Cara Hard Reset & Factory Reset HP Xiaomi Semua Tipe, 100% Sukses!

Pada kesempatan kali ini Androdot.Net akan berbagi tutorial bagaimana cara hard reset dan factory reset Xiaomi (semua tipe). Cara hard reset maupun factory reset HP Xiaomi ini mudah sekali untuk dipraktekkan, asalkan anda mengikuti langkah-langkah nya dengan seksama.

Cara hard reset & factory reset Xiaomi ini bisa diterapkan pada semua tipe ponsel Xiaomi, seperti: Redmi 4, 4X, 4A, Redmi Note 4/4X, Redmi 5A, 5 Plus, Redmi 3s, Redmi 3 Prime, Redmi Note 5A, Mi A1, Redmi S2 dan masih banyak lagi.

Seperti yang kita tahu, bahwa ponsel Xiaomi akhir-akhir ini banyak diminati, terutama oleh orang-orang yang mengutamakan spek. Dengan harga yang murah, anda sudah dapat ponsel dengan spesifikasi gahar jika membeli ponsel Xiaomi ini.

Walaupun memiliki spek yang bagus, terkadang sebuah ponsel ada kalanya mengalami masalah atau error. Diantaranya yaitu sering muncul iklan yang mengganggu, aplikasi sering berhenti tiba-tiba, hp android bootloop, brick, launcher telah berhenti, layar Hp Xiaomi macet/freeze, terkena virus dan masih banyak lagi.

Nah untuk mengatasi semua permasalahan di atas, maka anda perlu melakukan reser ke pengaturan pabrik. Ada beberapa cara untuk mereset ponsel Xiaomi, yaitu..

..dengan cara factory reset lewat menu pengaturan di HP Xiaomi (cara ini relatif lebih mudah)..

..dan yang kedua adalah dengan cara hard reset Xiaomi melalui Recovery Mode.

Biasanya cara hard reset ini dilakukan jika ponsel dalam keadaan bootloop atau lupa pola/PIN/sandi layar (posisi hp tidak bisa masuk ke menu pengaturan).

Kedua cara di atas tujuannya sama, yaitu mereset smartphone Xiaomi ke pengaturan pabrik. Tentunya cara ini akan menghapus seluruh data dan file di memori internal ponsel anda, jadi sebelum melakukan hard reset/factory reset Xiaomi, saya menyarankan agar anda melakukan backup data dan file penting.

Nah pertama, kita akan membahas tentang cara factory reset HP Xiaomi terlebih dahulu, karena ini adalah cara yang lebih mudah dibanding cara hard reset HP Xiaomi.

Cara Factory Reset HP Xiaomi (Semua Tipe), 100% Berhasil

  • Pertama, untuk melakukan factory reset Xiaomi, silahkan buka menu Setelan.
  • Selanjutnya pilih Setelan tambahan > Cadangkan & Setel Ulang.

Cara Reset HP Xiaomi Lupa Pola

  • Kemudian pilih menu Kembalikan ke setelan pabrik yang berada di bawah.

Cara Factory Reset Xiaomi Redmi

  • Terakhir, pilih Setel ulang telepon.
  • Jika di ponsel Xiaomi anda terdapat akun Mi, maka anda akan diminta memasukkan password/sandi akun Mi sebelum melakukan Factory Reset. Jika anda lupa password nya, silahkan baca cara mengatasi lupa password akun Mi ini.
  • Nah setelah itu konfirmasi dengan memilih Hapus.
  • Tunggu sampai proses factory reset HP Xiaomi anda selesai. Jika selesai, maka ponsel anda akan restart dengan sendirinya.

Cara ini bisa diterapkan untuk factory reset semua tipe HP xiaomi lainnya, tinggal menyesuaikan bahasa dan walaupun letak menunya sedikit ada perbedaan antara tipe HP Xiaomi lain, intinya sih sama saja.

Cara Hard Reset Xiaomi (Semua Tipe Lengkap)

Sebelum memulai hard reset HP Xiaomi, sebaiknya anda melakukan backup data dan pastikan baterai di atas 50%. Simak cara hard reset ponsel Xiaomi di bawah ini.

  • Pertama, ponsel anda harus masuk ke Recovery Mode Xiaomi terlebih dahulu. Caranya yaitu matikan ponsel anda, lalu dalam keadaan mati tekan tombol Volume Up (+) dan tombol Power secara bersamaan.

Cara Hard Reset Xiaomi Redmi 4X

  • Tunggu sampai ponsel Xiaomi anda bergetar dan muncul logo MI. Kemudian akan muncul menu Recovery Mode.
  • Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk masuk ke recovery mode tanpa harus mematikan ponsel. Caranya yaitu pergi ke menu Updater/Pembaruan, lalu pilih menu titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Reboot to recovery mode / Mulai ulang ke mode pemulihan.

Cara Hard Reset Xiaomi Bahasa Cina

  • Setelah berhasil masuk ke menu recovery mode, pertama anda akan disuruh memilih bahasa. Pilih saja bahasa English (gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk memilih). Tapi dalam beberapa tipe ponsel, tidak akan disuruh memilih bahasa.
  • Selanjutnya pilih menu Wipe Data/Factory Reset.

Cara Hard Reset HP Xiaomi

  • Kemudian pilih Wipe All Data.

Cara Hard Reset Xiaomi Tanpa PC

  • Lalu pilih Confirm untuk melakukan hard reset HP Xiaomi.

Cara Reset Xiaomi 4X

  • Tunggu sampai proses hard reset ponsel Xiaomi selesai. Biasanya tidak sampai 5 menit.
  • Jika proses sudah selesai, silahkan pilih Back to Main Menu > Reboot > Reboot to System untuk merestart ponsel Xiaomi anda.
  • Selesai. Kini anda sudah berhasil melakukan hard reset HP Xiaomi.
  • Setelah berhasil hard reset, anda akan disuruh melakukan pengaturan umum seperti setting bahasa, jaringan, thema dan lain sebagainya.

Dalam beberapa kasus, saat pertama kali restart, maka anda akan disuruh login menggunakan akun MI. Masukkan saja username dan password akun MI anda untuk login.

Nah begitulah cara hard reset dan factory reset HP Xiaomi. Sangat mudah kan? Saya yakin anda bisa melakukan hard reset sendiri jika mengikuti tutorial ini dengan seksama.

Dengan melakukan hard reset, maka anda bisa mengatasi masalah seperti lupa pola, bootloop, brick, hang, ponsel android lemot, dan masalah error lainnya.

Baca Juga:

Tapi dalam beberapa kasus, hard reset/factory reset saja belum cukup ampuh untuk mengatasi masalah yang ada (biasanya bootloop parah atau mati total). Maka solusi satu-satunya adalah dengan melakukan flashing ponsel Xiaomi (akan saya bahas di lain waktu).

Jika anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait cara hard reset/factory reset ini, silahkan bertanya di komentar.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *