Keyboard di HP Oppo Terasa Berat & Lemot? Ini Cara Mengatasinya!

Apakah keyboard di HP Oppo anda mulai terasa lemot? Atau saat buka aplikasi keyboard lama, ngelag dan mengetik terasa lambat? Jika anda sedang mencari cara untuk mengatasi keyboard Oppo yang lemot, maka anda sudah datang ke tempat yang tepat.

Dalam artikel ini, saya akan memberitahu anda beberapa tips dan cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat keyboard HP Oppo yang lelet agar terasa lebih cepat dan ringan. Maka dari itu, silahkan simak terus artikel ini sampai habis ya.

Keyboard yang terasa berat pada ponsel Oppo yang lemot bisa disebabkan banyak faktor. Bahkan sebenarnya dengan sentuhan kecil saja, HP Oppo Anda bisa kembali ke performa terbaik.

Meski kejadian ini terbilang langka untuk terjadi namun kinerja keyboard yang lelet lebih banyak terjadi pada HP Oppo tipe yang lawas.

Permasalahan seperti ini sebenarnya tidak terjadi secara tiba-tiba, pasti ada penyebabnya yang wajib kita ketahui sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi HP Oppo lemot.

Penyebab Keyboard HP Oppo Lemot

1. File Cache Menumpuk

Ini menjadi penyebab umum, baik penumpukan pada aplikasi keyboard, aplikasi lain ataupun di folder pengelola file.

2. Memori Internal Penuh

Memori internal penuh di HP Oppo merupakan salah satu penyebab kenapa keyboard terasa lelet. Ruang penyimpanan internal yang telah habis atau hampir penuh tentu akan membuat HP lebih lemot, salah satu akibatnya adalah pada keyboard yang lemot saat melakukan pengetikan.

3. Menggunakan Aplikasi Keyboard Lain

Ini menjadi penyebab terbesar pada HP Oppo yang lemot saat pengetikan. Mungkin jika tipe HP Oppo dengan spesifikasi tinggi tidak menjadi masalah. Namun jika tipe lawas, RAM kecil, ditambah instal aplikasi keyboard jelas itu menjadi masalah besar.

Jika penyebab sudah kita ketahui, maka saatnya kita mengulik cara meringankan keyboard HP Oppo yang lemot berikut ini.

Cara Mengatasi Keyboard Oppo Lemot

Tidak semua pengguna megalami hal ini, namun untuk kamu pengguna Oppo yang mengalami lemot saat pengetikan berikut ini beberapa cara mengatasi keyboard HP Oppo lemot yang bisa anda praktekkan dengan mudah.

1. Hapus Cache Yang Menumpuk

cara mengatasi keyboard oppo lemot

File cache yang menumpuk dan lama tidak bersihkan bisa menjadi penyebab HP Oppo lemot beserta keyboardnya.

Membersihkan cache ada dua cara, yang pertama dengan membersihkan cache satu per satu pada aplikasi yang terpasang dan kedua dengan membersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih, misalnya seperti CCleaner.

2. Menonaktifkan Fitur Koreksi Otomatis

Pada keyboard bawaan HP Oppo pasti ada sebuah fitur untuk mengoreksi kata yang telah diketik. Fitur ini kadang menggangu saat mengetikan sebuah kata, dan secara tiba-tiba kata tersebut akan berubah saat dikirim, disinilah fitur koreksi otomatis berperan.

Fitur seperti ini biasanya tersedia pada kebanyakan HP China seperti Oppo dan lainnya. Salah satu cara mengatasi HP Oppo lemot adalah dengan mematikan fitur tersebut. Karena fitur tersebut akan selalu mengoreksi ketikan kata, kembali lagi jika HP Oppo dengan spek tinggi tidak masalah.

3. Menghapus Aplikasi Keyboard Tambahan

Seperti yang sudah kita bahas diatas salah satu penyebab HP Oppon lemot adalah karena memasang aplikasi keyboard tambahan. Jika memang telah memakai aplikasi keyboard tambahan maka disarankan untuk menghapusnya.

Karena banyak pengguna yang memasang aplikasi keyboard tambahan hanya untuk terlihat lebih keren dan tidak membosankan.

4. Lakukan Reset HP Oppo ke Pengaturan Pabrik

Salah satu cara mengatasi keyboard HP Oppo yang terasa berat dan lelet yang sepertinya paling ampuh yakni dengan melakukan tindakan reset HP Oppo ke setelan pabrik.

Sebagian dari kalian mungkin telah familiar dengan cara reset ini, yang merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan kembali HP Oppo seperti semula ke setelan pabrik.

Namun semua informasi seperti data, file, dan aplikasi yang kita simpan yang buka dari bawaan maka akan hilang atau terhapus semuanya.

Oleh karena itu ada baiknya jika melakukan backup atau menyimpan file penting ke memori eksternal terlebih dahulu sebelum melakukan reset, seperti backup kontak android, file, foto, video dan lain-lain.

Demikian beberapa cara menangani keyboard Oppo lemot yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.