5 Cara Ampuh Mengatasi HP Asus yang Lemot Agar Lancar Lagi

Pembahasan utama kita disini ialah mengembalikan performa HP Asus agar tidak lemot. Namun sebelum mengetahui cara mengatasi HP Asus lemot, baiknya pahami dulu penyebabnya.

Performa yang lemot atau lelet biasanya terjadi di HP Asus model jadul, walaupun HP Asus model terbaru juga sering terasa lemot. HP Asus cepat panas dan lemot sudah menjadi makanan sehari-hari, terutama di ponsel jadul tersebut.

Selain kurang baik dari sisi penggunaan yang menyebalkan karena lemot nya minta ampun, harga jual HP tersebut juga akan sangat rendah.

HP Android lemot bisa disebabkan banyak faktor. Bahkan dengan sentuhan kecil saja, HP Asus Anda bisa kembali ke performa terbaik.

Cara Mengatasi HP Asus Agar Tidak Lemot

Nah, bagi Anda pengguna ponsel Asus, tidak usah khawatir jika ponsel sudah mulai lemot dan kinerja nya sudah merosot. Dalam ulasan ini akan dibahas cara mengatasi HP Asus lemot.

Langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Bersihkan Multitasking

Membuka satu aplikasi dan berpindah ke aplikasi lain, hal tersebut akan memberatkan kinerja RAM, sehingga mempengaruhi performa ponsel terutama jika RAM HP anda cukup kecil.

Semakin banyak aplikasi yang dibuka bersamaan, semakin berat juga kinerja ponsel. Jika hal tersebut dibiarkan, jelas dapat memengaruhi performa ponsel dan semakin lama menjdi lemot.

2. Clear Cache Aplikasi

Cache merupakan file sampah yang secara otomatis tersimpan efek dari penggunaan aplikasi. Tumpukan cache yang tinggi akan menyita ruang penyimpanan internal pada device Asus anda.

Untuk cara mengatasi HP Asus lemot karena cache, kamu bisa melakukan penghapusan cache secara manual dengan pergi ke menu Pengaturan > Aplikasi > kemudian pilih aplikasi yang ingin dihapus cache nya.

cara mengatasi hp asus lemot

Jika tidak ingin repot clear cache satu-persatu, juga dengan cara lain yakni install aplikasi pembersih, seperti CCleaner atau Deep Clean.

3. Hapus Aplikasi Dan Foto Yang Tidak Diperlukan

cara mengatasi hp asus lelet

source: pixabay.com

Cara mengatasi HP Asus lemot selanjutnya adalah dengan pembersihan pada foto yang serupa. Bisa juga membersihkan file gambar dari WhatsApp, yang mana biasanya file dari WA justru jumlahnya sangat besar.

Selanjutnya adalah gambar hasil screenshoot, maka juga wajib untuk dipilih mana yang sekiranya layak untuk dihapus.

Jangan pernah mengira bahwa sticker-sticker buatan sendiri atau kiriman teman di WhatsApp itu tidak memakai memori. Hal itu juga memakan memori ponsel dan menjadi salah satu penyebab ponsel lemot.

Maka dari itu kita harus mulai rajin bersih – bersih percakapan di WhatsApp, kiriman dari grup-grup, bisa dengan clear chat agar memori penyimpanan jauh lebih luas.

Jika memang penting, maka bisa simpan terlebih dahulu chat serta seluruh medianya ke e-mail. Karena akun Gmail telah memerikan fasilitas beberapa GB secara gratis untuk penyimpanan cloud.

4. Cek Hasil Download Dokumen Atau File

Jika foto dan semuanya telah dihapus tapi HP Asus masih dirasa lemot. Maka, cara mengatasi HP Asus lemot selanjutnya adalah periksa dokumen hasil download. Supaya lebih memudahkan, bisa dengan install file manager dan lakukan pembersihan setiap foldernya.

Folder yang dicurigai memakan banyak memori adalah folder dari WhatsApp > media > download > mulai file foto, video, sticker, dokumen dan lain. Selanjutnya yang rawan memakan memori adalah dari Telegram.

Karena aplikasi ini berbasis cloud maka kalau kita menonton film atau video panjang yang tidak pas dengan pemutaran cloud, maka harus kita download. Salah satu penyebab HP Asus lemot, file besar yang terdownload tanpa kia sadari.

5. Reset ke Pengaturan Pabrik

Jika keempat cara di atas belum juga mampu dalam mengatasi masalah HP Asus yang lelet dan terasa ngelag, maka langkah terakhir yaitu melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik.

Dengan melakukan reset, ponsel Asus akan dikembalikan ke settingan pabrik dan akan terasa seperti baru. Tapi perlu diingat, bahwa tindakan reset ini akan menghapus seluruh data dalam smartphone, jadi kamu wajib melakukan backup data sebelum reset pabrik.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah 5 cara mengatasi HP Asus lemot dengan sederhana. Cara di atas bisa dilakukan oleh siapa saja untuk mengatasi HP Asus lemot. Namun jika masih tetap lemot, mungkin dengan reset factory bisa teratasi. Selamat mencoba.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.