Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung J2 Prime

Sebagai smartphone yang memiliki kapasitas memori internal yang kecil, Samsung J2 Prime memang kerap mengalami masalah memori penyimpanan yang cepat penuh. Oleh karena itulah, dalam artikel ini AndroDot.net akan berbagi beberapa tips dan cara mengatasi memori internal penuh di HP Samsung J2 Prime.

Jadi silahkan simak artikel ini sampai habis agar tidak ada yang kelewatan ya.

Dirilis pada November 2016, Samsung Galaxy J2 Prime langsung menjadi idola masyarakat lantaran spesifikasi yang ditawarkan cukup bagus untuk harga yang terjangkau pada masa itu.

Pada sisi dapur pacu, Samsung J2 Prime menawarkan RAM 1.5 GB, chipset Mediatek MT6737T (28nm), CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan kartu pengolah grafis berupa Mali-T720MP2.

Tak lupa pada sisi memori penyimpanan, ponsel rakyat ini hadir dengan varian memori internal sebesar 8GB dan 16GB, serta dapat diperluas dengan microSD hingga 256 GB.

Kenapa Memori Internal Samsung J2 Prime Cepat Penuh?

Seiring berjalannya waktu, masalah memori penyimpanan penuh di ponsel Samsung J2 Prime ini memang sering menghantui pengguna.

Selain karena memori internal yang kecil, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan memori internal cepat penuh di Galaxy J2 Prime, diantaranya seperti:

  1. Ukuran aplikasi yang selalu bertambah setiap kali update.
  2. Terdapat aplikasi tidak berguna (atau yang tidak pernah digunakan) yang terinstall di HP.
  3. Ukuran game Android jaman sekarang semakin besar.
  4. Terdapat banyak cache aplikasi dan game yang jarang dibersihkan.
  5. Banyak file sampah yang sudah tidak lagi digunakan menumpuk di penyimpanan internal.
  6. Terdapat file menumpuk yang dihasilkan oleh aplikasi, misalnya seperti foto dan video dari WhatsApp, dan lain sebagainya..

Lalu bagaimana cara agar penyimpanan internal HP Samsung J2 Prime tidak penuh? Simak beberapa tips dan cara yang AndroDot.net sudah rangkumkan berikut ini.

Cara Mengatasi Memori Penuh di Samsung J2 Prime

Untuk mengatasi HP Samsung J2 Prime yang mengalami masalah ruang penyimpanan penuh, kamu bisa mencoba beberapa tips dan cara yang saya tulis di bawah ini.

1. Bersihkan atau Hapus Cache di HP Samsung J2 Prime

Cache adalah data sementara yang disimpan di memori penyimpanan ponsel saat aplikasi berjalan di ponsel.

Sebagai contoh, misalnya kamu browsing pakai Chrome, nah saat mengunjungi sebuah website, Chrome akan menyimpan data seperti gambar atau file javascript dan CSS sebagai cache ke memori internal.

Hal ini memungkinkan Chrome untuk memutar konten yang diinginkan lebih cepat dan juga bisa menghemat kuota, karena tidak harus memuat data yang sama 2 kali.

Seiring berjalannya waktu, tentu saja file cache akan terus menumpuk dan menyebabkan ruang penyimpanan penuh di HP Samsung J2 Prime. Untuk mengatasi masalah ini, uang perlu kamu lakukan adalah menghapus cache tersebut secara berkala.

Bagaimana cara menghapus cache di HP Samsung J2 Prime?

Caranya sangat mudah, silahkan ikuti petunjuk berikut ini.

  1. Silahkan buka menu “Pengaturan“.
  2. Selanjutnya pilih menu “Aplikasi“.
  3. Lalu pilih “Manajer Aplikasi“.
  4. Kemudian cari aplikasi yang ingin dihapus cache nya, misalnya Chrome.
  5. Terakhir, klik “Clear Cache” atau “Hapus Cache“.

cara menghapus cache samsung j2 prime agar memori tidak penuh

Jika kamu tidak ingin ribet menghapus cache aplikasi satu-persatu, kamu bisa gunakan fitur penghapus cache bawaan yang sudah tersedia untuk Samsung J2 Prime.

Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Silahkan buka menu “Pengaturan“.
  2. Kemudian pilih “Pemeliharaan perangkat“.
  3. Terakhir, tap tombol “Optimalkan sekarang“.

Nah, sekarang semua cache sudah dibersihkan. Satu masalah telah selesai. Tapi jangan senang dulu, karena masih ada beberapa tips yang bisa kamu coba di bawah ini untuk mengatasi Samsung J2 Prime penuh memori internal nya.

2. Hapus File Sampah yg Tak Berguna di File Manager

Tak cukup hanya dengan menghapus cache saja, kamu juga harus menghapus file sampah yang terdapat di file manager untuk melegakan penyimpanan internal ponsel Galaxy J2 Prime kesayangan mu.

Silahkan hapus file-file yang sudah tidak dianggap berguna lagi, seperti foto, video, dokumen dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga perlu menghapus file-file yang dihasilkan oleh aplikasi. Saya ambil WhatsApp sebagai contoh.

Sebagai aplikasi chatting, WhatsApp ternyata bisa menjadi penyebab memori penuh di Samsung J2 Prime. Hal ini disebabkan karena WhatsApp menyimpan file seperti foto, video dan audio di file manager.

Misalnya seorang teman mengirim gambar atau video ke WhatsApp kamu, ketika kamu membuka foto atau video tersebut, maka file nya akan tersimpan di memori internal. Hal inilah yang menyebabkan banyak file sampah yang menumpuk di memori internal.

Untuk menghapus file sampah yang dihasilkan oleh WhatsApp, silahkan buka File Manager > WhatsApp > Media > Lalu bersihkan satu-satu isi folder yang terdapat disana, seperti: WhatsApp Images, WhatsApp Video, WhatsApp Audio dan lain sebagainya.

3. Ganti Penyimpanan Kamera ke MicroSD

Secara default, hasil kamera seperti foto dan video pada Samsung Galaxy J2 Prime itu diletakkan di memori internal. Jika kamu mempunyai memori eksternal (MicroSD), maka saya sangat menyarankan agar kamu mengubah ruang penyimpanan default ke memori eksternal.

Dengan demikian, foto dan video yang dihasilkan oleh kamera akan tersimpan di microSD sehingga tidak memberatkan penyimpanan internal.

4. Pindahkan File ke Memori Eksternal (MicroSD)

cara mengatasi memori penuh samsung j2 prime

source: pixabay.com

Jaman sekarang microSD harganya sudah banyak yang murah dan terjangkau, mulai dari harga 50rb saja kamu sudah bisa mendapatkan microSD dengan kualitas yang bagus untuk dijadikan penyimpanan eksternal pada ponsel Galaxy J2 Prime.

Dengan memindahkan file-file penting seperti foto, video, mp3, dokumen, dll ke memori eksternal, maka kamu bisa melegakan memori internal agar tidak penuh.

5. Pindahkan File ke Laptop atau PC

solusi penyimpanan internal samsung j2 prime selalu penuh

source: pixabay.com

Jika kamu memiliki laptop atau PC, maka memindahkan file dari HP Samsung J2 Prime ke harddisk PC merupakan langkah yang patut kamu coba untuk memperluas memori internal yang penuh.

Harddisk laptop atau PC memiliki kapasitas yang sangat luas, jadi memindahkan file ke PC merupakan alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi memori penuh di samsung j2 prime.

6. Simpan File di Cloud Storage (Penyimpanan Online)

cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di samsung j2 prime

source: pixabay.com

Jika kamu memang tidak punya duit untuk membeli microSD atau PC/Laptop, maka ada pilihan alternatif lainnya yaitu memindahkan file ke penyimpanan awan alias Cloud Storage. Ini merupakan cara alternatif untuk menambah memori Internal di Samsung J2 Prime tanpa kartu SD.

Contoh Cloud Storage yang gratis adalah Google Drive. Hanya dengan bermodalkan akun google saja, kamu sudah bisa mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 15GB di Google Drive. Jika merasa kurang, kamu juga bisa berlangganan untuk menambah kapasitas nya.

Alternatif Cloud Storage lain selain Google Drive adalah Dropbox, Mega, dan OneDrive. Keempat penyimpanan awan tersebut adalah rekomendasi saya, karena mereka dimiliki perusahaan besar dan pastinya tingkat keamanan nya juga tinggi.

7. Hapus Aplikasi yg Tidak Berguna

cara mengatasi memori penuh samsung j2 prime tanpa menghapus aplikasi

source: pixabay.com

Salah satu penyebab kenapa memori perangkat Galaxy J2 Prime selalu penuh adalah keberadaan aplikasi bloatware atau aplikasi yang jarang dipakai.

Dengan melakukan uninstall pada aplikasi yang tidak pernah dipakai tersebut, kamu bisa memperluas memori internal di HP Samsung J2 Prime.

Adakah cara mengatasi memori penuh Samsung J2 Prime tanpa menghapus aplikasi?

Jawabnya tentu saja ada.

Asalkan kamu memaksimalkan tips dan cara di atas mulai dari nomor 1 sampai 6, besar kemungkinan kamu tidak perlu menghapus aplikasi.

Ada juga solusi menggunakan aplikasi versi Lite, misalnya seperti Facebook Lite. Versi lite merupakan versi yang paling ringan dan kecil sehingga cocok untuk HP kentang dengan memori internal yang kecil seperti Samsung 2 Prime.

8. Jangan Install Game Berat

Saya yakin kamu sudah mengetahui bahwa game berat membutuhkan kapasitas penyimpanan internal yang besar pula. Oleh karena itu, hindari menginstall game-game yang berat dan mempunyai ukuran yang besar bila tidak ingin menghadapi masalah ruang penyimpanan tidak cukup di Samsung Galaxy J2 Prime.

Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba menginstall game android yang ringan dan berukuran kecil saja demi menghemat memori internal agar tidak penuh.

9. Reset Ulang ke Pengaturan Pabrik

Melakukan reset pabrik adalah solusi terakhir untuk mengatasi ruang penyimpanan penuh di ponsel Samsung J2 Prime.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa cara reset HP Samsung J2 Prime merupakan solusi dari berbagai masalah yang menimpa ponsel seperti lupa pola, HP lemot, aplikasi error dan tentunya memori penuh.

Dengan melakukan reset ulang, maka semua data di HP Galaxy J2 Prime milikmu akan terhapus dan ponsel disetel ulang ke pengaturan awal seperti saat HP keluar dari pabrik.

Reset pabrik memang cara praktis bagi kamu yang tak mau pusing mikirin solusi untuk mengatasi ruang internal penuh di HP Samsung J2 Prime. Tapi sebelum melakukannya, saya menyarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Dengan melakukan backup data penting seperti foto, video, audio, dokumen, backup kontak dan file penting lainnya, maka kamu tak perlu khawatir kehilangan data.

Akhir Kata

Nah, demikianlah 8 tips dan cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi ruang penyimpanan internal yang penuh di HP samsung J2 Prime.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin membersihkan memori internal J2 Prime menjadi lega dan luas kembali. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.