Cara Mengatasi HP Samsung A30s Terkunci (Lupa Pola, Password, PIN)

Dalam rangka mengatasi HP Samsung A30s yang terkunci karena lupa pola, lupa sandi ataupun lupa PIN, maka kita perlu melakukan hard reset Samsung A30s via recovery mode untuk menghapus kunci layar tersebut.

Karena seperti yang kita tahu, bahwa reset pabrik memang cukup ampuh dalam mengatasi berbagai permasalahan smartphone, termasuk lupa kunci layar.

Masalah lupa pola, sandi dan PIN memang kerap terjadi pada para pengguna smartphone, tak hanya terbatas pada merk Samsung saja, tapi juga merk sebelah. Yah, mau gimana lagi kan? Manusia itu memang mudah lupa.

Bagi kaum berduit sih tak perlu repot, karena bisa datang ke tempat servis HP da terima beres. Tapi tindakan demikian tak berlaku buat kaum dompet tipis, karena mindset mereka kayak gini: “Kalo bisa dibenerin sendiri, kenapa enggak?”.

Itulah kenapa disini saya membuat tulisan tentang cara hard reset Samsung A30s untuk menghapus kunci layar di HP Samsung A30s yang lupa. Saya berharap tulisan ini membantu orang-orang dalam mengatasi HP Samsung Galaxy A30s terkunci pola.

Langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

Cara Hard Reset Samsung A30s Lupa Pola, PIN dan Sandi

Hard reset Samsung Galaxy A30s via recovery mode sangat ampuh untuk menghapus kunci pola, PIN atau sandi yang lupa.

Akan tetapi, setiap seri Samsung Galaxy mempunyai cara yang berbeda-beda untuk hard reset ketika HP dalam keadaan terkunci layarnya.

Cara normal untuk hard reset Samsung Galaxy yaitu dengan mematikan HP, lalu tekan dan tahan tombol volume atas + power bersamaan sampai masuk ke recovery mode.

Tapi cara di atas tak akan bekerja untuk HP Samsung yang terkunci pola, sandi atau PIN. Karena HP Samsung yang terkunci layarnya tidak bisa dimatikan. Padahal untuk melakukan hard reset, mematikan HP adalah langkah awal yang wajib ditempuh.

Oleh karena itulah, diperlukan beberapa trik untuk mengakalinya. Saya akan bagi tutorial di bawah ini menjadi 2 langkah..

  1. Yang pertama yakni langkah untuk masuk ke recovery mode saat HP terkunci layar.
  2. Langkah kedua adalah wipe data alias reset pabrik.

Langkah 1: Masuk ke Recovery Mode Galaxy A30s

• Pertama, pastikan layar HP mati (tidak menampilkan wallpaper lock screen).

• Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Bawah + tombol Power secara bersamaan.

• Lalu di layar akan muncul tiga menu: Daya mati, Mulai lagi dan Mode Darurat <= abaikan saja ketiga menu tersebut dan tetap tahan kedua tombol (volume bawah + power) sampai HP mati sendiri (ada getaran).

• Saat HP sudah mati sendiri, langsung lepaskan kedua tombol tersebut, lalu dengan cepat berganti menekan tombol volume atas + tombol power sampai muncul logo Samsung Galaxy A30s.

• Tetap tahan kedua tombol (vol atas + power) tersebut sampai masuk ke recovery mode seperti ini.

Cara mengatasi Samsung A30s terkunci lupa pola

Langkah 2: Wipe Data

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, maka langkah selanjutnya adalah factory reset. Perlu diingat bahwa di mode recovery, layar sentuh tidak akan berfungsi.

Sebagai gantinya, gunakan tombol volume atas bawah untuk naik turun dan tombol power untuk konfirmasi / memilih / OK.

• Untuk melakukan reset, pilih “Wipe data/factory reset“. Kemudian pilih “Yes” untuk konfirmasi.

Cara hard reset samsung a30s lupa sandi

• Tunggu beberapa saat sampai proses wipe data selesai, yang ditandai dengan tulisan “Data wipe complete” di bagian bawah layar HP.

• Jika sudah selesai, selanjutnya pilih “Reboot system now” untuk restart HP Samsung Galaxy A30s.

• Proses restart untuk pertama kali setelah reset biasanya membutuhkan waktu yang agak lama, jadi silahkan ditunggu. Setelah restart selesai, HP akan masuk ke layar pengaturan awal.

Setelah hard reset Galaxy A30s lupa pola via recovery mode, biasanya di tampilan pengaturan awal akan muncul notifikasi:

Terdapat percobaan tanpa otorisasi untuk mereset perangkat Anda ke pengaturan default pabrik. Sambungkan ke Wi-Fi atau jaringan seluler untuk memverifikasi identitas Anda.

Ini artinya HP kamu terkunci FRP. Karena kita melakukan reset secara paksa, maka hal ini cukup wajar, jadi tak usah panik.

Lanjutkan saja dengan klik “OK“, kemudian sambungkan HP ke Wi-Fi atau koneksi data dan lakukan pengaturan awal seperti biasa.

Jika di pengaturan awal HP masih meminta kunci pola, PIN ataupun sandi, abaikan saja dan pilih “Gunakan akun Google saya” untuk masuk menggunakan akun google yang sebelumnya tersinkron di HP.

Tapi jika kamu lupa email atau sandi akun google tersebut, maka kamu tak perlu panik, karena saya sudah menyediakan solusinya. Silahkan baca: Cara bypass FRP Samsung A30s Lupa Akun Google ini.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang panduan untuk membuka ponsel Samsung A30s yang terkunci pola, sandi dan PIN.

Semoga dengan menerapkan tutorial di atas, kamu bisa menghapus kunci pola Samsung A30s dan membuka kembali HP yang terkunci.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.