Cara Hard Reset Samsung M30 Lupa Pola (100% Work)

Hard Reset Samsung M30 – Sebagai manusia, merupakan hal yang wajar bila sering kelupaan, mulai dari lupa naruh barang, lupa makan, atau lupa sama mantan.

Sama halnya dengan pengguna Samsung Galaxy M30, kasus lupa pola, lupa password dan lupa PIN kunci layar cukup sering terjadi.

Jika kamu ingin mengatasi Samsung M30 yang lupa sandi kunci layar, maka kamu sudah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kamu akan belajar bagaimana cara reset HP Samsung M30 dengan tombol via recovery mode untuk membuka pola HP Samsung M30 yang lupa.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa reset ulang Samsung M30 ke pengaturan pabrik bisa mengatasi berbagai macam masalah sistem, tak hanya lupa kunci layar saja.

Cara hard reset Samsung M30 bisa berguna untuk mengatasi:

  1. HP Samsung M30 lupa pola kunci layar.
  2. HP Samsung M30 mulai lemot dan performa menurun.
  3. HP Samsung M30 sering ngelag dan cepat panas.
  4. HP Samsung M30 hang, atau layar macet.
  5. Memori penyimpanan penuh.
  6. Aplikasi keluar sendiri atau sering error.

Dan lain sebagainya.

Selain memperbaiki masalah, reset HP Samsung Galaxy M30 juga merupakan hal yang wajib ketika ponsel akan dijual kembali. Karena banyak data pribadi dalam ponsel, maka wajib direset ulang aja data tersebut tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Silahkan simak tutorial hard reset Samsung M30 via recovery mode berikut ini.

Perhatian: Tindakan reset pabrik akan menghapus seluruh data dalam HP. Lakukan backup data jika masih sempat, misalnya seperti backup kontak, video, foto, dokumen dan file penting lainnya.

Cara Reset HP Samsung M30 Lupa Pola, Sandi dan PIN

Tutorial di bawah ini dibuat berdasarkan asumsi bahwa ponsel Samsung M30 terkunci karena lupa kunci layar. Jadi caranya memang agak berbeda dengan cara normal untuk hard reset HP Samsung.

Simak langkah-langkahnya berikut ini.

• Pertama, pastikan layar HP menampilkan wallpaper lockscreen. Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.

• Setelah layar HP mati, lalu berkedip dan muncul logo Samsung Galaxy, silahkan dengan cepat berpindah dengan menekan dan menahan tombol Volume Atas + Power sampai masuk ke recovery mode.

Cara reset hp Samsung M30 lupa pola pin

• Jika misalnya cara di atas belum berhasil, silahkan coba berbagai cara untuk memasuki mode recovery seperti yang sudah saya tulis di artikel ini: Cara Masuk ke Recovery Mode di HP Samsung.

Catatan: Dalam mode recovery, layar sentuh tidak akan berfungsi. Gantinya, silahkan pakai tombol Volume Atas Bawah untuk navigasi dan tombol Power untuk konfirmasi.

• Setelah berhasil masuk ke recovery mode, tentunya langkah selanjutnya yaitu melakukan wipe data alias reset ulang.

• Untuk reset pabrik Samsung M30, silahkan pilih menu “Wipe data/factory reset“. Kemudian lanjutkan dengan memilih “Factory data reset“.

Cara hard reset Samsung M30 lupa password

• Selanjutnya tunggu sampai proses wiping data selesai. Jika sudah muncul tulisan “Data wipe complete“, maka artinya wipe data sudah selesai.

• Kemudian lakukan restart HP Samsung M30 dengan cara memilih “Reboot system now“, lalu HP akan restart ke tampilan pengaturan awal.

• Setelah berhasil masuk ke tampilan pengaturan awal, lakukan pengaturan seperti memilih bahasa, jaringan dan lain sebagainya.

HP Masih Minta Kunci Pola Walau Sudah Hard Reset?

Setelah hard reset lewat recovery mode, biasanya akan muncul notif seperti di bawah ini pada saat masuk ke pengaturan jaringan Wi-Fi.

Notif FRP terkunci setelah hard reset Samsung M30

Kamu tak perlu khawatir, karena HP Samsung M30 hanya terkunci FRP saja. Cukup klik OK untuk melanjutkan dan sambungkan HP ke jaringan Wi-Fi atau data seluler.

Jika HP Samsung M30 masih meminta kunci pola, sandi atau PIN padahal sudah direset, maka kamu tak perlu panik.

Cukup abaikan saja dan pilih menu “Gunakan akun Google Saya” / “Use my Google Account instead” untuk membuka HP Samsung Galaxy M30 menggunakan akun google yang sebelumnya tersinkron di HP.

Gimana Jika Lupa Akun Google Tersebut?

Masalah lupa email setelah reset ini memang cukup sering terjadi. Tapi tenang saja, karena ada cara untuk mengatasi nya.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah bypass FRP saja dan semua akan beres. Silahkan baca tutorialnya disini: Cara Bypass FRP di Samsung M30 yang Lupa Akun Google.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah postingan mengenai tutorial untuk hard reset HP Samsung M30 yang lupa sandi via recovery mode. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin mengatasi HP Samsung M30 yang terkunci pola, pin ataupun password.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.