Cara Mudah Mengatasi Tombol Volume HP Oppo Tidak Berfungsi

Bagaimana jika tombol volume HP Oppo mengalami kerusakan yang menyebabkan nya tidak berfungsi untuk mengatur volume HP? Pastinya akan repot ya, karena tombol volume merupakan salah satu komponen vital pada smartphone.

Oleh karena itulah, dalam artikel ini saya akan berbagi tentang cara mengatasi tombol volume yang rusak atau tidak berfungsi di HP Oppo.

Caranya cukup mudah, jadi pastikan untuk menyimak sampai selesai.

Seperti yang kita tahu, bahwa ponsel Oppo juga merupakan barang elektronik yang bisa rusak, entah itu karena kecelakaan, kesalahan pengguna ataupun cacat dari pabrik. Salah satu komponen yang bisa mengalami kerusakan adalah tombol volume.

Ketika tombol volume tidak bisa dipencet atau rusak, maka aktivitas ber-ponsel juga akan terganggu, misalnya seperti nonton youtube, dengerin spotify, main game dan lain sebagainya.

Tapi tenang saja, kamu tak perlu khawatir. Karena ada solusi mudah untuk memperbaiki tombol volume yang tidak berfungsi di HP Oppo tanpa harus pergi ke tukang servis.

Bagi kamu yang sukanya gratisan dan tak mau repot, maka cara yang saya jelaskan dalam artikel ini patut kamu coba.

Silahkan simak caranya di bawah ini.

Cara Memperbaiki Tombol Volume yang Rusak di HP Oppo

Untuk mengatasi tombol volume HP Oppo tidak berfungsi tanpa harus pergi ke tempat servisan, maka kamu hanya perlu menginstall aplikasi pihak ketiga yang berfungsi sebagai tombol volume virtual.

Di Google Playstore, ada berbagai aplikasi yang membantu kamu membuat tombol virtual yang berfungsi untuk mengatur volume suara di HP Oppo.

Dan aplikasi yang saya pakai dalam tutorial ini adalah Always visible volume button, karena saya rasa aplikasi ini cukup stabil dan ukurannya sangat ringan.

Simak langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara install dan setting aplikasinya.

• Pertama, silahkan buka Playstore dan cari aplikasi Always visible volume button <= atau klik link ini jika pengen langsung menuju ke TKP.

cara mengecilkan dan membesarkan volume tanpa tombol Hp Oppo

• Setelah berhasil install aplikasi Always visible volume button, silahkan buka aplikasi tersebut.

• Setelah aplikasi terbuka, pastikan kamu mengaktifkan aplikasi ini dengan menekan tombol di bawah “Always visible volume button” menjadi hijau. Lihat gambar di bawah ini.

cara memperbaiki tombol volume hp oppo yang rusak

• Kemudian aplikasi akan meminta izin akses, dan pastikan untuk memberikan izin akses aplikasi ini di HP Oppo milikmu. Contohnya bisa lihat pada gambar di atas.

• Sekarang silahkan coba keluar aplikasi dengan menekan tombol home, dan kamu akan menemukan tombol volume virtual yang melayang di layar HP. Kamu bisa mengatur letaknya sesuka hati.

cara mengatur volume hp oppo tanpa tombol

• Selain tombol melayang, kamu juga bisa mengatur volume menggunakan tombol virtual yang berada di bar notif. Jika tombol melayang membuat kamu tidak nyaman, kamu bisa menghilangkannya dengan menonaktifkan tombol hijau yang ada di bar notif.

cara mengatasi tombol volume hp oppo tidak berfungsi

• Sampai disini sudah selesai. Aplikasi sudah aktif dan sekarang kamu bisa mengatur volume HP Android tanpa tombol volume fisik.

Artikel Terkait:

Akhir Kata

Demikianlah tutorial tentang cara mengatasi tombol volume yang tidak berfungsi di HP Oppo dengan mudah. Semoga tutorial di atas berguna untuk kamu yang ingin mencari solusi memperbaiki tombol volume yang rusak tanpa harus keluar duit.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.