Cara Mengatasi Layar Sentuh Redmi 5 Plus Macet, Freeze & Tidak Responsive

Akhir-akhir ini banyak sekali pengguna hp Xiaomi Redmi 5 Plus yang mengeluh karena layar redmi 5 plus yang macet, sering freeze, tidak responsive dan paling parahnya bisa hang.

Nah maka dari itu, setelah saya ubek-ubek forum xiaomi dan tanya-tanya akhirnya saya berniat untuk mencarikan solusi untuk mengatasi masalah layar sentuh Redmi 5 Plus tidak responsive atau sering freeze ini.

Di forum Xiaomi maupun grup-grup khusus Redmi 5 Plus yang ada di facebook, banyak orang yang mengeluhkan hp mereka mengalami freeze atau layar sering tidak responsive, terutama saat bermain game Mobile Legends. Contohnya seperti yang dialami oleh beberapa orang ini:

Indra
Ada yg senasibkah kalau redmi 5 buat main Mobile Legends sering patah-patah?

Keluhan Layar Redmi 5 Plus Tidak Responsive

Ahmad Ripaldi
Permisi bang abang mau nanya. Ada yang pernah lagi main Mobile Legends analognya gak bisa digerakin (ngefreeze)? Pencet tombol power baru kembeli seperti semula. Mohon solusinya bang. Trims.

Keluhan Layar Redmi 5 Plus Macet

Dan juga banyak keluhan di forum Redmi 5 Plus tentang layar yang sering freeze/ layar sentuh tidak responsive.

Ardiansyah Rizky
Touch screen redmi 5 plus saya sering tidak responsive dan kadang mengalami lag, apalagi saat main game. Padahal hp nya garansi TAM, sinyal OKE, ROM Stable. Malah xiaomi tipe lain lancar jaya. Mohon solusinya teman2.

Keluhan Layar Redmi 5 Plus Freeze

Tidak hanya agan Rizky yang mengalami masalah serupa, agan tanpa nama ini juga mendapati masalah yang sama pada ponsel Redmi 5/Plus nya, terutama saat bermain game.

Keluhan Touchscreen Redmi 5 Plus Yang Macet

Di forum Xiaomi juga ada polling touchscreen redmi 5 plus bermasalah, dan ternyata hasilnya banyak yang mengalami touchscreen tidak responsive dan sering freeze pada HP Redmi 5/Plus mereka. Berikut ini hasil polling nya.

Survei Masalah Layar Sentuh Xiaomi Tidak Responsive

Walaupun jumlah orang yang mengalami masalah lebih sedikit ketimbang yang HP lancar-lancar saja, kalau masalah ini tidak dicarikan solusi sepertinya akan bertambah banyak yang hp nya jadi korban.

Nah dari semua keluhan diatas, saya berniat untuk membuat artikel khusus tentang cara mengatasi layar sentuh tidak responsive atau sering freeze pada Redmi 5/Plus ini.

Cara yang saya bagikan ini bersumber dari agan kubiker di forum Xiaomi, dan sudah saya test memang berhasil mengurangi freeze di Redmi 5/Plus sehingga tidak separah sebelumnya.

Cara Mengatasi Touchscreen Freeze/Layar Tidak Responsive di Xiaomi Redmi 5/Plus

Cara ini cukup sederhana, tidak perlu ganti ROM, tidak perlu Unlock Bootloader HP Xiaomi anda apalagi sampai melakukan root. Simak caranya di bawah ini.

  • Silahkan buka Pengaturan, lalu pilih About Phone.
  • Ketuk 5 kali pada MIUI Version sampai muncul tulisan: “Anda telah mengaktifkan opsi pengembang” atau “You are now a developer“.

Solusi Mengatasi Masalah Touchscreen Redmi 5 Plus Freeze

  • Balik ke menu utama Pengaturan, silahkan pilih menu Additional Settings. Kemudian pilih Developer Options.

Pengaturan Developer Options

  • Nah disini bagian penting nya. Silahkan matikan/nonaktifkan Memory optimization dan MIUI optimization nya.

Cara Mengatasi Masalah Layar Sentuh Redmi 5 Plus Macet

Nah begitulah cara mengurangi freeze atau layar sentuh tidak responsive pada Xiaomi redmi 5/Plus.

Walaupun cara ini tidak sepenuhnya menghilangkan freeze yang sering terjadi, tapi setidaknya freeze berkurang dan tidak separah sebelumnya.

Cara diatas hanyalah salah satu cara saja. Sebenarnya masih ada cara lain, seperti mengupdate ROM ke versi terbaru. Untuk yang menggunakan ROM Distributor alias ROM Abal-Abal, sebaiknya update ke ROM resmi.

Anda juga bisa mencoba untuk melakukan hard reset/factory reset ponsel Xiaomi, siapa tahu cara ini berhasil mengatasi layar redmi 5 plus yang sering freeze/macet.

Tapi dalam beberapa kasus, dengan hard reset ataupun update ROM saja belum mampu menghilangkan touch screen yang sering freeze. Mungkin solusinya adalah dengan mengupdate ke versi ROM tertentu, seperti yang dialami orang-orang di bawah ini.

Solusi Layar Redmi 5 Plus Bermasalah

Mungkin bagi anda yang sedang pake ROM distributor, sebaiknya update ke ROM resmi. Kemungkinan besar masalah touchscreen yang sering freeze dan macet bisa teratasi.

Cara Mengurangi Freeze pada Layar Redmi 5 Plus

Anda juga bisa mencoba saran diatas. Coba aja flash ke MIUI 9 ternary. Do with your own risk.

Cara mengatasi layar macet pada Redmi 5 Plus

Nah, kebanyakan yang layar sentuh hp xiaomi nya bermasalah itu yang garansi distributor kan? Garansi distributor rata-rata memakai ROM abal-abal, alias ROM palsu. Untuk lebih jelasnya tentang ROM abal-abal, anda bisa baca cara membedakan ROM Official dengan ROM Abal-Abal Xiaomi.

Cara Memperbaiki Touchscreen Xiaomi redmi 5 Plus Error

Anda bisa mencoba beberapa saran dari member forum Xiaomi diatas. Memang, dengan mengupdate ROM ke versi yang lebih baik akan mengatasi masalah layar redmi 5 Plus yang macet. Tapi walaupun begitu, ada juga yang sudah mengupdate ROM tapi layar redmi 5/Plus nya masih macet atau sering freeze.

Saya berpikir ini adalah kesalahan dari ROM Xiaomi sendiri, terutama pada ROM distributor. Karena dalam hasil survei diatas, masih ada banyak orang yang tidak mengalami masalah layar Redmi 5/plus macet ini.

Anda bisa mencoba beberapa saran dan cara yang sudah saya bagikan dalam artikel ini. Saya tau artikel ini masih banyak kekurangan.

Maka dari itu, jika ada yang mau ditanyakan silahkan bertanya di komentar. Saya akan membantu menjawab semampunya.

Jika berkenan silahkan share artikel ini ke teman atau keluarga anda yang mengalami masalah layar sentuh xiaomi Redmi 5/Plus yang sering macet, freeze atau touch screen tidak responsive.

Mungkin Anda juga menyukai

14 Respon

  1. Putraa berkata:

    Bagaimana kalau ingin update rom distributor ke rom resmi?
    Apa harus ke forum resmi atau bisaa langsung dari hp ?
    Dan kalau update di forum resmi xiaomi apa nantinya tidak ditolak karena memakai garansi distributor bukan resmi?
    Dan juga ada biaya tambahan (bayar) gak kalau update di forum resmi ?

    Terimakasih

    • Alfiant W berkata:

      Pertama, update ROM itu nggak bayar (kecuali klo kmu pake jasa atau minta bantuan sama org lain).

      Kedua, forum itu tempat diskusi, bukan tempat update ROM. Biasanya di forum banyak yg share cara update ROM.

      Ketiga, jika ingin update dr rom distributor ke rom resmi, maka harus flash ke ROM china dulu menggunakan MiFlashTool (gak bisa update langsung via OTA).

      Tapi dlm kebanyakan kasus, rata2 harus flash via test point terlebih dahulu, karena kalo posisi ROM distributor gak bisa UBL.

      Jika sudah berhasil flash ke rom china via test point, selanjutnya harus unlock bootloader terlebih dulu. Baru setelah itu bisa flash ke ROM resmi.

  2. Sonny berkata:

    Ga ngaruh ini gan, hrs test point

  3. pents berkata:

    kl toucscreen nya freeze(no respon) gimana caranya masuk ke menu gan???he

  4. Apip berkata:

    Punya gua udah versi baru Oreo garansi tam setelah update kok sensitif layarnya di sisi” nya gak lancar

    Mohon solusi

  5. Riswan berkata:

    Gimana pindah Rom ke Rom resmi

  6. Dhimas andika berkata:

    R5+ 4/64 TAM saya sudah update ke 9.6.5.0
    Udah 3 hari ini layarnya sering ngfreeze dan error, kadang pijit pijit sendiri, sudah tentu kalo TAM romnya juga pasti udah resmi global stable, tapi ntah kenapa bisa bisanya hp saya kena hal kaya ginian, apakah ada solusi? Mohon bantuanyaa mastah mastah

  7. Tejo berkata:

    Nyesel banget beli hp xiomi R5+ ini…..toucscreennya suka error & lg gak ada solusinyo,ehm………parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *