Mudah! Cara Cek IMEI di HP Android (Semua Merk), Dijamin Berhasil!

Tidak semua pemilik ponsel mengetahui kode IMEI. Apalagi yang tidak mengetahui cara cek IMEI di HP android. Sekedar info, deretan angka unik ini berfungsi penting bagi smartphone.

Menurut beberapa sumber, kode-kode ini bisa dipakai untuk mempercepat pencarian handphone yang dicuri.

Nah dalam artikel ini saya akan berbagi tentang beberapa cara untuk mengecek IMEI di HP Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, Nokia, Huawei, LG, Advan dan semua merk HP Android lainnya. Karena hampir semua ponsel Android itu sama, maka cara cek IMEI ponsel nya pun tidak jauh berbeda antara merk satu dengan yang lain.

Tapi sebelum membahas hal tersebut lebih lanjut, sebaiknya anda perlu mengenal apa sih IMEI itu?

Apa itu IMEI?

Menurut Wikipedia, IMEI merupakan kependekan dari istilah International Mobile Equipment Identity. Sebuah kode identitas pada ponsel yang berlaku di seluruh dunia. Kode IMEI sendiri memiliki urutan angka unik.

Maka dari itu, semua ponsel di dunia memiliki IMEI yang berbeda-beda, tidak pernah sama satu dengan lainnya.

Beberapa fungsi kode IMEI paling penting adalah..

  1. Untuk keperluan identifikasi smartphone.
  2. Bisa dipakai untuk tindakan block connection saat ponsel diretas oknum.
  3. Untuk mempermudah dalam melacak ponsel android yang hilang.
  4. Dan lain sebagainya.

Saat ponsel Anda terjatuh atau hilang, dan Anda yang sudah tahu kode IMEI-nya, maka bisa meminta bantuan gerai operator kartu seluler yang Anda pakai.

Selanjutnya serahkan nomor kartu dan kode IMEI tersebut. Maka petugas akan membantu Anda melacak keberadaan ponsel tersebut.

Cara Cek IMEI di HP Android (Semua Merk)

Setelah mengenal dan mengetahui fungsinya, tentu Anda semakin mengerti betapa pentingnya mengetahui cara mengecek kode IMEI bagi pengguna ponsel bukan?

Berikut ini beberapa cara cek kode IMEI yang bisa diterapkan pada semua hp Android. Silakan dicoba, dijamin tutorialnya mudah dan cepat.

1. Cek IMEI Dari Menu Pengaturan

Cara cek IMEI pada hp android yang pertama adalah menggunakan fasilitas fitur Setting atau Pengaturan pada ponsel. Sedangkan langkah-langkahnya sebagai berikut, yaitu..

  • Buka menu “Pengaturan/Setting”.
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi “Sistem”. Terkadang dalam beberapa merk tidak ada opsi ini. Jika demikian, abaikan saja dan langsung beralih ke langkah selanjutnya.
  • Kemudian pilih opsi “Tentang Ponsel/About”.
  • Akan terbuka tampilan tentang informasi ponsel. Klik pada “Status”. Lalu pilih “IMEI Information“.

cara cek imei hp xiaomi

  • Maka ponsel akan menampilkan kode IMEI masing-masing nomor selular yang Anda pakai.

cara cek imei samsung

  • Saya menyarankan untuk mencatat nomor IMEI di tempat yang aman agar tidak lupa.

2. Cek IMEI HP Android Dari DialPad

Cek IMEI menggunakan sistem dial merupakan teknik termudah dan tutorialnya paling singkat. Dengan cara ini, anda tidak perlu akses ke fitur setting seperti cara pertama yang membutuhkan jelajah tool lebih banyak.

Ini dia cara cek kode IMEI dengan teknik input dialling, yaitu..

  • Buka ponsel, dan cari menu telepon atau dial/panggilan.
  • Lalu ketik kode *#06#.
  • Tekan enter/call. Dalam beberapa merk ponsel, terkadang tanpa menekan tomboll Call, IMEI akan langsung muncul sendirinya begitu anda mengetik kode *#06#.

cara cek imei oppo

  • Selesai, informasi IMEI akan muncul. Tekan “OK” untuk kembali.

3. Cek IMEI Menggunakan Aplikasi IMEI / Phone Info Tool

cara cek imei hp android

Cara cek IMEI HP yang selanjutnya adalah cek menggunakan aplikasi IMEI / Phone Info Tool. Aplikasi buatan [email protected] ini sudah tersedia di Google Play Store sehingga Anda tinggal mengunduh dan memasang saja pada ponsel.

Sesungguhnya banyak aplikasi pengecek IMEI yang serupa. Namun, aplikasi Phone Info Tool tergolong lebih simpel dan mudah. Belum lagi ukuran aplikasinya sangat kecil, hanya kurang dari 150 KB, jadi tidak akan membebani ruang memori internal ponsel anda.

Setelah download dan instal aplikasi tersebut, Anda tinggal buka aplikasinya. Maka, kode IMEI HP beserta beberapa informasi lainnya akan muncul dengan sendirinya.

Anda tinggal meng-copy atau mencatat IMEI tersebut di tempat yang mudah di ingat.

4. Mengetahui IMEI Melalui Dusbox Ponsel

Cara cek IMEI HP yang terakhir adalah menggunakan dusbox alias wadah HP. Biasanya, pada dusbox ponsel sudah tertera nomor IMEI untuk masing-masing perangkat smartphone.

Jika dusbox HP masih ada, ada bisa mengeceknya pada bagian belakang, contohnya seperti ini..

cara cek mengecek imei xiaomi

Yang saya tandai kotak merah adalah nomor IMEI. Letak nomor IMEI pada dusbox HP mungkin berbeda-beda pada setiap merk smartphone, bisa di bagian belakang, di dalam dus, dan lain sebagainya. Tapi rata-rata sih terletak di bagian belakang.

Penutup

Bagaimana? Mengecek IMEI di HP Android ternyata sangat mudah kan? Kini Anda sudah tahu cara cek IMEI di HP android yang bisa diterapkan pada seluruh merek dan sistem smartphone.

Jangan lupa catat kode IMEI di tempat yang mudah seperti mencatatnya di kertas untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Ada 4 cara mengecek IMEI yang bisa anda lakukan, menurut anda cara mana yang paling mudah? Beri tahu saya lewat komentar ya..

Bagikan artikel ini jika menurut anda bermanfaat, agar orang lain yang masih awam juga mendapatkan manfaat dari artikel ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *