Ini 9 Cara Ampuh Mengatasi Download Tertunda (Pending) di Play Store

Di setiap ponsel Android pasti terdapat aplikasi Google Play Store. Aplikasi ini keberadaannya cukup penting pada smarthpone Android.

Dengan Google Play, kita bisa mendownload berbagai jenis game dan aplikasi. Total ada jutaan aplikasi dan game yang tersedia di Google Play.

Lalu apa jadinya jika saat sedang mendownload game atau aplikasi di Google Play Store mengalami masalah seperti download yang tertunda (pending)?

Masalah download tertunda di Play Store ini bukanlah masalah sepele. Bayangkan jika anda hampir selesai mendownload game/aplikasi, saat 90% malah download tertunda?

Atau baru memulai download malah muncul tulisan “Download Tertunda/Pending“?

Pastinya masalah ini bikin jengkel ya?

Nah dalam artikel ini saya akan berbagi beberapa solusi dan cara untuk mengatasi download tertunda di Play Store.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Ada banyak faktor penyebab download tertunda di Play Store. Diantaranya adalah:

  • Koneksi tidak stabil (sering disconnect & putus-putus).
  • Ruang di memori internal tidak memadai.
  • Aplikasi Play Store tidak up-to-date.
  • Dan lain-lain.

Berikut ini saya bagikan beberapa solusi untuk mengatasi download tertunda di Play Store, tidak bisa download serta muncul loading terus.

1. Bersihkan Cache & Data Aplikasi Play Store

Cara pertama untuk mengatasi Play Store tidak bisa download yaitu dengan membersihkan cache dan data pada aplikasi Google Play.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap aplikasi android pasti menyimpan file cache dan data.

Seiring berjalannya waktu, file cache dan data ini akan terus menumpuk bagaikan gunung.

Jika cache dan data tidak dihapus secara rutin, maka akan membuat ruang memori menjadi semakin sesak, menyebabkan ponsel android lemot dan aplikasi sering error, salah satunya membuat proses download tertunda di Google Play.

Untuk menghapus cache dan data aplikasi Play Store ini, simak caranya di bawah ini.

  • Pertama silahkan buka Setelan.
  • Kemudian buka Daftar Aplikasi.
  • Lalu cari aplikasi Google Play Store.
  • Terakhir, tap Clear cache dan Clear data.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Menghapus file cache dan data aplikasi Play Store ini aman, tidak akan menyebabkan error. Palingan nanti anda hanya akan disuruh login ulang ke Google Play dengan akun Gmail.

2. Force Stop/Hentikan Aplikasi Play Store

Jika dengan menghapus cache dan data belum mampu mengatasi proses download tertunda di Play Store, maka cara yang satu ini perlu anda coba.

Dengan menghentikan paksa aplikasi Google Play, maka akan merestart aplikasi tersebut. Dengan begini, masalah download tertunda diharapkan segera teratasi.

Caranya hampir mirip dengan menghapus cache dan data.

Silahkan pergi ke menu Setelan > Daftar Aplikasi > Google Play Store.

Terakhir, pilih Force stop atau Paksa berhenti.

3. Periksa Memori Internal

Sebelum mendownload aplikasi atau game di Google Play Store, usahakan selalu mengecek kapasitas memori internal di smartphone anda, terlebih jika anda ingin mendownload game ukuran jumbo.

Cara Mengatasi Download Tertunda diverifikasi oleh Play Protect

Memori internal yang penuh sesak menjadi salah satu penyebab download menjadi tertunda di Google Play.

Maka dari itu, memeriksa kapasitas ruang memori internal adalah salah satu langkah untuk mengatasi download tertunda di Play Store.

Jika kapasitas memori internal anda hampir penuh, sebaiknya hapus beberapa file yang tidak penting seperto foto, video atau aplikasi yang jarang digunakan.

Dan juga jangan lupa untuk menghapus file sampah seperti cache dan junk files.

Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner atau Clean Master untuk membersihkan file sampah pada smartphone anda.

Lebih bagus lagi jika anda memiliki PC, anda bisa memindahkan file-file penting seperti foto dan video yang berukuran besar ke PC agar ruang di memori internal ponsel anda menjadi lega kembali.

4. Ubah Pengaturan Download

Saat ingin mendownload aplikasi atau game berukuran besar di Play Store, maka akan muncul pengaturan download seperti di bawah ini.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Loading Terus

Jika anda tidak sedang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi, silahkan hilangkan centang pada “Download using Wi-Fi only” dan beralih menggunakan koneksi data untuk mendownload game tersebut.

Jika anda mencentang pilihan tersebut tapi tidak sedang terkoneksi ke Wi-Fi, maka proses download menjadi tertunda.

5. Gunakan Koneksi Yang Kencang & Stabil

Dari sekian banyak penyebab download tertunda di Google Play, yang paling berpengaruh adalah koneksi.

Pastikan anda mendownload game atau aplikasi di Play Store menggunakan koneksi yang stabil dan kencang, jangan pake koneksi yang lemot.

Di tahun 2018 ini, hampir semua ponsel Android sudah dibekali fitur 4G agar koneksi jadi ngebut.

Selain itu, gunakan kartu seluler yang sinyalnya stabil di daerah anda agar koneksi stabil, karena setiap operator seluler sinyal nya tidak selalu sama di setiap daerah.

Lebih bagus lagi jika anda mendownload menggunakan koneksi Wi-Fi yang speed nya OKE, bisa gunakan Indihome, Biznet, Wifi.id, atau yang lain.

Dalam artikel saya beberapa waktu lalu, saya pernah berbagi daftar aplikasi untuk menstabilkan koneksi internet di Android, anda bisa membacanya.

6. Update Versi Google Play Store

Terkadang penyebab download tertunda di Google Play Store itu karena anda menggunakan aplikasi Play Store versi lawas.

Dengan mengupdate ke versi terbaru, maka akan memperbaiki sejumlah bugs, menstabilkan aplikasi, dan penambahan fitur terbaru.

Anda bisa mengupdate secara manual aplikasi Play Store, simak caranya di bawah ini.

  • Buka aplikasi Play Store.
  • Lalu buka menu Settings / Pengaturan.
  • Gulir ke bawah sampai ke bagian About.
  • Tap pada Play Store version beberapa kali untuk mengupdate aplikasi Google Play Store.

Cara Mengatasi Download Pending di Play Store

7. Upgrade Versi OS Android

Setiap pabrikan smartphone pasti menyediakan dukungan update OS bagi pengguna nya. Biasanya support nya berbeda-beda, ada yang 6 bulan bahkan ada yang sampai 2 tahun.

Nah jika ponsel android anda sekarang sedang menggunakan Android versi jadul, silahkan upgrade ke versi yang lebih tinggi.

Dengan melakukan update OS Android, biasanya akan mengatasi masalah di Google Play Store, salah satunya yaitu Play Store tidak bisa download (loading terus).

Apalagi di tahun 2018 ini kebanyakan aplikasi dan game terbaru sudah tidak support untuk Android versi lawas seperti versi 2.3 Gingerbeard ke bawah.

Untuk melakukan update, anda bisa pergi ke menu Updater atau juga bisa update lewat PC. Caranya berbeda-beda setiap smartphone, jadi silahkan cari tutorialnya di Google.

8. Reset HP Ke Pengaturan Pabrik (Factory Reset)

Jika ketujuh solusi di atas belum mampu mengatasi download tertunda di Google Play Store, anda bisa mencoba cara yang satu ini yaitu dengan mereset smartphone ke pengaturan pabrik (factory reset).

Dengan melakukan factory reset, maka semua error pada sistem termasuk masalah download yang tertunda di Play Store akan teratasi.

Sebelum melakukan reset HP, silahkan backup data dan file penting anda terlebih dahulu, karena proses factory reset ini akan menghapus seluruh data di memori ponsel anda.

Secara umum, untuk melakukan factory reset, silahkan buka menu Settings > Additional settings > Backup & reset > Factory Data Reset.

Atau anda juga bisa melakukan factory reset/hard reset melalui recovery mode.

Cara factory reset ini tentu berbeda-beda pada setiap merk smartphone Android. Di bawah ini sudah saya sediakan tutorial cara Factory Reset & Hard Reset untuk HP Xiaomi, Oppo, Lenovo dan Samsung.

Untuk merk smartphone lain akan saya buatkan panduannya di kemudian hari.

9. Gunakan Toko Aplikasi Selain Play Store

Cara terakhir untuk mengatasi download tertunda di Play Store adalah menggunakan toko aplikasi pihak ketiga selain Google Play.

Ini adalah solusi terakhir jika semua cara di atas tidak mampu mengatasi download pending di Play Store.

Beberapa rekomendasi toko aplikasi selaon Google Play diantaranya adalah:

Toko aplikasi di atas bebas virus dan aman digunakan.

Tapi sebelum menginstall aplikasi yang bersumber dari pihak ketiga, pastikan anda sudah mengaktifkan “Unknown Source” di pengaturan ponsel anda.

Caranya buka menu Settings > Security > Device Administration > Centang “Unknown Sources”.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Playstore Xiaomi

Untuk settingan setiap smartphone pasti berbeda-beda, jadi silahkan disesuaikan saja.

Kesimpulan

Nah demikian tutorial untuk mengatasi download tertunda di Play Store. Anda bisa mencoba dari cara yang pertama sampai dengan yang terakhir untuk mengatasi download pending di Google Play.

Anda boleh share artikel ini jika menurut mu bermanfaat.

Jika anda punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman terkait masalah download tertunda di Play Store ini, silahkan berkomentar.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *