Cara Menghilangkan Iklan Yang Menggangu di Android, Selamanya! (Tanpa Root)

Iklan yang mengganggu di ponsel android itu membuat jengkel, bahkan terkadang sering membawa virus. Banyak orang mencari cara menghilangkan iklan yang mengganggu di ponsel Android mereka.

Iklan memang bukan hal yang asing lagi bagi kita. Saat sedang browsing di internet, beberapa website menyuguhkan iklan untuk mendapatkan penghasilan bagi pemiliknya.

Begitu pun dengan para developer aplikasi dan game android, mereka juga menyematkan iklan ke dalam aplikasi untuk meraup keuntungan.

Sebenarnya boleh-boleh saja menampilkan iklan di aplikasi ataupun website miliknya, akan tetapi harus dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan.

Bayangkan, dalam sebuah website terdapat iklan bejibun, ditambah lagi jika ada iklan pop-up/pop-under yang tiba-tiba muncul ketika kita mengklik area website/aplikasi tersebut.

Belum lagi jika iklan tersebut tiba-tiba memotong pulsa kamu, dan kamu langsung mendapat layanan sms berbayar dan berlangganan suatu layanan.

Sangat mengjengkelkan, bukan? Bukannya mendapat informasi yang kita cari, tetapi malah mendapati iklan sebagai suguhan.

Nah, iklan inilah yang sebenarnya sangat tidak disukai pengunjung dan para penikmat aplikasi android.

Sekarang disini saya ingin membagikan sebuah tutorial mengenai cara untuk menghilangkan iklan yang mengganggu di hp android. Tanpa perlu ROOT!

Download Game War of Rings Android

Cara Hilangkan Iklan Menganggu Saat Browsing

Pertama, saya akan tunjukkan bagaimana cara menghilangkan iklan yang mengganggu saat sedang browsing di internet.

1. Gunakan Chrome

Yups, aplikasi Google Chrome secara default memang akan menampilkan iklan saat browsing. Tapi dengan melakukan beberapa setelan, iklan yang ada di website tidak akan muncul/diblok.

Begini cara setting Google Chrome agar tidak menampilkan iklan:

  • Pertama masuk ke menu Setting » Site settings » Pop-ups.

Cara Hapus Iklan di Google Chrome

  • Kemudian nonaktifkan. Biar lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Pop-ups di Google Chrome

Jika anda ingin memblokir iklan secara total saat browsing menggunakan Chrome, maka anda perlu menonaktikan JavaScript.

  • Pergi ke Settings » Site settings » JavaScript. Kemudian nonaktifkan.

Cara Mematikan JavaScript di Chrome

Tapi perlu diingat, bahwa mematikan JavaScript memang bisa memblokir iklan dan pop-up yang muncul, tapi beberapa fungsi dan fitur website yang menggunakan JavaScript juga tidak akan berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, jika ingin menambahkan pengecualian pada website tertentu agar JavaScript tetap berfungsi, pilih ADD SITE EXCEPTION.

Nah begitulah cara memblokir iklan yang mengganggu saat browsing menggunakan Google Chrome.

2. Gunakan AdBlock Browser

Jika anda bukan pengguna Chrome dan tidak mau ribet melakukan setelan ini-itu, maka pilihan terbaik bagi anda adalah menggunakan aplikasi Adblock Browser.

Aplikasi ini telah dirancang untuk browsing tanpa iklan. Tidak perlu ribet melakukan setting, cukup install dan browsing lewat Adblock Browser, maka iklan meengganggu akan sirna.

Dengan begitu browsing anda akan lancar tanpa gangguan iklan pop-up yang mengganggu, dan anda tidak akan terkena iklan-iklan jebakan batman.

Anda bisa mengunduh aplikasi Adblock Browser di Google PlayStore, secara Gratis!

3. Gunakan UC Browser

Hampir setiap browser memiliki fitur untuk memblokir iklan. UC Browser adalah salah satunya. Anda cukup melakukan sedikit pengaturan agar iklan tidak tampil saat browsing.

  • Pertama masuk ke menu Setting (icon gear) kemudian scroll ke bawah, lalu pilih Ad Block.

Cara Hapus Iklan di UC Browser

  • Kemudian aktifkan Ad Bloker. Jika iklan sangat mengganggu, aktifkan juga pilihan Powerful Ad Blocker.

Cara Akifkan Ad Blocker di UC Browser

Dengan begitu, iklan yang mengganggu tidak akan muncul kembali.

Cara Hilangkan Iklan di Game dan Aplikasi Android

Hapus Iklan Dengan Aplikasi NoRoot Firewall

Berdasarkan pengalaman penulis, aplikasi ini cukup ampuh untuk memblokir iklan di aplikasi ataupun game (offline).

Sebuah iklan muncul di game atau aplikasi karena ponsel terhubung ke internet. Oleh karena itu, jika anda tidak ingin melihat sebuah iklan di game yang anda mainkan, ponsel tidak boleh terhubung ke internet.

Untuk itulah aplikasi NoRoot Firewall dibuat. Dengan aplikasi ini, anda bisa mengatur aplikasi/game mana saja yang tidak boleh mengakses koneksi data.

Selain itu, aplikasi ini tidak memerlukan akses root. Sebelum menggunakan, anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu di PlayStore.

Begini cara menggunakan aplikasi NoRoot Firewall.

  • Pertama buka aplikasi NoRoot Firewall. Klik Start, kemudian akan muncul peringatan.

Konfirmasi NoRoot Firewall

  • Centang “I trust this application” kemudian klik OK.
  • Lalu masuk ke tab APPS. Disana akan ada daftar semua aplikasi dan game. Disinilah anda bisa mengatur aplikasi mana saja yang diijinkan untuk mengakses internet dan yang tidak boleh mengakses internet.

Gambar dibawah ini adalah contohnya.

Hapus Iklan di Android dengan NoRoot Firewall

Game The World 3 saya blokir akses internetnya agar tidak muncul iklan, karena memang basis game ini offline dan bisa dimainkan tanpa koneksi data.

Selanjutnya terserah anda mau atur aplikasi/game apa saja yang akan diblokir akses internetnya.

Dengan begitu, game yang anda mainkan tidak akan menampilkan iklan. Tapi hal ini tidak berlaku bagi game online seperti MOBA, atau Game RPG Online (MMORPG). Karena kedua jenis game tersebut memerlukan koneksi internet agar bisa dimainkan.

Tak terasa anda sudah membaca sampai akhir artikel. Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan beberapa unek-unek sebagai pemilik blog.

“Iklan adalah salah satu sumber pendapatan pemilik blog dan pengembang aplikasi. Tanpa uang dari iklan, mereka akan kesulitan dana dalam mengembangkan blog dan aplikasinya. Akibatnya jika blog/aplikasi tersebut mati, anda tidak akan mendapatkan informasi secara gratis lagi.

Maka dari itu, penulis berpesan agar menghargai setiap iklan yang ada, asal iklan tersebut tidak mengganggu. Karena dari iklan itulah para pemilik blog dan pengembang aplikasi bisa mendapat uang untuk makan dan biaya perawatan blog/aplikasi mereka.”

Semoga artikel ini bisa mengatasi permasalahan anda. Jangan lupa bagikan kepada teman-teman yang memiliki masalah dengan iklan yang mengganggu di hp android mereka.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *