Cara Mengatasi Layar Sentuh Redmi 5 Plus Macet, Freeze & Tidak Responsive

Akhir-akhir ini banyak sekali pengguna hp Xiaomi Redmi 5 Plus yang mengeluh karena layar redmi 5 plus yang macet, sering freeze, tidak responsive dan paling parahnya bisa hang.

Nah maka dari itu, setelah saya ubek-ubek forum xiaomi dan tanya-tanya akhirnya saya berniat untuk mencarikan solusi untuk mengatasi masalah layar sentuh Redmi 5 Plus tidak responsive atau sering freeze ini.

Di forum Xiaomi maupun grup-grup khusus Redmi 5 Plus yang ada di facebook, banyak orang yang mengeluhkan hp mereka mengalami freeze atau layar sering tidak responsive, terutama saat bermain game Mobile Legends. Contohnya seperti yang dialami oleh beberapa orang ini:

Indra
Ada yg senasibkah kalau redmi 5 buat main Mobile Legends sering patah-patah?

layar redmi 5 plus tidak responsif

Ahmad Ripaldi
Permisi bang abang mau nanya. Ada yang pernah lagi main Mobile Legends analognya gak bisa digerakin (ngefreeze)? Pencet tombol power baru kembeli seperti semula. Mohon solusinya bang. Trims.

Keluhan Layar Redmi 5 Plus Macet

Dan juga banyak keluhan di forum Redmi 5 Plus tentang layar yang sering freeze/ layar sentuh tidak responsive.

Ardiansyah Rizky
Touch screen redmi 5 plus saya sering tidak responsive dan kadang mengalami lag, apalagi saat main game. Padahal hp nya garansi TAM, sinyal OKE, ROM Stable. Malah xiaomi tipe lain lancar jaya. Mohon solusinya teman2.

Keluhan Layar Redmi 5 Plus Freeze

Tidak hanya agan Rizky yang mengalami masalah serupa, agan tanpa nama ini juga mendapati masalah yang sama pada ponsel Redmi 5/Plus nya, terutama saat bermain game.

Keluhan Touchscreen Redmi 5 Plus Yang Macet

Di forum Xiaomi juga ada polling touchscreen redmi 5 plus bermasalah, dan ternyata hasilnya banyak yang mengalami touchscreen tidak responsive dan sering freeze pada HP Redmi 5/Plus mereka. Berikut ini hasil polling nya.

Survei Masalah Layar Sentuh Xiaomi Tidak Responsive

Walaupun jumlah orang yang mengalami masalah lebih sedikit ketimbang yang HP lancar-lancar saja, kalau masalah ini tidak dicarikan solusi sepertinya akan bertambah banyak yang hp nya jadi korban.

Nah dari semua keluhan diatas, saya berniat untuk membuat artikel khusus tentang cara mengatasi layar sentuh tidak responsive atau sering freeze pada Redmi 5/Plus ini.

Cara yang saya bagikan ini bersumber dari agan kubiker di forum Xiaomi, dan sudah saya test memang berhasil mengurangi freeze di Redmi 5/Plus sehingga tidak separah sebelumnya.

Cara Mengatasi Touchscreen Freeze/Layar Tidak Responsive di Xiaomi Redmi 5/Plus

Cara ini cukup sederhana, tidak perlu ganti ROM, tidak perlu Unlock Bootloader HP Xiaomi anda apalagi sampai melakukan root. Simak caranya di bawah ini.

  • Silahkan buka Pengaturan, lalu pilih About Phone.
  • Ketuk 5 kali pada MIUI Version sampai muncul tulisan: “Anda telah mengaktifkan opsi pengembang” atau “You are now a developer“.

Solusi Mengatasi Masalah Touchscreen Redmi 5 Plus Freeze

  • Balik ke menu utama Pengaturan, silahkan pilih menu Additional Settings. Kemudian pilih Developer Options.

Pengaturan Developer Options

  • Nah disini bagian penting nya. Silahkan matikan/nonaktifkan Memory optimization dan MIUI optimization nya.

Cara Mengatasi Masalah Layar Sentuh Redmi 5 Plus Macet

Nah begitulah cara mengurangi freeze atau layar sentuh tidak responsive pada Xiaomi redmi 5/Plus.

Walaupun cara ini tidak sepenuhnya menghilangkan freeze yang sering terjadi, tapi setidaknya freeze berkurang dan tidak separah sebelumnya.

Cara diatas hanyalah salah satu cara saja. Sebenarnya masih ada cara lain, seperti mengupdate ROM ke versi terbaru. Untuk yang menggunakan ROM Distributor alias ROM Abal-Abal, sebaiknya update ke ROM resmi.

Anda juga bisa mencoba untuk melakukan hard reset/factory reset ponsel Xiaomi, siapa tahu cara ini berhasil mengatasi layar redmi 5 plus yang sering freeze/macet.

Tapi dalam beberapa kasus, dengan hard reset ataupun update ROM saja belum mampu menghilangkan touch screen yang sering freeze. Mungkin solusinya adalah dengan mengupdate ke versi ROM tertentu, seperti yang dialami orang-orang di bawah ini.

Solusi Layar Redmi 5 Plus Bermasalah

Mungkin bagi anda yang sedang pake ROM distributor, sebaiknya update ke ROM resmi. Kemungkinan besar masalah touchscreen yang sering freeze dan macet bisa teratasi.

Cara Mengurangi Freeze pada Layar Redmi 5 Plus

Anda juga bisa mencoba saran diatas. Coba aja flash ke MIUI 9 ternary. Do with your own risk.

Cara mengatasi layar macet pada Redmi 5 Plus

Nah, kebanyakan yang layar sentuh hp xiaomi nya bermasalah itu yang garansi distributor kan? Garansi distributor rata-rata memakai ROM abal-abal, alias ROM palsu. Untuk lebih jelasnya tentang ROM abal-abal, anda bisa baca cara membedakan ROM Official dengan ROM Abal-Abal Xiaomi.

Cara Memperbaiki Touchscreen Xiaomi redmi 5 Plus Error

Anda bisa mencoba beberapa saran dari member forum Xiaomi diatas. Memang, dengan mengupdate ROM ke versi yang lebih baik akan mengatasi masalah layar redmi 5 Plus yang macet. Tapi walaupun begitu, ada juga yang sudah mengupdate ROM tapi layar redmi 5/Plus nya masih macet atau sering freeze.

Saya berpikir ini adalah kesalahan dari ROM Xiaomi sendiri, terutama pada ROM distributor. Karena dalam hasil survei diatas, masih ada banyak orang yang tidak mengalami masalah layar Redmi 5/plus macet ini.

Anda bisa mencoba beberapa saran dan cara yang sudah saya bagikan dalam artikel ini. Saya tau artikel ini masih banyak kekurangan.

Maka dari itu, jika ada yang mau ditanyakan silahkan bertanya di komentar. Saya akan membantu menjawab semampunya.

Jika berkenan silahkan share artikel ini ke teman atau keluarga anda yang mengalami masalah layar sentuh xiaomi Redmi 5/Plus yang sering macet, freeze atau touch screen tidak responsive.

Mungkin Anda juga menyukai

60 Respon

  1. Putraa berkata:

    Bagaimana kalau ingin update rom distributor ke rom resmi?
    Apa harus ke forum resmi atau bisaa langsung dari hp ?
    Dan kalau update di forum resmi xiaomi apa nantinya tidak ditolak karena memakai garansi distributor bukan resmi?
    Dan juga ada biaya tambahan (bayar) gak kalau update di forum resmi ?

    Terimakasih

    • Alfiant W berkata:

      Pertama, update ROM itu nggak bayar (kecuali klo kmu pake jasa atau minta bantuan sama org lain).

      Kedua, forum itu tempat diskusi, bukan tempat update ROM. Biasanya di forum banyak yg share cara update ROM.

      Ketiga, jika ingin update dr rom distributor ke rom resmi, maka harus flash ke ROM china dulu menggunakan MiFlashTool (gak bisa update langsung via OTA).

      Tapi dlm kebanyakan kasus, rata2 harus flash via test point terlebih dahulu, karena kalo posisi ROM distributor gak bisa UBL.

      Jika sudah berhasil flash ke rom china via test point, selanjutnya harus unlock bootloader terlebih dulu. Baru setelah itu bisa flash ke ROM resmi.

  2. Sonny berkata:

    Ga ngaruh ini gan, hrs test point

  3. pents berkata:

    kl toucscreen nya freeze(no respon) gimana caranya masuk ke menu gan???he

  4. Apip berkata:

    Punya gua udah versi baru Oreo garansi tam setelah update kok sensitif layarnya di sisi” nya gak lancar

    Mohon solusi

  5. Riswan berkata:

    Gimana pindah Rom ke Rom resmi

  6. Dhimas andika berkata:

    R5+ 4/64 TAM saya sudah update ke 9.6.5.0
    Udah 3 hari ini layarnya sering ngfreeze dan error, kadang pijit pijit sendiri, sudah tentu kalo TAM romnya juga pasti udah resmi global stable, tapi ntah kenapa bisa bisanya hp saya kena hal kaya ginian, apakah ada solusi? Mohon bantuanyaa mastah mastah

  7. Tejo berkata:

    Nyesel banget beli hp xiomi R5+ ini…..toucscreennya suka error & lg gak ada solusinyo,ehm………parah.

  8. Doni berkata:

    Klw udh di upgrade rom ke versi terbaru apa bisa touchscreen nya gak lag Tao frezee macet lagi

  9. Shiddiq Gazalba berkata:

    Versi miui ku sdh 10.2.0 gan tpi klo main ML ttp frezee touchscreen nya , mohon bantuannya gan , bgmna solusi nya

  10. Aryrasul berkata:

    Misi agan2. Saya pengguna redmi 5+ 3/32 TAM dan versi ROM sekarang udah 10.0.2.0 android oreo, awalnya beli hp ini sih aman2 aja tapi kok udah bberapa hari ini sering ngefreeze yah padahal TAM loh

  11. Dicky berkata:

    Lucu liat komentar suruh update rom ke versi terbarulah, ke rom global lah, hellow bro, bullshit itu semua, gw udah dri bulan 5 kmaren beli R5+ 3/32 TAM 1 bulan pake mulai muncul penyakit ini, udah di update terus via OTA tiap akhir bulan, alhasil freeze nya masih tetap ada dri MIUI v.9.5.9.0 sampe v.10.0.2.0 yg skrg, ada yg bilang bug software lah, hardware lah, gw udah ganti 1 set LCD cuma bertahan 1 bulan aja, setelah itu freeze nya muncul lgi. Saran gw jual aja hp nya, ga usah pake produk siomay lgi.

  12. Mr.x berkata:

    Menurut gua bukan software tapi hardware sensitiv layarnya ga jelas kesentuh aor dikit gbisa di sentuh sama sekali mending mido dari pada vince saran jual aja jangan pake xiaomi versi fulldisplay

  13. Teo nando berkata:

    Produk cina emng awalnya doang bagus..seterusnya ancurr..

  14. Alfen berkata:

    Dulu hp saya aman aman aja pakai rom distributor, udah 5 bulan saya pakai rom distributor gak ada kendala,, tapi ketika saya instal aplikasi game bully tiba tiba layar hp saya sering gak bisa disentuh..
    Ini masalah nya apa ya? Btw saya download game bully di luar play store

  15. Ardirankmudo berkata:

    Ane rasa semua permasalahan kita sama.. dan solusinya gak ada.. nyesel ane beli ini hp..

  16. Nold berkata:

    Bgst. Hp gw uudh gw bannting. Dr mulai flash rom aabal2 ke globall, diroot, sampe cuma punnya 2 aplikasi, layar tetap lag.
    Gw benci ni hp

  17. C. Maulana berkata:

    W baru beli resmi tam sama yg w rasain kalau maen game. Diluar maen game aman. Nyesek bgt liat masalah gini.. Seblum nya pakai redmi 4a 1tahunan malah bagus lancar jaya.

  18. Andrian berkata:

    Nyesel mas beli xiaomi , saya aja udh ganti tg 3 kali gara” freeze , sempet sihh freeze nya hilang tapi itu cuman bratahan brp hari saja habis gitu nge freeze lagi , pdahal saya beli hp nya baru” ini tpi udah ngehang kayak gini

  19. Andrian berkata:

    Bang rom saya kan masih rom distrib lah kalo langsung di up ke rom global bisa gak?

  20. Ridwaneyzer berkata:

    Klo gk main game sih emang gak ada freeze,, tpi klo buat ngegame ya ngefreeze bgst,, apalagi pas lagi ngeker kepala musuh pake scope x8,, susah ngarahinnya,, alhasil gk jadi headshot

  21. Eko berkata:

    Saya sudah update sampai MIUI v.10.0.2.0(Oreo). Tapi masih ngefreze apalagi maen ML analog masih macet tapi sementara.

  22. Ridho berkata:

    Apa cuman redmi5 plus ???

  23. Tardi luckman berkata:

    kalau hp 5 plus distributor saya ini ML sama aplikasi instagramnya suka macet2 . Itu kenapa ya? Mohon solusinya .

  24. Eko berkata:

    Saya sarankan untuk update MIUI berkala…
    Sekarang sudah (v.10.0.4.0)
    Ya. Saya rasa itu terjadi pada Xiaomi 5/plus…
    Sebab HP Xiaomi yg lain malah lancar jaya

  25. achay berkata:

    @eko Cara update MIUI bagaimana? Soalnya setiapl update hasilnya Sudah terbaru. Data lake miui global 9.2 |stable 9.2.6.0.0(NEGMIEK). APA ITU Jeni’s ROM distributor? Mohon pencerahannya, soalnya layar hp sering freezy

  26. Beni berkata:

    Saya sesudah update ke mui 10 redmi 5 plus 4/64 mlah sering freeze kursornya pas main ml atau pubg… seblum update rom lancar jaya,

  27. Jessica Christina berkata:

    Redmi 5 plus saya gak dipake main game berat2 aja suka freeze, semakin hari semakin parah, hrs berulang kali tekan power on off nya. Kalau mau minta tolong tmpat service hp gitu bisa ga ya? Dan tempat yg kyk gimana, di area Jakut?
    Soalnya saya ga berani update sendiri, takut salah2.. Saya mi5plusnya bukan tam soalnya. Atau ada yg bisa bantuin proses update romnya? Trims.

  28. Han berkata:

    Gak cuma mobile legend kok, saya main game rhythm game gitu juga, gamau kesentuh buletan beat nya, bayangin aja, lgsg kalah abis itu. Seringnya sih ngefreeze juga di pemakaian biasa, ga mau digeser layarnya dsb,

  29. Amir berkata:

    Saran ane bang, ane juga pake redmi 5 plus, ane udah pake rom yg terbaru global 10.0.4.0 dan alhasi sama, saran aja nih, ane pake rom sekarang yg lineage dari xda developer, nah jadi harus ubl dulu hp abang” terus di pasang twrp lalu di flash rom nya lewat twrp biar gampang, setelah itu hp normal, ane pake main pubg berkali” juga gabakal freze” gitu
    Kalo masih bingung, ini saya tinggalin jejak wa saya bang 089612786834, bisa saya bantu pelan”

  30. Amir berkata:

    Inget ya bang, ini custom rom, jadi kalo kepikiran buat jual, harus balikin ke rom miui semula, nama rom nya lineage

  31. Hinsurance berkata:

    HP gua juga gini, makin lama makin parah, buat ngetik juga susah, kampret emang.
    Btw katanya kalo mau UBL harus sekalian Test Point ya? Rom distri

  32. Alfa berkata:

    kok tempat saya Memory optimization nya tidak ada ya , sama miui optimization nya kalok di matikan malah patah patah , mohon bantuan nya dong kak , wa: 0813-2707-9988

  33. Fatih berkata:

    Kok stlh MIUI optimization dimatikan , hp minta restart ulang knp…ya….
    Mohon bantuan a…gan…

  34. Faridah berkata:

    Bersyukur. Stelah ngikutin cara diatas freeze nya berkurang dikit. Gatau deh ntar besok2. Oya ka itu versi MIUI nya Sama kyk hape sya. Itu rom Dvloper/global/ gmna? Masih bingung car bedain nya. But over all makasih tips nya Kam trbntu banget .

  35. Dinan berkata:

    Knpa hp xiomi redmi 5plus sering ngelek susah d pencet dan susah respon,bagaimana kh cara mengatasinya???

  36. Saksak berkata:

    Setelah update miui, padahal cuma dipake aplikasi ringan, tapi kadang suka ngefreeze, ga lama sih, cuma 1 detik aja, tapi kan ga nyaman. Dan ini hp xiaomi pertama gwa, jadi mikir2 kalo beli xiaomi lagi

  37. Rizall berkata:

    Punya saya padahal udah di update tetep aja not responding gimn caranya agar gak responding lagi? Mohon bantuannya

  38. Frans Sumarlang berkata:

    punya saya gimana gan? ini touchscreennya memang gak bisa di apa2in lagi. mau masuk menu utama aja gak bisa, gak bisa ngetik pasword, gimana mau optimization. padahal layar masih mulus aman.

  39. app berkata:

    yg sering freeze cb deh liat jenis layarnya apa, mungkin jenic lcdnya yf ga awet

  40. Riza berkata:

    Ternyata bukan 5+ plus ane aj,, setelah baca artikel ini.. byk juga yg senasib…
    3x pake xiaomi baru ini Mengecewakan :'(

  41. adit berkata:

    prooduk gagal nih redmi 5 plus

  42. boni berkata:

    ane pake redmi 5, skg kondisi layar suka unresponsive juga bang, kenapa ya? ga cuma kalo buat main, buat buka app yg lain juga gitu. kasusnya sama, setelah di lock screen lalu buka dg sidik jari baru normal. tp bbrp kejadian juga ga brlangsung lama, hbs di unlock trs bbrp menit error lagi. pdhl juga garansi tam dan rom global. saran?

  43. Red berkata:

    Sama, redmi 5 Rosy gw jugaaa.. setelah pencet power baru balik normal..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *