8 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di HP Android

Masalah ruang penyimpanan hampir habis kerap menghantui banyak pengguna smartphone Android, terutama yang HP nya hanya memiliki kapasitas memori internal yang kecil seperti 8GB, 16GB dan 32GB, bahkan storage 64GB pun sekarang sudah terasa sesak.

Nah, bagi kalian yang mengalami masalah memori internal penuh di HP Android, maka kalian tak perlu khawatir karena dalam artikel ini androdot.net akan berbagi beberapa tips yang bisa kalian coba untuk mengatasi ruang penyimpanan yang penuh di HP Android.

Jadi simak artikel ini dengan teliti sampai selesai agar tidak ada info yang kelewatan ya.

Cara membersihkan ruang penyimpanan yang hampir habis dan penuh di HP Android ini berlaku untuk semua merk HP Android, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Infinix, Asus, Sony Xperia, Tecno, Redmi, Realme, POCO, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Android

Untuk mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada smartphone Android, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengosongkan memori internal yang penuh ini.

Silahkan lihat tips nya satu persatu dan tentukan mana yang paling work buat kamu.

1. Rajin Bersihkan Cache Setiap Hari

Keberadaan cache merupakan salah satu penyebab utama kenapa memori cepat penuh pada ponsel Android. Maka dari itu, menghapus cache aplikasi setiap hari adalah hal yang perlu kamu lakukan untuk menghindari cache yang terus menumpuk dan membuat ruang penyimpanan penuh.

cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis

Cara membersihkan cache di HP Android pun cukup mudah, kamu hanya perlu pergi ke menu Pengaturan > Aplikasi > lalu bersihkan cache aplikasi tersebut satu persatu.

Jika tidak ingin ribet, kamu bisa gunakan alat pembersih cache bawaan HP. Jika tidak ada, maka kamu bisa install aplikasi pembersih cache seperti CCleaner.

2. Pasang Memori Eksternal (SD Card)

cara menghilangkan ruang penyimpanan hampir habis android

source: pixabay.com

Solusi mudah dalam mengatasi ruang penyimpanan hampir penuh di HP Android yaitu dengan membeli memori eksternal micro SD. Dengan memindahkan file penting ke microSD, maka akan mengurangi beban yang harus ditanggung oleh memori internal, membuat nya menjadi semakin lega.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi

source: pixabay.com

Salah satu penyebab kenapa memori internal HP Android bisa penuh yakni karena banyaknya aplikasi bloatware atau aplikasi yang jarang digunakan. Oleh karena itu, menghapus aplikasi yang jarang digunakan atau aplikasi bloatware merupakan langkah yang tepat untuk membersihkan ruang penyimpanan yang hampir habis.

4. Hapus Game yang Jarang Dimainkan

Dari banyaknya faktor penyebab memori hampir habis di HP Android, keberadaan game yang memakan banyak storage merupakan biang kerok ruang penyimpanan penuh.

Jika kamu memang jarang memainkan game tersebut, sebaiknya hapus atau uninstall saja biar memori internal bisa lega kembali.

5. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Aplikasi populer seperti facebook, twitter, tiktok, messenger dan lain sebagainya sudah mempunyai versi lite dari aplikasi tersebut.

Aplikasi lite tersebut memang dirilis untuk HP kentang yang memiliki ruang penyimpanan berkapasitas kecil, seperti HP Android dengan storage 8GB, 16GB dan 32GB.

Jadi daripada menginstall versi umum nya, mending install versi lite saja, seperti Facebook Lite, Messenger Lite, Twitter Lite dll, agar bisa menghemat ruang penyimpanan pada smartphone Android kamu.

Metode ini juga merupakan solusi ampuh dalam mengosongkan memori internal penuh di HP Android tanpa menghapus aplikasi tersebut.

6. Pindahkan File Penting ke Laptop/PC

Solusi memori internal cepat penuh di hp android

source: pixabay.com

Cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu punya PC atau laptop. Sudah jadi pengetahuan umum bahwa HDD atau SSD pada PC atau laptop memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar ketimbang smartphone.

Jaman sekarang laptop murah saja sudah bisa mempunyai storage penyimpanan sampai 500GB.

Oleh karena itu, memindahkan sebagian file penting ke laptop atau PC merupakan solusi terbaik dalam membersihkan ruang penyimpanan yang hampir habis di HP Android.

7. Upload File ke Cloud Storage

Cara menghilangkan notifikasi memori internal hampir habis android

source: pixabay.com

Cloud Storage (penyimpanan awan) merupakan alternatif bagi kamu yang tidak memiliki komputer atau PC untuk menyimpan data. Dengan menyimpan secara online di layanan cloud storage, maka kamu bisa mengurangi beban pada ruang penyimpanan internal pada smartphone sekaligus mengatasi memori internal yang penuh.

Terdapat banyak layanan Cloud Storage yang bisa kamu coba. yang paling terkenal adalah Google Drive. Hanya dengan bermodal akun google saja, kamu sudah bisa mendapatkan penyimpanan cloud gratis sebesar 15GB yang tentunya kapasitas nya bisa ditambah dengan berlangganan paket berbayar.

Layanan lain selain Gdrive yaitu Mega, Terabox, Dropbox dan masih banyak lagi.

8. Reset HP Android ke Setelan Pabrik

Ketika kamu sudah melakukan semua 7 cara di atas tapi memori internal masih saja sesak, maka cara terakhir yakni dengan mereset ulang ke pengaturan pabrik.

Dengan melakukan reset pabrik, maka HP Android akan kembali ke settingan pabrik dan akan terasa seperti baru. Tentu saja semua file dalam memori internal akan terhapus setelah reset, jadi pastikan kamu melakukan backup data terlebih dahulu sebelum reset ulang.

Untuk langkah reset tiap HP Android sendiri caranya berbeda-beda, tergantung merk dan tipe smartphone. Di bawah ini ada beberapa tutorial yang bisa membantu kamu dalam memahami langkah-langkah reset ulang HP Android.

Akhir Kata

Demikianlah artikel ini tentang cara menghilangkan ruang penyimpanan hampir habis di HP Android. Semoga tips-tips di atas bisa memberikan kamu gambaran tentang bagaimana cara membersihkan serta mengosongkan memori internal yang penuh di HP Android.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jika kamu memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya di komentar.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.