Cara Flash Lenovo A319 via SP Flashtool (Tested), Ternyata Mudah!

Cara Flash Lenovo A319 – Salah satu masalah pada Lenovo A319 yang seringkali dialami oleh pengguna adalah ponsel yang mengalami bootloop (hang on logo), mati total, hardbrick, lupa pola, ponsel terkena malware, dll.

Jika smartphone android Lenovo A319 Anda juga mengalami hal seperti di atas, maka salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan cara flashing Lenovo A319 via SP Flashtool.

Dalam metode flashing HP Lenovo A319 ini, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Untuk mengatasi Lenovo A319 yang mati total atau bootloop, kali ini saya akan menggunakan software flashing yang cukup terkenal, yaitu SP Flashtool.

SP Flashtool adalah software flashing khusus untuk smartphone berchipset Mediatek (MTK), jadi tidak khusus untuk flashing ponsel Lenovo saja, tapi semua smartphone android yang menggunakan chipset Mediatek.

Cara flash Lenovo A319 via SP Flashtool ini bukanlah hal yang sulit, selama anda mengikuti tutorial ini dengan benar, saya yakin anda bisa melakukan flashing sendiri tanpa harus pergi ke tukang service.

Berikut ini cara flash Lenovo A319 via SP Flashtool, simak sampai selesai!

Cara Flash Lenovo A319 via SP Flashtool

Cara flash Lenovo A319 via SP Flashtool ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda hanya butuh waktu kurang lebih 10 – 15 menit saja paling lama untuk melakukan prosedur dalam flashing smartphone Lenovo A319 ini.

Dalam penerapannya, yang paling penting untuk Anda siapkan adalah semua alat dan juga bahan yang dibutuhkan. Sebelum Anda memulai proses flashing, ada beberapa alat dan bahan yang Anda perlu siapkan, diantaranya sebagai berikut ini..

Alat dan Bahan Flashing Lenovo A319

  1. Siapkan komputer/laptop/PC Windows dan kabel USB yang masih baik.
  2. Download SP Flashtool
  3. Download USB Driver MTK
  4. Download Firmware Lenovo A319 (861 MB)

Kalau sudah semua persiapan dan bahan diatas, sekarang tinggal ikuti tutorial cara flash Lenovo A319 via SP Flashtool berikut ini. Namun yang Anda perlu tahu bahwa proses flashing ini akan menghapus seluruh data di memori ponsel anda, jadi pastikan lakukan backup data terlebih dahulu jika memungkinkan.

Jika sudah yakin ingin melakukan flashing, silahkan ikuti langkah – langkahnya berikut ini..

Baca Juga:

  1. Cara Flash Lenovo P770 via SP Flashtool
  2. Cara Flash Lenovo A7000 via SP Fashtool
  3. Cara Flash Lenovo A6000 via QFIL/QPST
  4. Cara Flash Lenovo A1000 via Research Download

Langkah Flashing Lenovo A319

  • Pertama – tama Anda perlu nonaktifkan handphone dan lepas baterainya. Sebenarnya walau baterai tidak dilepas tidak masalah, akan tetapi agar lebih maksimal sebaiknya Anda lepas.
  • Selanjutnya Anda perlu download semua bahan yang dibutuhkan dan jangan lupa ekstrak semua file nya.
  • Selanjutnya anda perlu melakukan instalasi driver MTK di komputer atau di laptop Anda.
  • Buka kemudian SP Flashtool dengan cara Anda membuka folder hasil ekstrak SP flashtool dan cari file flash_tool.exe kemudian jalankan dengan cara klik kanan > Run as Administrator.
Cara Flash Lenovo A319 via SP Flashtool
  • Tampilannya akan seperti ini..
Cara Flash Lenovo A319
  • Selanjutnya pilih Scatter-loading dan arahkan ke folder firmware Lenovo A319 yang tadinya Anda ekstrak. Lalu pilih file MT65xx_Android_scatter, lalu klik Open.
Cara Flash Lenovo A319 mati total
  • Tunggu sampai file berhasil dimuat.
  • Centang semua opsi yang ada. Jangan lupa pilih “Download Only“.
Cara Memperbaiki Lenovo A319 mati total
  • Setelah itu klik Download pada kotak dialog yang tersedia.
  • Sambungkan ponsel Lenovo A319 ke laptop sembari menekan tombol volume atas (+).
  • Warna kuning menjadi tanda bahwa suatu proses sedang berjalan, tunggu sampai benar – benar keluar tanda centang hijau “Download OK” yang artinya proses flashing sudah selesai.
Flashing Lenovo A319 Berhasil
  • Setelah langkah selesai, cabut smartphone dari PC.
  • Kemudian pasang kembali baterai Lenovo A319 jika sebelumnya Anda lepas dan nyalakan handphone Anda kembali.
  • Proses booting Lenovo memang agak lama, sehingga Anda harus sabar sampai menu – menunya semua tampil.
  • Jika menu sudah muncul maka metode flashing via Flashtool yang Anda lakukan lancar dan berhasil.

Itulah cara memperbaiki Lenovo A319 mati total, bootloop, lupa PIN/pola, dll dengan cara flashing yang bisa Anda terapkan dari awal sampai akhir.

Jika flashing gagal, coba ganti versi SP Flashtool atau ganti dengan versi firmware yang lain. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Dan jangan lupa share artikel ini jika menurut anda berguna agar orang lain juga mengetahui manfaat dari cara flash Lenovo A319 ini.

Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *