Vainglory vs Mobile Legends, Game MOBA Android Mana Yang Terbaik? (Update 2018)

Mobile Legends vs Vainglory, dua game ini adalah game MOBA yang paling populer akhir-akhir ini. Dua game ini bersaing ketat sebagai game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) terbaik di Android dan iOS saat ini, sama-sama game MOBA yang mengusung 5v5 battle system, lebih bagus mana?

Dua game ini sama-sama memiliki banyak gamers, di PlayStore, Mobile Legends: Bang Bang sudah mencapai 10 juta unduhan sedangkan Vainglory hanya setengahnya saja, yakni 5 juta unduhan.

Banyak orang di grup-grup game berdebat soal game MOBA terbaik di android antara Mobile Legends vs Vainglory. Maka dari itu, saya akan melakukan sebuah perbandingan tentang dua game MOBA android terbaik ini, yakni Mobile Legends dan Vainglory di blog Androdot.Net.

Pertama, saya akan membahas game Vainglory terlebih dahulu.

Alasan Vainglory Lebih Baik dari Mobile Legends

Vainglory Moba Terbaik di Android

1. Grafik Vainglory Lebih WoW

Grafik Vainglory
Memang tidak dapat dipungkiri, di sisi grafik Vainglory menang telak dari Mobile Legends. Bagaimana tidak, ukuran nya saja bisa mencapai sekitar 2 GB lebih. Apalagi setelah update besar-besaran MAP 5vs5, tentunya anda harus mempersiapkan ruang yang cukup untuk menginstall Vainglory.

Dengan ukuran yang jumbo ini, sudah tentu grafik yang dimiliki sangat fantastis untuk ukuran game MOBA android terbaik.

Tapi karena grafis bagus dan ukuran game nya yang gede ini, banyak orang dengan smartphone low-end tidak bisa memainkan game ini karena keterbatasan memori penyimpanan mereka.

Smartphone Lenovo A6000+ saya sendiri juga tidak kompatible dengan Vainglory, alhasil saya harus membeli smartphone baru dengan speksifikasi lebih bagus agar bisa bermain game ini (saat ini saya sudah ganti ke Redmi Note 4 Snapdragon).

Di update terbaru, Vainglory menambahkan fitur Engine Vulkan yang membuat grafik nya jadi makin WOW. Jadi kalau bicara soal grafik, Mobile Legends: Bang Bang kalah telak dari Vainglory.

2. Gameplay Vainglory Lebih Bervariasi, 3 vs 3 dan 5 vs 5

Gameplay 3vs3 Vainglory
Dilihat dari sisi Gameplay, Vainglory lebih asli dan original dibanding Mobile Legends. Map pertarungan 3vs3 dengan 1 lane memang menjadi andalan Vainglory.

Bertahun-tahun Vainglory bertahan dengan gameplay original mereka, yakni 3vs3, akhirnya Super Evil Megacorp selaku developer Vainglory juga ikut tergiur untuk menambahkan map baru, yakni gameplay 5vs5.

Dengan update besar-besaran pada akhir tahun 2017 kemarin, kini Vainglory tidak hanya tersedia map 3vs3, tapi juga tersedia map 5vs5 yang mirip seperti Mobile Legends, AOV dan kebanyakan game MOBA android lain.

3. Vainglory Tidak Pay to Win

Istilah Pay to Win sering digunakan para gamers untuk game yang menggunakan uang agar bisa menang. Vainglory memang memiliki model freemium, yakni anda bisa bermain Vainglory secara gratis, tapi pada saat tertentu ada harus membayar dengan mata uang asli.

Misalnya untuk membeli hero dan skin. Jika mata uang di game tidak cukup, maka kamu bisa melakukan top-up dengan pulsa atau kartu kredit agar bisa membeli hero atau skin yang bisa mengubah penampilan.

Sebaliknya, tidak seperti Vainglory, model freemium di Mobile Legends sedikit pay to win. Terutama saat membeli skin, maka akan ada tambahan artibut tertentu untuk hero yang dipakai seperti tambahan Physical Attack, Magic Attack dan Health Point.

Misalnya saat memakai hero Tank, jika anda menggunakan skin maka akan ada tambahan atribut +100 HP. Kalau hero Mage ada tambahan atribut +8 Magic attack, begitu juga dengan hero-hero lainnya.

Maka dari sisi ini, Vainglory bisa dikatakan lebih kompetitif dan adil dibandingkan Mobile Legends karena tidak Pay-to-Win. Tapi walaupun begitu, tambahan atribut di Mobile Legends saat menggunakan skin tidak berpengaruh banyak, hanya berpengaruh saat detik awal game saja.

4. Vainglory Punya Kompetisi Internasional (eSport)

Kompetisi eSport Vainglory
Super Evil Megacorp selaku developer Vainglory secara serius terus mengembangkan game miliknya. Terutama dalam kancah e-Sport. Bagi anda yang serius bermain game, e-Sport adalah wadah bagi para gamers untuk unjuk gigi sekaligus mencari uang.

Perkembangan eSport semakin populer akhir-akhir ini. Vainglory adalah salah satu game MOBA terbaik untuk Android dan iOS yang menyelenggarakan kompetisi eSport. Developer Vainglory selalu aktif mengembangkan wadah eSport bagi para gamers nya.

Mereka selalu aktif mencari tim eSport professional dan bekerja sama dengan berbagai organisasi eSport di dunia.

Hadiahnya juga tidak main-main. Untuk kompetisi eSport Vainglory 8 regional SEA saja, memperebutkan total hadiah $ 5.000 US dan 75.000 ICE. Bener-bener menggiurkan ya?

Dalam sisi ini, Vainglory jauh lebih unggul dibanding Mobile Legends. Tapi untuk kedepannya, mungkin Montoon selaku developer Mobile Legends juga akan menyelenggarakan kompetisi eSport bagi para gamers nya. Tunggu saja tanggal mainnya.

Update 2018

Mulai pertengahan tahun 2017 ternyata Mobile Legends juga tidak mau kalah dengan game MOBA terbaik di android seperti Vainglory dan AOV. Moonton selaku developer Mobile Legends di tahun 2018 ini sedang rajin-rajin nya mengadakan turnamen e-sport mereka, yaitu MPL (Mobile Legends: Bang Bang Professional League).

5. Tidak Banyak Lag

Kenyamanan saat bermain adalah hal yang paling penting. Dengan dukungan Developer yang professional, Vainglory muncul sebagai game MOBA yang paling sedikit lag, meskipun grafiknya WOW dan ukuran file nya jumbo.

Inilah kelebihan Vainglory yang menonjol. Ya, benar! Walaupun koneksi kurang stabil, bermain Vainglory tetaplah nyaman, tanpa ada lag. Mungkin karena server Vainglory sangat berkualitas dan sering tidak overload.

Saya juga sudah merasakan sendiri, walaupun bermain di jam-jam padat (biasanya jam-jam pulang kerja), saya tidak mengalami lag sedikitpun saat bermain Vainglory. Padahal di jam yang sama saya bandingkan saat bermain Mobile Legends sering lag dan koneksi tidak stabil.

Berbeda dengan Vainglory, Mobile Legends yang membutuhkan koneksi super stabil dengan ping kecil agar bisa bermain tanpa lag. Karena terkadang di jam-jam tertentu server Mobile Legends sering overload yang membuat disconnect dan lag yang berlebihan.

Jadi jangan heran jika banyak pemain Mobile Legends mengeluhkan lag saat bermain. Tapi jangan khawatir, karena saya punya beberapa solusi untuk mengatasi lag saat main Mobile Legends.

Wajib Baca:

Alasan Mobile Legends Lebih Baik dari Vainglory

Mobile Legends MOBA Terbaik

Setelah mengulas kelebihan Vainglory di atas, maka kali ini giliran Mobile Legends yang perlu dibahas kelebihannya sebagai game MOBA mobile yang paling populer.

1. Ukuran Game Mobile Legends Lebih Kecil

Ditinjau dari segi ukuran file, Mobile Legends lah yang paling unggul dibandingkan Vainglory. Bagaimana tidak? Ukuran total game Mobile Legends hanya berkisar 900 MB, ini 2x lipat lebih kecil dari Vainglory yang berukuran sekitar 2 GB.

Orang yang memiliki smartphone low-end pasti berpikir dahulu jika ingin mengunduh Vainglory, karena size nya yang jumbo untuk ukuran game MOBA Mobile. Apalagi jika tidak punya banyak kuota. Sebaliknya, Mobile Legends hadir dengan ukuran game yang lebih ringan untuk smartphone low-end.

Hal inilah yang membuat jumlah unduhan Mobile Legends berkali-kali lipat lebih banyak dari Vainglory. Di Playstore, Mobile Legends mendapatkan 10 juta unduhan sedangkan Vainglory hanya 5 juta.

Mungkin karena daya beli masyarakat yang rata-rata hanya mampu membeli smartphone mid-end dan low-end, maka Mobile Legends lah pilihan game MOBA terbaik. Hanya dengan modal minimal RAM 1 GB, kamu sudah bisa bermain game ini.

2. Gameplay 5vs5 Dengan 3 Lane

5vs5 Mobile Legends MOBA Terbaik

Perbedaan yang sangat mendasar antara Mobile Legends vs Vainglory itu terdapat pada gameplay nya. Terinspirasi oleh game LoL dan DOTA 2 di PC, Mobile Legends hadir sebagai game MOBA 5vs5 di Android dan iOS.

Memang tidak dapat dipungkiri, gameplay 5vs5 dengan 3 lane itu sangat seru dan lebih ramai. Dengan jumlah total 10 pemain setiap pertandingan, dengan masing-masing tim berisi 5 orang, anda dapat mengatur strategi dan taktik seperti war, jungle, push, ganking, dan lain-lain.

Mungkin salah satu alasan kenapa Mobile Legends lebih banyak diunduh ketimbang Vainglory adalah gameplay 5vs5 lebih populer daripada 3vs3. Selain itu, banyak tim eSport professional yang lebih terbiasa dengan 5vs5 di 3 lane.

Ini dikarenakan banyak orang yang lebih dulu bermain game MOBA seperti LoL, DOTA 2, dan Heroes of Newerth yang juga menggunakan gameplay 5vs5.

3. Sistem Reward dan Title

Sistem Reward dan Title Mobile Legends

Di game Mobile Legends terdapat sistem reward dan title. Yakni jika kamu meraih pencapaian tertentu, kamu akan mendapat hadiah dan juga title yang membuat akun mu semakin keren.

Ada banyak misi yang perlu dilakukan agar bisa mendapat hadiah dan title ini, seperti mendapat kill tertentu, assist, mencapai rank tertentu, mendapat kemenangan beruntun, dan lain sebagainya.

Walaupun sederhana, sistem seperti ini bisa membuat pemain selalu bersemangat dalam bermain sehingga tidak jenuh. Sebagian orang juga senang jika meraih sebuah pencapian dan diberikan title yang pantas.

4. Bisa Chat Dalam Permainan

Fitur Chat Mobile Legends

Salah satu hal yang tidak dimiliki Vainglory adalah fitur chat dalam game, inilah yang membuat Mobile Legends sedikit diatas angin. Fitur Chat sangat berguna untuk berkomunikasi dengan tim.

Terlebih lagi jika bermain random atau solo, maka fitur chat sangat dibutuhkan untuk mengatur strategi, karena tanda sinyal saja tidak cukup.

Baca Juga: Cara Menstabilkan Koneksi Saat Main Mobile Legends

Developer Mobile Legends sangat paham hal ini, maka dari itu mereka menghadirkan fitur Chat in Game. Di update terbaru, mereka juga menambahkan fitur Voice Chat yang bisa berbicara dalam game, jadi tidak perlu mengistall aplikasi seperti Discord atau semacamnya.

Selain itu, ada juga fitur Quick Chat yang memungkinkan anda berkomunikasi tanpa perlu mengetik dengan kalimat tertentu yang sudah disediakan, jadi tidak perlu repot-repot mengetik.

5. Sistem Kontrol Virtual Pad

Virtual Pad Mobile Legends

Berbeda dengan Vainglory yang menggunakan layar sentuh untuk mengontrol hero, Mobile Legends menghadirkan Virtual Pad untuk mengontrol hero dengan lebih mudah.

Hal ini membuat Mobile Legends lebih enak dari sisi kontrol, karena kita tidak perlu mengarahkan jari kita ke tempat yang dituju, tapi hanya perlu menggunakan virtual pad untuk mengarahkan hero, menggunakan skill dan spell, dan lain sebagainya.

Selain itu juga hadir fitur auto-aim yang membuat hero yang kita gunakan bisa menarget musuh dengan mudah.

Update: Karena di komentar banyak yang bilang โ€œMOBA kok analogโ€, saya sebagai admin cuma mau kasih tahu saja. MOBA itu genre (jenis) game, jadi Analog itu tidak ada hubungan nya, karena analog hanyalah sistem kontrol nya saja. Sama seperti VG atau DOTA2 di PC yang sistem kontrolnya tidak tidak menggunakan analog.

6. Status Pertarungan Yang Lebih Detail

Status Fight Info Mobile Legends

Mobile Legends mempunyai fitur Fight Info yang bisa memberi tahu kita tentang informasi pertarungan seperti recent matches, win rate, berbagai statistik seperti KDA, Push, damage on Hero, Durability, Team Fight dan lain lain.

Dengan melihat Fight Info, kita bisa tau seberapa hebat permainan yang selama ini dijalankan, peran apa yang paling cocok, dan sebagainya.

Sebagai contoh, jika kamu berperan sebagai carry dalam tim, maka statistik KDA akan lebih menonjol. Jika kamu sering berperan sebagai tanker, maka durability akan lebih tinggi. Jika kamu sering melakukan ganking, maka team fight lah yang menonjol.

Dengan hadirnya informasi statistik seperti ini, kita bisa mengetahui perkembangan dalam bermain, meskipun tidak bisa menjadi acuan bahwa kamu pro atau tidak.

Selain itu, di update terbaru pada menu profil kita juga bisa melihat jumlah hero dan skin yang dimiliki, serta menampilkan level emblem. Anda juga bisa membuat pesan status pada profil.

Profil Player Mobile Legends

Sayang sekali, fitur sederhana namun informatif seperti ini tidak dimiliki oleh game MOBA populer seperti Vainglory.

7. Bisa Melihat Replay Match Sebelumnya

Replay Match Mobile Legends

Menurut saya ini fitur yang hebat dari Mobile Legends. Anda bisa memutar ulang atau replay pertandingan anda sebelumnya. Silahkan pergi ke menu profil, dan pilih Replay di bagian samping.

Fitur Replay ini sangat cocok bagi anda yang suka merekam momen lucu ketika bermain Mobile Legends. Terutama bagi para Youtuber, anda bisa merekam pertandingan sebelumnya dan mengunggah nya ke Channel kesayangan.

Dalam fitur Replay ini ada tombol untuk pause dan mempercepat atau memperlambat replay.

Baca Juga: Cara Membuat 2 Akun Mobile Legends Dalam 1 HP

8. Mobile Legends Sudah Memiliki Turnamen E-Sport

Turnamen MPL Mobile Legends

Berbeda dengan tahun-tahun lalu, sekarang Mobile Legends sudah mempunyai kompetisi E-Sport mereka sendiri, yaitu MPL (Mobile Legends: Bang Bang Professional League). Kini player Mobile Legends tak perlu bingung lagi jika ingin berkompetisi, karena sudah ada wadah E-Sport dengan hadiah yang besar.

MPL ini sering diikuti oleh tim-tim yang jago seperti EVOS, RRQ, Saints, IDNs, MyA, Saiyan, dan masih banyak lagi. Saat diadakan kompetisi MPL di Jakarta pun, banyak sekali penonton yang hadir.

Awal tahun 2018 ini saja, Mobile Legends mengadakan turnamen di Indonesia yang mempertandingkan lebih dari 2048 tim dari total lebih dari 8000 tim yang mendaftar. Luar biasa kan?

Penutup

Tak terasa anda sudah membaca sampai akhir artikel ini. Menurut anda pribadi, game MOBA manakah yang terbaik antara Vainglory vs Mobile Legends? 3 vs 3 atau 5 vs 5? Touchsreen atau virtual pad? 1 lane atau 3 lane?

Saya tunggu jawabannya di komentar!

Mungkin Anda juga menyukai

66 Respon

  1. aaaaa berkata:

    Moba kok pakai virtual analog. Pffffft

  2. Hexoz berkata:

    VG jelas lebih kereen , ML mana musuh mana temen susah bedainnya hahahaha..

  3. Dieltra berkata:

    gue milih game ML, karena lebih seru dibanding VG, mulai dari 5vs5 trus map nya yang biasa main di dota, masalah graphic paling ibarat beda ps 2 dan ps 3 :v
    kecuali beda kek ps 1 dan ps 4 :v

  4. junendi berkata:

    Moba kok 1 jalur situ mau ngedrag

  5. Moruvi berkata:

    Saya lebih milih VG dibanding ML, karena saya merasa klo pake analog Kurang kerasa kya moba gitu dan juga saya udah lama main VG sebelum ada ML saya udah main jadi lebih terbiasa ajalah

  6. ZeusX berkata:

    wkwkwk… yang masih mbahas MOBA kok Analog ?
    buka google.. trus ketik keyword MOBA Wikipedia… kalo udah di baca yang bener… apa ada kata kara yg MENGHARUSKAN MOBA harus Touchscreen ?
    kita ini cuma player.. apa bisa buat game kaya gitu…??
    NGEKEK OTOK WERUH UTEK TOLOLMU…

    • Anonim berkata:

      Ga salah sebenernya moba pake analog, gue udah main vg dari season autumn 2015, pas itu jg udah main HOC (ML belom lahir), pas ML keluar gua cobain. Tau ga kenapa slogan vg moba perfected for touch, karna emang di situ keefektifannya berasa bgt gan, dan vg emang bener bener serius ngegarapnya, respon touchnya emang mantep, jadi delaynya ga kerasa, dan kontrol touch itu enaknya kalo attack ataupun skill sesuai keinginan sendiri jadi lebih pas, yg gue rasa kalo moba yg pada pake analog, pilihan aim attacknya itu ke yg daraf paling tipis, kalo ga yg terdekat, nah main moba itu bukan sekedar kill ke yg darah udah tipis atau paling dekat, di moba ada banyak role, carry, jungler, support, healer, makanya harus pake strategi, masa iya kalo yg terdekatnya itu support harus di serang terus, sedangkan di belakangnya ada carry musuh yg deal damagenya gede, jadi sasaran empuk dah, maka dari itu bukan berarti ga boleh moba pake analog, cuma dari segi efektifitas rada kurang kalo menurut gue. Tengkyuuu

      • sebut saja kumbang berkata:

        gue player ml, tpi setuju sama pendapat yg ini, memang susah nentuin target kalau analog, tpi kadang sebel lo dengan kata “moba kok analog”, ibarat makan sop umumnya seharusnya pakai sambel kecap, tpi lo doyan makan sop pakai sambel goreng, terus dibilang makan sop kok pakai sambel goreng, lah ini yg makan gue kenapa elu yang sewot? gitu sih perasaan gue (curhat) hahahaha…

  7. John berkata:

    Sudah sudah tinggal main aja kok ribut apalagi kalo yg bikin

  8. vinco G Bastian berkata:

    Ehm.. sebenarnya ke2 nya memiliki kelebihan nya masing-masing. Jadi saya singkat saja bermain dengan lancar saat berlangsungnya pertandingan tentu saja menjadi prioritas utama. Kalau persoalan fitur atau yang lainnya bisa menyusul kedepannya. So menurut saya pribadi Lebih unggul Game Vainglory…

  9. Dhanu berkata:

    Lebih kerasa seru kalo maen pake kontrol touch, berasa feel dota yang greget…oleh karena itu, ane pilih VG!

  10. playernoob berkata:

    Coba ulas jg game moba heroes of order and chaos dr gameloft game yg menurut gw keren sayang gak di urus.

  11. alfian berkata:

    bentar lagi VG mau update besar” an,map nya jadi 5v5,jadi tambah greget

  12. Secret berkata:

    VG lebih berasa dikit maka dari itu gw milih VG lebih menang dari ML, tapi harus punya smartphone yang lumayan mid-end, gua ga permasalahkan moba pake analog karena moba tidak diharuskan pake touch cuman pada umumnya moba tidak pake analog, jadi masalah moba pake analog tu tinggalkan aja, yang punya smartphone low end dah main ml aja.

  13. NoobRoamer berkata:

    Maklumin aja mereka(ml) karena mereka blum dapet hidayah buat ngerasain serunya main vainglory.. Karena pemain ml gatau aturan Roam , Carry , Jungle .. Dan mungkin Hpnya ga kuat buat main Vainglory doain aja biarr bisa beli ho spek bagus

  14. Boy berkata:

    Jelas Vainglory donk..
    Mobile Legend…???!! Game apa itu.. ?!! (Ups.. Maap)

  15. Zerogue berkata:

    Auto Aim ML jadi keunggulan? Pfft
    Pantes banyak bocah yg main mobile legend daripada Vainglory,banyak yg afk dan noob bikin pusing, chat In game? Pfft, cuman buat olok” sama kata” kasar mendarat. Pikir dua kali kalo mau main moba

  16. Kupingkelinci berkata:

    Nggk lagi2 dah maen mobile legend, parah abis lagnya. meningan mobile arena aja,no time with theif!

  17. Apri berkata:

    Ane udah lama main Mobile Arena, selain graphicnya oke, game nya gak pakai LAG kayak MLBB Cream ๐Ÿ™‚

  18. Andvari lubis berkata:

    setuju sama agan apri, mending kemana2 biar enak mainnya sih main game yg ga ngelag kyk mobile arena ๐Ÿ˜›

  19. MOBA is Life berkata:

    ah kita liat statistik aja
    Bandingkan RATIO download antara MOBILE LEGEND DENGAN VAINGLORY
    lebih besar mana? kedua game ini international server ko semua negara bisa main dengan server area masing-masing
    jadi gaada alasan salah satu dari kedua game ini bisa lebih kecil RATIO downloadnya
    TAPI KENYATAANNYA Mobile Legend udah mencapai 10-50 Juta Download sedangkan VG masih 5-10jt
    untuk game yang udah lama keluar dan dibilang “Lebih ORIGINAL” ko POPULARITAS lebih rendah daripada MOBILE LEGEND?
    please someone Give me solid answers

    • Jdiwiw berkata:

      Karena ML lebih ringan anjay wkwkw.BtW VG bentar lagi 5vs5 lohh wahh mungkin Vg bakal dpt 50 juta dowloader dong kwkwkw

    • BeelAzazel berkata:

      Maaf nih yak, untuk masalah download lebih banyak mana?
      Iya, lebih banyak ML
      Tapi, para komunitas VG lagi pada nunggu 5vs5 mungkin di uninstal lalu download ML untuk mengurangi kejenuhannya
      Jika 5vs5 VG keluar, mungkin saja game lain di uninstal semua buat download VG lagi
      Dan ML game dengan kapasitas yang kecil, mungkin bisa dibilang game yang merakyat sehingga banyak yang main
      Anak SD yang baru punya hp aja main kok
      VG gasegampang ML ya

    • twelvee berkata:

      wajar lah ML lebih banyak, anak SD baru ngerti maen Hp aja download, kalo nggak ShareIt. Wkkwkwk
      Popularitas okelah ML unggul, tapi dari segi fitur/gameplay yah jangan ngarep unggul dari VG.

    • KamuhaTaka berkata:

      Populer karna spam iklan sana sini bangga gitu?

      Gw bikin simple aja
      Liat aja orang diIndonesia sekarang kebanyakan (gk semua)
      Lebih pilih barang kw yang harga nya lebih “murah” tapi kualitas gk terjamin ketimbang ori yang berkualitas bagus tapi harga “mahal”

      Ml size lebih ringan pas untuk “anak-anak” yang gk mau ribet download ratusan mb

      Gameplay yang (terlalu) “gampang” dengan sistem “auto aim” tinggal geser analoq nya terus tap attack button

      NAK, KAMU BELUM TAU MOBA ITU SEPERTI APA, RASAKAN DULU DOTA 2 ATAU LEAGUE OF LEGENDS LALU BANDINGKAN DENGAN MOBILE LEGENDS

    • Cahya berkata:

      Bneran mau pke real statistik, coba ubah region playstorenya, gabungin jmlh donlot semua server VG vs jmlh donlot semua server ML, mana yg lbih besar jmlh donlotnya ๐Ÿ™‚ thanks,.

    • Rayhan berkata:

      Bocah VG itu kebanyakan download APK Data tong jadi dikit di playstore

    • Anonymous berkata:

      Popularitas kurang? Hahaha lu bandingin di server sea doang goblok, masak lu tega main moba yang jelas2 ngeplagiat game lain

  20. Harrier berkata:

    Bahahaha agan ‘Moba is Life’ gx baca penjelasan di atas… Baca dlu brader…

  21. Arya berkata:

    Udah pernah maen dua2nya. Suka dua2nya, gak menghina salah satunya. Ini kayak milih antara naek motor matik atau kopling. Punya penggemar masing2. Yg masih menghina salah satunya, itu cuma bocah yg pikirannya msh kanak2. Org dewasa itu bisa menghargai usaha org lain.

    Mari kita ngegame tanpa nyacat yg lain, toh otak2 kalian itu belum bisa bikin yg moba analog atau tap sekalipun.

  22. ANMU berkata:

    Ngakak 4G LTE
    gw baca komen di atas :”v
    Tp pendapat gw sih, keduanya ada kekurangan dan kelebihannya masing2 so kita tinggal milih aja mau main yg mana.
    Btw gw player vg, gw lebih pilih vg karena dia gk pke “pay to win” *search Google aja kalau gk ngerti.
    Jadi terasa adil. Yg menang yg skill main game nya paling GG, bukan yg paling banyak uang nya. Kan makin terasa gamers nya ๐Ÿ™‚

  23. Malik berkata:

    Gw sebelumnya main mlbb tp pindah ke vg karena vg lebih bagus grafiknya dan gak p2w. Selain itu gw gak masalah sih sama analog. Cuma setelah gw ngerasain vg emang analog kurang cocok bagi gue, apalagi bikin jempol panas krn nempel di hp terus.

  24. Gestian berkata:

    Gw main ke 2 nya..tpi lbih sering Vg sh klo Ml buat selingan aja…knp bgtu? soalnya Ml itu pake sistem Pay to Win.. Jadi serasa gk fair aja game play nya…apa lagi tuh analognya susah bgt buat lock musuh buat hit…dan yg gue suka dari Ml itu 5vs5 nya…tu doang, tpi entah knp game play ttep enakan Vg munkin selera org beda2 kali ya

  25. Kuping kelinci berkata:

    Mobile Arena dong, lebih stabil daripada mobile legend. Emang bener deh kaya nya plagiat tuh mobile legend

  26. enaa berkata:

    Soal gameplay sih selera orang ya, tp ga suka ML soalnya ML plagiat, dah kena kasus aja masih plagiat, miris

  27. Vytto berkata:

    Jelas bagusan vg lah lebih menarik,dari pada ML game nya ngikutin game moba lainnya.

  28. gamer berkata:

    Ml hmm vg
    Game yg dua.duanya bagus
    Dota Hmm lol
    Untuk versi pcnya
    Kalo main game main aja nggak perlu ngejek tinggal main doang aja gamenya masih di ejek
    Gua liat komen yg pada ngejek2 itu udah kayak asshole
    Coba loe yg buat Trs game loe di ejek kan asshole
    Main tinggal main aja gak usah ngejek
    #nogamenolife

  29. Tukang tipu berkata:

    Dari segi grafis dan koneksi stabil
    VG jauh di atas ML.
    Tapi dari segi gameplay dan kontrol
    Ane lebih suka ML,
    Cuma yg paling gak saya suka dari ML
    Lag nya luarr biasa

  30. Madh jr berkata:

    Ane udah coba dua dua nya..sebagai noob game moba..ane berpendapat ml lebih mudah dimengerti cara main nya lebih simpel gitu ga kayak vg.. tapi vg grafis nya emang jauh lebih bagus lebih detail pula..
    Intinya kalau buat yg masih belajar game moba ml lebih gampang dimengerti dibanding vg..tapi buat yang udah pro main moba vg kayaknya lebih disaranin soalnya kualitas grafis..game play..koneksi nya jauh diatas ml..sekedar pendapat ..peace

  31. Firless berkata:

    Saya dulu ML user, dulu pas nyari game moba android liat VG sizenya gede takutnya ngelag jadinya coba main ML deh. Tapi belakangan ini saya cobain main VG dan ternyata lebih lancar daripada ML. Oiya btw saya tadi liat info dari developer VG, sebentar lagi gameplay VG bakal jadi 5v5 dan 3 lane. Proyeknya sih lagi digarap dan dalam waktu dekat mau dirilis.
    No offense yaaa

  32. BeelAzazel berkata:

    Ini hanya pembahasan dan perbandingan diantara 2 game MOBA yang sedang bersaing ketat, tapi tak melupakan saingan lainnya
    Hmmm…
    Menurut ane karena ane main keduanya, ane bisa ngerasain perbedaannya
    Jadi, ane lebih memilih VAINGLORY sebagai game MOBA android terbaik dan menyarankan untuk dimainkan jika hp anda mempuni
    Sedikit tambahan ya, emang dari segi grafis dan gameplaynya VG pemenangnya menurut ane
    Di VG rangkednya menantang, dan jika salah satu tim ada yang afk kalo kalah rangked nya ga berkurang
    Dan, pasti kalian semua menanti 5vs5 nya VAINGLORY kan?
    Dev SEMC sedang mengerjakannya, versi 3.0 sudah 5vs5 sedangkan saat ini VG masih 2.8 tgl 6 update 2.9
    Persiapkan dirimu

  33. Jorge berkata:

    Bagus tulisannya. Tapi perlu diupdate artikelnya. Moonton baru beres gelar turnamen tingkat Asia Tenggara di awal Sept 2017. Lalu VG bakal gelar jg turnamen Asia Tenggara di Jakarta.

    Saya komentar dari sisi bisnis aja. Kalo dari user experience balik lagi ke selera setiap gamer yg beraneka ragam/tidak mungkin sama .

    VG lebih dulu merebut pasar daripada ML, lalu sekarang kue pasar dikuasai ML karena penetrasinya lebih luas ( low end,mid , high smartphone).

    Dan sepengamatan gw, jangkauan VG juga sempit dari sisi usia gamernya. User ML variasi dari anak SD sampe “pengangguran”yg suka nongkrong di pinggir jalan. Sedangkan VG didominasi usia produktif (15-35), (bukan berarti tidak ada anak SD yg ikutan main ya.) Dikarenakan tingkat kesulitan gameplay dan penggunan smartphone high end.

    Lalu ditambah ML yg lebih agresif monetize produknya. Agak aneh melihat VG harusnya lebih bisa “mengkomersilkan” game nya berdasarkan demografi usernya. Jika boleh pake rumus : durasi main game X jumlah user X penetrasi medsos. VG tertinggal beberapa langkah. Servernya yg masih lancar hingga skrg ,bisa dibilang peak time (saat dimana jumlah gamer tertinggi dan maen bersamaan dgn durasi lama) belum bisa membuat server kelebihan beban.

    Jadi mari kita lihat apakah turnamen VG jakarta nanti bisa menandingi turnamen ML sebelumnya. Dari sisi hype gamer dan hadiahnya.

    Dan skrg ada pemain lokal Mobile Arena yg versi luarnya adalah Act of Valor. Yg katanya grafis lbh bagus dr ML dan server ditaruh di lokal (INA).

  34. twelvee berkata:

    oke ikut komen juga, ah.
    untuk game Moba mobile yg terbaik dari segi manapun yah VG jauh lebih unggul.
    1. Grafis
    2. No pay2win
    3. Gameplay yang rumit dan menarik
    4. Wadah internasional (Bahkan team2 Esports besar macam TeamSOloMid, Cloud9, Secret ikut andil di VG)
    5. Perfected for touch. Jauh lebih presisi ketimbang Analog

    Nah kalo untuk masalah size sih yah nggak masalah buat gue, yg penting Spec Hp dah cocok aja :))

    Saran gue buat game ML atau player ML hehehe
    1. We need vision (Ini yang paling menyedihkan dari ML, nggak ada fitur ward/flare di dalam game, bahkan game AOV aja yang dibilang saingannya ML itu pake. Eh, sorry yah, menurut gue sih VG bukan saingan ML, mungkin Ml aja yang pengen bersaing sama VG :))
    2. Nggak ada fitur item click ๐Ÿ™
    (oke-oke, emang gameplaynya Ml dibikin sesederhana mungkin, tapi yah kenapa gameplaynya sederhana, tapi disisi lain fitur gamenya ribet)
    3. LoL
    (iyah LoL, bukan League of Legends, tapi Laugh Out Loud. Ngakak parah waktu gue coba maininnya, dimana kita saat main pasti selalu ada di posisi Radiant, kalo di dota 2, atau selalu ada di posisi bawah. dan gue bingung sama gameplay beginian)
    4. Ini mah saran aja, tapi nyindir dikit.
    (Gue download ML, weh sizenya kecil juga. Nyoba main terus gue uninstall, dan gue nyesel buang kuota buat download game beginian. VG mending gue buang kuota banyak, tapi puas banget)

  35. aaaaaawwwwwwwwww berkata:

    Main AOV dapat 7M

  36. ziger berkata:

    Pengenalan perdana 5v5 vg di bulan desember bersamaan dengan vg word championship di singapore semoga aja lebih seru daripada heroes of order&chaos dulu

  37. Lutfi berkata:

    Untuk play score saya pribadi memilih mobile legend. Selain hal yang sudah di ulas oleh blog ini menurut saya ML punya jumlah hero yang lebih banyak dan cukup balance di setiap patchnya, sehingga memberikan pengalaman bermain yang berbeda, Alih alih mempertahankan orosinalitas 3v3 ML memilih mode 5v5 sebagai match making utamanya ini juga menjadikan permainan lebih tidak membosankan. Alasan personal saya juga hero2 di ML juga memiliki skill set yg lebih menarik drpd vg.

  38. KamuhaTaka berkata:

    Mau dari segi apapun ml tertinggal dari vg
    1. Gameplay
    Gameplay dari vg ini benar benar original dan beda dari moba lain yang mempunyai mode 5v5, developer juga bilang sendiri kalau “3v3 itu sangat untuk mobile”, ini yang bikin teamfight di vg lebih intens ketimbang ml. Bayangin lu lagi teamfight, lu sebagai kapten harus selalu pantau ally lu karna di vg ada item aktif yang bisa membantu pada saat teamfight gk seperti ml

    2. Grafik
    Jauh. Grafik ml terlalu kartun, malah hampir mirip anime 2D.

    3. Map
    Terlalu monoton, gk ada beda dengan moba yang lain, ada sungai di tengah tengah map, jungle monster pun itu2 aja. Berbeda dengan vg, jungle vg berisi jungle monster dan crystal sentry (penambang kristal) yang bisa dibunuh untuk mendapatkan gold dalam jumlah yang lumayan.

    4. In game chat
    Kenapa vg tidak menghadirkan fitur chat dalam game? Tujuan untuk menghindari toxicity dari player toxic, menurut saya ini langkah yang pintar dari SEMC selaku developer vainglory. Berkat ini tidak ada yang bisa menggunakan kata kasar didalam game.

    5. Skin
    Vg mempunyai lebih banyak skin dengan ilustrasi yang lebih baik dari ml. Karna vg mempunya orisinalitas nya sendiri, berbeda dengan ml yang mempunyai skin hampir sama dengan moba pc seperti League of Legends. Dalam vg juga skin TIDAK MEMPENGARUHI STAT SUATU HERO berbeda dengan ml yang saat MENAMBAH STAT SUATU HERO ketika menggunakan skin baru

    6. Promosi
    Vg tidak melakukan promosi berupa iklan tidak seperti ml yang menggembor gemborkan iklannya yang selalu muncul “hampir disetiap situs yang saya kunjungi”. Vg tidak melakukan spam iklan seperti itu.

    7. Hero
    Vg mempunyai desain hero yang lebih mudah dikenali daripada ml. Saat pertama kali saya bermain ml saya hampir mengira kalau hero yang saya pakai itu sama dengan rekan setim. Desain warna dan bentuk armor nya terlalu “monoton”. Hero pun beberapa ada yang unbalanced/imba/over powered.

    8. Item
    Item aktif? Flare/ward? Jangan harap lu bisa nemuin item itu di ml, hero lu masuk semak semak? Musuh gk bakalan tau kecuali mereka masuk ke semak yang sama dengan semak lu. Di vg lu masuk semak? Jangan santai dulu, bisa ada scout trap (ranjau) yang memberi vision untuk lawan yang memasang scout trap.

    Itu lah keunggulan vg dibanding ml. Ml boleh 5v5 tetapi gameplay tetap lebih intense VG Dan juga jangan terlalu bangga dengan kepopuleran ml karna ml hanya populer berkat bantuan iklan yang jujur BENAR BENAR MENGGANGGU, karna setiap saya menonton video selalu muncul … yah begitulah.

  39. rafi db berkata:

    moba analoggg ??? pffffttt rental ps kelesss .,,..moba ya touchscreen
    vainglory jelass lebih keren kaya dota asli…apalagi besok update 5 v 5 …bingungg lu ml

  40. mayuta berkata:

    semua hero ML bisa kita main kan di VG…
    nah smua hero VG bisa nggx dimainkan di ML…. kayak caleste atau ozo misal ny…
    hahahahahah….

  41. adam berkata:

    saya kurang begitu paham dengan analog untuk moba

    untuk segi kemudahan memang analog sangat jauh lebih muda

    tp untuk presisi? sorry to say touch jauh lebih unggul , sistem touch memeberi akses cepat untuk menandai target mana yang akan dibserang dulu tanpa prlu drag

    dengan sistem touch variasi skill bisa bermacam-macam, buat player VG pasti tau ozo ,skye , kestrel(ulti) , taka( hero yg butuh target spesifik,biasanya ngincer carry yg di blakang) jelas skill2 tsb nggak bsa kita main kan di analog.

    untuk segi 3v3
    beta 5vs5 udah kluar
    tp sejujurnya sya kurang setuju , karena pada dasarnya ini adalah mobile game, tapi SEMC ttp memikirkan dr segi bisnis untuk menghadapi mobile legend Dkk.

    dan tmn2 bisa liat di youtube gmn VG 5v5

    mngkin bisa di katakan beda kasta, item build, skill aktif , item roamer , butuh item khusus untuk melawan hero trtentu.

    tapi sejujurnya
    mngkin buat moba analog g prlu pindah d VG, di VG jauh lebih susah dan item buil butuh waktu untuk belajar, jg karakter masing2 hero yang berbeda jauh.

  42. Usen vanello berkata:

    Gua rasa ini saatnya pensi, berasa main dota engga ada lagi anak” prinital yang bisa seenaknya beli akun, bisa seenaknya joki tier, alhasil tier menengah keatas banayak yang bloon, acak kadul ego tinggi bacot gede mainnua nihil. Gua harap di vainglory 5v5 bisa lebih jernih buat para gamers kedepannya. Gada lagi pay to win dan engga ada lagi analog… welcome vainglory :))

  43. ruliel berkata:

    hdh…..,ngapa ribut amat y,gua bahkan main 3game moba di hp,dari mobakok ngedrag,mobakok analog,mobakok plagiat.ampe mabok dah gua.sekian hh woles this is a perfect game,i like all game moba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *