Inilah 7 Cara Atasi HP Samsung J2 Prime Tidak Bisa Di Cas

Baterai menjadi komponen penting pada sebuah smartphone, tak terkecuali HP Samsung J2 Prime. Hanya saja, kadang muncul beberapa masalah seperti: J2 Prime tidak bisa di cas, Samsung J2 Prime di cas tapi tidak terisi, dicas tidak nambah, dicharge malah berkurang dan masalah semisalnya.

Untuk itulah, cukup penting bagi kamu untuk mengetahui tentang gimana cara mengatasi HP Samsung J2 Prime tidak bisa di cas.

Untuk memperbaikinya, sebelumnya kamu harus memastikan dulu dari mana sumber penyakitnya, bisa dengan melakukan pemeriksaan secara mendetail.

Penyebab Baterai HP Samsung J2 Prime Tidak Bisa Dicharge

Masalah paling umum ketika baterai HP Samsung J2 Prime tidak bisa di-cas adalah usia baterai yang sudah terlalu tua, atau baterai sudah bocor. Namun bisa juga karena kepala atau kabel charger yang digunakan rusak.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab HP tidak bisa di-cas.

1. Dari Sisi Hardware

Komponen yang mengalami kerusakan bisa seperti kabel, kepala charger, sockets atau adaptor. Kegagalan baterai saat di cas bisa juga karena kerusakan pada lubang charger yang ada di HP Samsung J2 Prime.

2. Dari Sisi Software

Software berperan untuk mendeteksi ketika ada charger yang terpasang. Jika software mengalami error, maka proses pengisian tidak berhasil.

Faktor-faktor di atas adalah beberapa penyebab kenapa baterai HP Samsung J2 Prime dicas tidak terisi atau dicas malah tanda seru.

Cara Mengatasi HP Samsung J2 Prime Tidak Bisa di Cas

Jika sudah mengetahui penyebab utama HP tidak bisa di cas, maka silahkan simak beberapa cara memperbaiki baterai Samsung J2 Prime tidak bisa di cas berikut ini agar ngecas hp Samsung J2 Prime biar cepat penuh.

1. Periksa Kabel USB

cara mengatasi HP Samsung J2 Prime tidak bisa di cas

Terkadang masalah untuk cas tak selalu pada perangkat. Masalah bisa juga bisa timbul dari charger yang kita pakai. Bisa karena kabel USB yang error karena sering terlipat.

Bila kabel USB yang rusak, sebaiknya beli Kabel USB bawaan HP yang asli agar dapat digunakan kembali tanpa resiko. Sekali lagi jangan gunakan kabel USB secara sembarangan.

2. Periksa Power Adapter

Setelah kabel USB, Anda juga perlu memeriksa power adapter. Terkadang karena pemakaian yang salah, arus dari power Adapter berkurang sehingga baterai smartphone tidak terisi penuh.

3. Bersihkan Charging Port Secara Rutin

Selain memeriksa port USB, cara memperbaiki HP yang tidak bisa dicas juga dapat dilakukan dengan membersihkan charging port dari kotoran yang menempel. Kotoran ini bisa menjadi penyebab colokan tidak terpasang dengan baik, sehingga baterai HP tidak bisa mengisi.

4. Periksa Port USB

Cara Memperbaiki HP Samsung J2 Prime Tidak Bisa Dicas

Terkadang sebagai pengguna HP Samsung J2 Prime yang memiliki mobilitas padat sering mencabut kabel charger yang sedang terhubung ke perangkat secara kasar dan tidak hati – hati tanpa kita sadari.

Hal ini bisa membuat port USB lebih cepat rusak. Untuk mengatasi hal ini, tentu HP harus dibawa ke tempat service resmi agar bisa dicek lebih lengkap.

5. Restart HP

Ini dilakukan agar semua sistem yang error bisa normal kembali. Diamkan beberapa saat kemudian hidupkan kembali. Namun bila cara yang satu ini tidak menyelesaikan masalah baterai, bisa dicoba cara selanjutnya.

6. Adanya Bug Pada Sistem Smartphone

Mungkin tanpa disadari, versi firmware yang usang bisa menyebabkan terjadinya error, atau bug pada smartphone.

Silahkan periksa apakah ROM atau firmware yang digunakan sudah update ke versi terbaru atau belum, karena pembaruan sistem terbaru biasanya menyertakan perbaikan bug dan error.

7. Periksa Kondisi Baterai

Jika semua hal di atas ternyata sudah berjalan normal, maka penyebab baterai HP yang tidak bisa di isi ulang adalah karena kondisi baterai yang sudah usang. Saran terbaik, ganti baterai sesuai dengan petunjuk dan ketentuan dari pabrik.

Baca Juga:

Selesai sudah pembahasan kita mengenai cara mengatasi HP Samsung J2 Prime tidak bisa di cas dan penyebabnya.

Semoga HP Anda bisa digunakan kembali untuk menunjang kehidupan sehari-hari, terima kasih dan sampai jumpa.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.