Cara Masuk ke Download Mode (Odin Mode) di HP Samsung

Cara Masuk Download Mode Samsung – Semua perangkat Android pasti punya fitur yang namanya mode fastboot, recovery mode dan bootloader mode. Fitur-fitur tersebut biasa digunakan oleh para teknisi HP untuk melakukan flashing, upgrade firmware, wipe data dan hal teknis lainnya.

Mode bootloader juga terdapat pada HP Android Samsung. Hanya saja, pada beberapa tipe smartphone Samsung, namanya sedikit berbeda, ada yang menyebutnya mode odin atau mode download.

Tapi intinya sih sama saja, yakni berfungsi untuk membantu saat mau flashing firmware Samsung lewat software Odin di PC/komputer.

Nah, bagi kamu yang belum tahu tentang cara masuk ke download mode atau odin mode di HP Samsung Galaxy, maka tak perlu khawatir karena dalam artikel ini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya.

Jadi simak terus artikel ini sampai selesai agar tidak ada langkah yang terlewakan ya.

Cara Masuk ke Download Mode HP Samsung dengan Tombol

Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke mode odin di HP Samsung, diantaranya yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol, lewat perintah ADB dan dengan software 300k Tool.

Dari ketiga metode tersebut, saya hanya akan menjelaskan metode yang menggunakan kombinasi tombol saja, karena cara ini paling mudah dan tidak merepotkan.

Cara Masuk ke Mode Odin di HP Samsung Lama

Pada smartphone Samsung model lama yang masih memiliki tombol Home fisik, cara untuk masuk ke mode downkoad yaitu:

  1. Pertama, silahkan matikan HP terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan sampai beberapa detik.
  3. Selanjutnya setelah layar berubah ke tampilan baru, silahkan tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkan ke mode download.

Cara masuk mode download odin Samsung

Cara yang pertama ini bisa diterapkan pada HP Samsung Galaxy S2, Galaxy S3, Galaxy S4, Galaxy S5, Galaxy S6, Galaxy S7/S7 Edge, Galaxy Note, Galaxy Note 2, Galaxy Note 3, Galaxy Note 4, Galaxy Note 5, Galaxy Note 7 dan semua ponsel Samsung yang mempunyai tombol Power, Volume dan Home.

Cara Masuk ke Mode Download Samsung Terbaru

Pada smartphone Samsung keluaran terbaru yang hanya memiliki tombol volume dan tombol power, maka cara nya agak sedikit berbeda.

  1. Pertama, silahkan matikan ponsel Samsung terlebih dahulu.
  2. Pada saat HP sudah mati, tekan dan tahan tombol Volume Atas + Volume Bawah + Power secara bersama-sama selama beberapa detik.

Pada HP Samsung yang hadir dengan tombol Bixby, seperti HP Samsung Galaxy S8, S9, S10 atau Galaxy Note 9, maka caranya juga hampir mirip.

  1. Pertama, silahkan matikan ponsel Samsung terlebih dahulu.
  2. Pada saat HP sudah mati, tekan dan tahan tombol Volume Bawah + tombol Bixby + tombol Power secara bersama-sama selama beberapa detik.
  3. Selanjutnya setelah layar berubah ke tampilan biru, silahkan tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkan ke mode download.

Cara Masuk ke Odin Mode HP Samsung

 

Pada ponsel Samsung seperti Galaxy 50, Galaxy A40, Galaxy A70 atau Galaxy Note 10, dimana tombol Bixby dan power sudah digabung, maka caranya sedikit berbeda dengan kedua cara yang sudah saya jelaskan di atas.

• Pertama, silahkan matikan ponsel Samsung terlebih dahulu.

• Pada saat HP sudah mati, tekan dan tahan tombol Volume Atas + tombol Power secara bersama-sama selama beberapa detik.

• Selanjutnya HP akan masuk ke recovery mode. Disini, silahkan gunakan tombol Volume atas bawah untuk navigasi dan tombol power untuk klik OK.

• Untuk masuk ke mode odin HP Samsung, silahkan pilih menu “Reboot to bootloader“.

Cara masuk download mode samsung

• Kemudian HP Samsung Galaxy kamu akan reboot ke download mode.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah tutorial kali ini tentang cara untuk masuk ke download mode atau odin mode pada ponsel Samsung Galaxy, mulai dari model jadul sampai model terbaru. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.