing atau membawa HP ke tukang servis.

Tapi walaupun begitu, reset HP Samsung M12 ke pengaturan pabrik merupakan langkah awal dalam memperbaiki HP yang bermasalah.

Jadi jika reset pabrik berhasil mengatasi masalah yang ada, maka tak perlu repot-repot melakukan flashing atau membawa HP ke tempat servis.

Tak perlu berlama-lama lagi, silahkan sima tutorial hard reset HP Samsung M12 yang lupa password kunci layar berikut ini.

Cara Hard Reset Samsung M12 Lupa Pola

Cara hard reset Samsung adalah hal yang mudah, langkah pertama yakni mematikan HP, kemudian menekan dan menahan tombol Volume Atas + Power bersama-sama sampai masuk ke recovery mode, lalu pilih menu wipe data/factory reset. Selesai.

Yah, gampang banget kan? Itu karena cara di atas adalah cara normal untuk melakukan hard reset. Cara di atas pasti berhasil, dengan syarat bahwa HP Samsung Galaxy M12 kamu tidak terkunci layarnya, tidak lupa pola atau lupa sandi.

Orang gaptek pun bisa melakukannya jika hanya begitu.

Itulah kenapa fokus pembahasan kali ini adalah tentang cara reset Samsung M12 yang lupa pola kunci layar.

Karena HP Samsung Galaxy terbaru sudah dirancang agar tidak bisa dimatikan ketika ponsel masih dalam keadaan layar terkunci. Padahal, mematikan HP adalah langkah awal dalam melakukan hard reset.

Jika ponsel Samsung tidak bisa dimatikan, ya tidak bisa dihard reset.

Maka dari itu, diperlukan cara khusus untuk mereset ponsel Samsung M12 yang terkunci pola, PIN ataupun sandi. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Peringatan: Tindakan hard reset akan menghapus seluruh data dalam ponsel. Lakukan pencadangan data jika masih memungkinkan, seperti backup dokumen, foto, video, backup kontak dan file penting lainnya.

Langkah 1: Masuk Recovery Mode Galaxy M12

• Pertama, siapkan SIM Card yang sudah tersetting PIN. SIM Card ini berfungsi untuk membantu kita dalam mematikan HP Samsung M12. Untuk cara setting PIN pada SIM Card nya, bisa cari sendiri di google.

• Setelah itu masukkan SIM Card tersebut ke ponsel Samsung M12. Selanjutnya layar akan berubah dari menampilkan tampilan kunci layar ke tampilan “Masukkan PIN kartu SIM“.

• Nah, sekarang kita bisa mematikan HP Samsung M12. Silahkan tekan tombol Power agak lama, lalu pilih “Daya mati“.

• Saat HP sudah mati, kamu bisa copot kartu SIM yang sudah tersetting PIN tersebut.

• Selanjutnya siapkan kabel data/charger. Lalu colokkan HP Samsung M12 ke charger USB untuk dicas. Usahakan ngecas nya pakai laptop agar berhasil. Kemudian tunggu sampai muncul indikator presentase pengisian baterai.

• Setelah muncul indikator presentase daya baterai, saatnya masuk ke mode recovery Samsung. Cara nya dengan tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersama-sama.

• Ketika sudah muncul logo Samsung, lepaskan tombol Power dan tetap tekan tombol Volume Atas sampai masuk ke recovery mode seperti ini.

Cara hard reset Samsung M12 lupa pola pin

Catatan: Dalam mode recovery, layar sentuh tidak akan berfungsi. Gantinya, silahkan pakai tombol Volume Atas Bawah untuk navigasi dan tombol Power untuk konfirmasi.

Langkah 2: Wipe Data

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, tentunya langkah selanjutnya yaitu melakukan wipe data alias reset ulang.

• Untuk hard reset, silahkan pilih menu “Wipe data/factory reset“. Kemudian lanjutkan dengan memilih “Factory data reset“.

Cara reset hp Samsung M12 lupa sandi

• Selanjutnya tunggu sampai proses wiping data selesai. Jika sudah muncul tulisan “Data wipe complete“, maka artinya wipe data sudah selesai.

• Kemudian lakukan restart HP Samsung M12 dengan cara memilih “Reboot system now“, lalu HP akan restart ke tampilan pengaturan awal.

• Setelah berhasil masuk ke tampilan pengaturan awal, lakukan pengaturan seperti memilih bahasa, jaringan dan lain sebagainya.

Sudah Reset, Tapi HP Masih Minta Kunci Pola?

Setelah melakukan reset pabrik, biasanya akan muncul notif seperti di bawah ini pada saat masuk ke pengaturan jaringan Wi-Fi di pengaturan awal.

Notif FRP terkunci setelah hard reset Samsung M12

Notif di atas menandakan bawah HP Samsung M12 terkunci FRP nya. Tak perlu panik, Cukup klik “OK” untuk melanjutkan dan sambungkan HP ke jaringan Wi-Fi atau data seluler.

Jika HP Samsung M12 masih meminta kunci pola, sandi atau PIN padahal sudah direset, maka kamu tak perlu cemas. Cukup abaikan saja dan pilih menu “Gunakan akun Google Saya” atau “Use my Google account instead” untuk masuk dengab akun google yang sebelumnya tersinkron di ponsel.

Bagaimana Jika Lupa Akun Google nya?

Memang dalam banyak kasus, setelah hard reset pengguna juga malah lupa akun google yang tersinkron di HP Samsung M12. Tapi tenang saja, karena ada cara untuk mengatasi nya.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah bypass FRP saja dan semua akan beres. Silahkan baca tutorialnya disini: Cara Bypass FRP Samsung M12 yg Lupa Akun Google.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah tutorial kali ini tentang cara reset HP Samsung M12 yang terkunci layarnya karena lupa sandi, lupa PIN ataupun lupa pola.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari solusi untuk mengatasi HP Samsung M12 yang lupa pola. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.